Tips Melakukan Over Kredit Mobil Bekas supaya Aman

anuitas

Over kredit mobil bekas diartikan sebagai proses mengambil alih cicilan pembayaran mobil bekas yang belum lunas dari orang lain.

Hal ini umumnya terjadi karena pemilik mobil pertama tidak mampu melunasi sisa cicilan sehingga mengalihkan tanggung jawabnya tersebut kepada orang lain. Otomatis, kepemilikan atas mobil tersebut turut dialihkan.

Over Kredit Mobil Bekas

Perjanjian ini disepakati oleh kedua belah pihak yang ditandai dengan orang yang mengambil alih akan memberikan uang ganti rugi kepada pemilik pertama. Uang ganti rugi tersebut dianggap sebagai ganti rugi atas pengeluaran yang lebih besar setelah mengalihkan kepemilikan kendaraan kepada orang lain.

Setelah kendaraan diambil alih, maka pembayaran angsuran sisa pokok utang menjadi kewajiban pembeli kedua atau orang yang mengambil alih kredit mobil bekas.

Over kredit mobil bekas terkadang dimanfaatkan oleh beberapa orang yang gagal memenuhi persyaratan membeli mobil secara kredit. Cara tersebut bisa dilakukan tanpa sepengetahuan kreditur demi menghindari pemeriksaan kemampuan finansial. Istilah ini dikenal masyarakat dengan istilah over kredit di bawah tangan. 

Tetapi, ada juga yang memanfaatkannya demi mendapatkan mobil bekas dengan DP yang lebih rendah. Cara ini dapat dilakukan dengan mengajukan permohonan over kredit kepada lembaga pembiayaan atau bank.

Tabel Simulasi Over Kredit Mobil Bekas

Tabel Simulasi Over Kredit Mobil Bekas

Harga Mobil Rp100 juta Debitur Pertama Debitur Kedua
DP 30% Rp30 juta Membayar uang ganti rugi sesuai kesepakatan kepada debitur pertama
Cicilan 36x 1-10 20-36

Tabel tersebut memberikan gambaran tentang pengalihan angsuran dari debitur pertama kepada debitur kedua. Debitur kedua tidak perlu lagi membayar DP sesuai ketentuan bank ataupun leasing, tetapi hanya perlu membayar ganti rugi yang ditetapkan atau disepakati bersama debitur pertama.

Cara Over Kredit Mobil Bekas agar Tidak Melanggar Hukum

Cara Over Kredit Mobil Bekas agar Tidak Melanggar Hukum

Ada beberapa cara untuk melakukan over kredit mobil bekas. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda tempuh agar terhindar dari pelanggaran hukum.

  1. Pahami peraturannya secara legal dan sah.
  2. Hanya lakukan dengan sepengetahuan sebuah lembaga pembiayaan resmi, yaitu leasing atau bank.
  3. Jangan melakukan over kredit tanpa diketahui oleh pihak kreditur.
  4. Pastikan bahwa pemilik pertama tidak sedang menunggak utang.
  5. Memenuhi semua dokumen persyaratan yang diminta oleh leasing atau bank.
  6. Membuat perencanaan pengeluaran untuk menghindari kerugian.

Kelebihan dan Kekurangan Over Kredit Mobil Bekas

Kelebihan dan Kekurangan Over Kredit Mobil Bekas

Over kredit mobil bekas seharusnya menguntungkan bagi pemilik mobil, namun ada juga yang terpaksa menjualnya dengan murah sekadar menutupi kerugian DP yang sudah disetorkan kepada kreditur.

Kondisi seperti ini biasanya terjadi karena pemilik mobil tidak mampu lagi melanjutkan pelunasan cicilan. Daripada disita oleh kreditur, lebih baik mengalihkan angsuran kepada orang lain dengan harapan bisa membantu mengurangi kerugian yang terjadi.

Umumnya jika debitur gagal membayar cicilan, maka mobil akan ditarik atau disita oleh kreditur. Dengan begitu debitur tidak akan mendapatkan kompensasi apa pun. Lain halnya jika melalui over kredit, setidaknya pemilik mobil masih bisa menekan kerugian yang diterima.

Akan tetapi tidak semua kondisi tersebut bisa dipukul rata. Ada juga pemilik mobil yang melakukan over kredit dengan niat mengganti mobil yang lebih bagus atau memilih mobil yang cicilannya lebih ringan. Jadi, alasannya bisa bermacam-macam.

Dari sisi pembeli, over kredit dianggap sebagai solusi untuk mendapatkan mobil bekas dengan harga miring. Pasalnya pembeli hanya perlu melunasi sisa pokok kredit dan membayarkan DP yang tidak terlalu besar.

Sebaliknya, pembeli juga harus teliti dan waspada dengan penawaran over kredit dengan harga yang tidak wajar. Bisa jadi hal tersebut dilakukan pemilik mobil karena ada masalah. Oleh karena itu, baik penjual dan pembeli harus transparan soal kondisi mobil dan pembayaran yang sudah berlalu.

Sebagai tips penutup, tidak ada salahnya Anda melakukan riset harga mobil bekas yang hendak dibeli atau dijual terlebih dahulu. Dengan begitu Anda bisa mendapat kisaran harga yang lebih kompetitif.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →