Ongkos dan Makan Jadi Lebih Murah, Gini Cara Cerdas Menggunakan Ojek Online!

ojek online

ojek online

Tak bisa dipungkiri kehadiran ojek online memang sangat membantu masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Kalau dahulu kamu perlu jalan ke luar kompleks rumah kalau ingin naik ojek atau bahkan pergi ke jalan raya untuk mencari taksi.

Kini, kamu hanya perlu membuka aplikasi ojek online dan langsung bisa menikmati segala fasilitas yang ditawarkan, baik berkendara menggunakan motor, mobil atau ingin membeli makanan.

Gak heran kalau ojek online kini menjadi andalan banyak orang. Terlebih lagi, mereka juga meluncurkan layanan yang semakin memanjakan pelanggan, seperti membeli makanan hingga mengirim paket atau kiriman dan lain sebagainya.

Meski demikian, tarif ojek online terkadang terasa lumayan mahal, apalagi saat tanggal tua. Namun, hal tersebut kerap sering diabaikan karena ingin mengejar waktu. Walaupun gak sedikit orang yang menggerutu, “kok mahal banget sih?”.

Bahkan tak sedikit pengguna yang memilih transportasi umum lainnya untuk menghemat biaya.

Nah, buat kamu yang sering mengalami kejadian tersebut, kali ini MoneySmart.id ingin memberikan beberapa tips cerdas yang bisa kamu lakukan agar lebih hemat menggunakan fasilitas ojek online.

Baca juga: Wow, Istri Co-CEO Gojek yang Baru Ternyata Juga Pentolan Startup Indonesia

Menukarkan poin

ojek online
Seorang pengguna aplikasi ojek. (Instagram/@grabid)

Setiap selesai menggunakan fasilitas yang ada di aplikasi ojek online, mulai dari berkendara hingga mengirim paket. Para pengguna akan mendapatkan rewards berupa poin.

Nah, poin tersebut bisa ditukarkan dengan berbagai hal. Salah satunya adalah voucher atau potongan harga berkendara. Semakin sering menggunakan aplikasi tersebut, maka akan semakin banyak pula poin yang akan kamu dapatkan.

Lumayan membantu banget kan saat memasuki tanggal tua? Jadi, kamu gak perlu mengeluarkan uang besar untuk membayar ongkos berkendara.

Baca juga: Go-Food 4 Kali Lebih Besar Dari Grab Food, Nomor 3 Terbesar di Dunia

Langganan layanan atau subscription

ojek online
Fitur paket hemar untuk berlangganan layanan Grab. (Instagram/@grabid)

Kini masing-masing ojek online sudah menawarkan fasilitas yang bernama subscription. Jadi, kamu diharuskan membayar sejumlah uang di awal yang akan ditukarkan dengan berbagai voucher.

Pilihannya pun beragam, mulai dari berlangganan berkendara mengenakan motor dan mobil, membeli makanan, hingga mengantar paket. Langganan subscription akan membuat kantong kamu sangat aman lho.

Contohnya, dengan menggunakan subscription dan membayar sebesar Rp 75 ribu untuk waktu satu bulan, kamu mendapat potongan makan sebesar Rp 35 ribu sebanyak lima kali dan Rp 5 ribu sebanyak 10 kali tanpa minimum pembelian.

Jadi kalau harga makanan kamu Rp 40 ribu, maka kamu hanya perlu membayar Rp 5 ribu saja. Kalau dihitung-hitung, tentu saja akan jauh lebih irit.

Baca juga: Bikin Warung Makanmu Makin Laris! Begini Cara Daftar Jadi Partner Grabfood

Patungan beli makanan sama teman

ojek online
Memanfaatkan promo, patungan beli makanan bareng teman bikin hemat. (Instagram/@gofoodindonesia)

Ojek online memang kerap memberikan voucher potongan harga hingga 55 persen. Namun, terdapat minimum pembelian kalau kamu ingin menggunakan potongan voucher tersebut.

Nah, kalau harga makanan yang ingin kamu beli masih di bawah minimum pembelian, kamu bisa mengajak teman agar bisa membeli makanan murah. Gak usah malu karena banyak kok yang tertarik buat mendapatkan makanan dengan harga miring.

Memanfaatkan kode promo

ojek online
Luna Maya mempromosikan layanan ojek online. (Instagram/@grabid)

Ojek online juga kerap memberikan kode promo yang umumnya dikirimkan lewat pesan masuk. Oleh karena itu, sebaiknya cek dulu inbox kamu sebelum menggunakan fasilitas ojek online. Lumayan lho bisa mendapatkan potongan ongkos transportasi maupun makanan.

Isi e-wallet yang disediakan

ojek online
Promo cashback yang ditawarkan e-wallet Gopay. (Instagram/@gopayindonesia)

Masing-masing ojek online juga mempunyai e-wallet sendiri. Seperti Gojek menggunakan GoPay dan Grab bekerja sama dengan OVO.

Nah, dengan mengisi dompet digital biasanya kamu bisa mendapatkan potongan harga yang lumayan banget lho ketimbang bayar menggunakan uang tunai.

Jadi, gak ada salahnya kok untuk mengisi GoPay atau OVO saat baru gajian. Toh, kedua dompet digital itu bisa digunakan untuk bertransaksi di berbagai store juga. Apalagi, kini juga banyak cashback yang mereka tawarkan.

Itu dia lima cara cerdas berhemat menggunakan ojek online yang bikin kantong senatiasa aman sentosa. Yuk, terapkan dari sekarang! (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis