Berharta Rp 208 Triliunan, Gina Jadi Orang Terkaya di Australia!

orang terkaya

Sebagai salah satu negara dengan tingkat ekonomi yang di atas rata-rata, Australia memiliki daftar nama orang terkaya yang jumlah harta kekayaannya gak kalah fantastis dengan orang Indonesia.

Negara yang identik dengan binatang Kanguru dan Koala ini diketahui memiliki Produk Domestik Bruto (PDB)  tinggi mencapai US$ 1.300 triliun atau setara Rp 18 kuadriliun. 

Itu membuatnya duduk di posisi ke 14 negara dengan PDB tertinggi di dunia. Demikian seperti dilansir dari Investopedia.

Beberapa sektor yang menopang perekonomian Australia antara lain adalah pertambangan, batu bara, hasil olahan peternakan, dan perkebunan anggur. 

Namun, mungkin industri yang akrab dengan pemerintah Indonesia ialah daging sapi karena kita sempat mengimpornya beberapa tahun yang lalu untuk menyeimbangkan harga pasar.

Berbicara tentang ekonomi, tentu gak jauh-jauh dengan pelaku industri. Australia sudah berhasil melahirkan puluhan orang terkaya yang masuk dalam miliarder dunia. Yuk kita lihat daftar lengkapnya seperti dikutip dari Forbes.

7. Andrew Forrest – Rp 60 triliunan

Orang terkaya
Andrew Forrest (Forbes)

Orang terkaya di Australia urutan ketujuh ialah Andrew Forrest. Dia merupakan seorang pebisnis terkenal yang memiliki perusahaan tambang bernama Minara Resources.

Andrew Forrest juga mendirikan sebuah perusahaan tambang serta bijih besi bernama Fortescue Metals Group. Di sana dia sempat menjadi CEO dan Non-Executive Chairman.

Total harta kekayaannya tercatat mencapai Rp 60 triliunan.

Baca juga: Hartanya Triliunan, Yuk Telusuri Sumber Uang 7 Orang Terkaya Indonesia saat Ini!

6. Scott Farquhar – Rp 90 triliunan

Orang terkaya
Scott Farquhar (Forbes)

Berada di urutan keenam, ada Scott Farquhar yang merupakan pendiri dari perusahaan piranti lunak bernama Atlassian. 

Perusahaan ini memberikan jasa pengembangan produk seperti manajemen konten dan proyek tertentu. 

Selain menjadi pendiri, Scott Farquhar juga menjabat sebagai co-CEO dari Atalassian bersama dengan koleganya yakni Mike Cannon-Brookes. Tercatat harta kekayaannya mencapai Rp 90 triliunan.

5. Mike Cannon-Brookes – Rp 90 triliunan

Orang terkaya
Mike Cannon-Brookes

Selanjutnya, ada orang terkaya kelima yang diisi oleh rekan kerja Scott Farquhar yakni Mike Cannon-Brookes yang juga salah satu pendiri Atlassian.

Pada tahun 2017, dia sempat bekerja sama dengan pendiri Tesla yakni Elon Musk untuk menemukan teknologi baterai terbaru untuk menanggulangi permasalahan sumber energi.

Kekayaannya hampir sama dengan Scott Farquhar, yaitu sekitar Rp 90 triliunan.

4. Frank Lowy – Rp 91 triliunan

Orang terkaya
Frank Lowy (Forbes)

Orang terkaya keempat di Australia ditempati Frank Lowy yang merupakan seorang pebisnis sekaligus pemilik Westfield Corporation.

Westfield merupakan perusahaan yang bergerak di bidang properti dan pusat perbelanjaan. Pada tahun 2018, Frank Lowy menjual kepemilikannya tersebut kepada Franco-Dutch Group. 

Harta kekayaannya sampai hari ini tercatat mencapai Rp 91 triliunan.

3. Anthony Pratt – Rp 95 triliunan

Orang terkaya
Anthony Pratt (Forbes)

Masuk di urutan tiga besar, ada Anthony Pratt yang sempat menjabat sebagai Chairman di perusahaan private terbesar di Australia, yakni Visy Asia-Pacific.

Kakek dari Anthony Pratt merupakan pendiri dari perusahaan tersebut. Selain itu, Anthony Pratt juga memiliki korporasi Atlanta’s Pratt Industries yang bermarkas di Amerika Serikat. Sampai hari ini, total harta kekayaan Anthony menyentuh Rp 95 triliunan.

2. Harry Triguboff – Rp 126 triliunan

Orang terkaya
Harry Tribugoff (newsapi.com.au)

Di urutan runner up, ada Harry Triguboff yang sumber kekayaannya berasal dari bisnis propertinya bernama Meriton di Australia.

Meriton sudah banyak mendirikan apartemen mewah di kawasan Sydney dan Gladesville. Selain itu, Infinity Tower yang berada di Brisbane juga salah satu asetnya dan menyandang gelar gedung tertinggi di kota tersebut dari tahun 2014 hingga 2016.

Harry Triguboff diketahui memiliki kekayaan mencapai Rp 126 triliunan.

1. Gina Rinehart – Rp 208 triliunan

Orang terkaya
Gina Rinehart (Forbes)

Gelar orang terkaya di Australia dipegang seorang perempuan bernama Gina Rinehart. Sumber pendapatan utamanya didapat dari perusahaan tambang dan agrikultur bernama Hancock Prospecting.

Hancock Prosepecting sendiri dirikan oleh ayah Gine Rinehart yakni Lang Ringehart pada tahun 1955. Pada tahun 2018 lalu korporasi ini mendapatkan keuntungan mencapai Rp 84 triliunan.

Sedangkan untuk kekayaan Gine Rinehart sendiri mencapai Rp 208 triliunan atau berada di posisi 75 di seluruh dunia.

Itulah tujuh orang terkaya yang berada di Australia hari ini. Dari kelima nama tersebut, siapa yang sosoknya kamu ketahui? (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →