Paket Internet Murah: Pilih Telkomsel, Indosat, atau XL?

Paket Internet Murah

Paket Internet memang jadi hal penting buat para pengguna smartphone. Karena tanpa kuota Internet, pulsa kita bakal termakan banyak ketika berselancar di dunia maya.

Belakangan ini, tiga provider telepon terbesar di Indonesia pun mengeluarkan paket Internet khusus prabayar yang namanya Combo. Dengan paket yang satu ini, kuota yang digunakan untuk browsing, streaming, dan penggunaan aplikasi, bisa dipisahkan.

Nah, kalau bicara soal paket Internet termurah, tentu bisa memicu perdebatan. Ada yang bilang paketnya Indosat lebih murah daripada Telkomsel, ada juga yang bilang pakai XL aja karena paling irit.

paket internet murah
Hayo ngaku, siapa yang sering kehabisan kuota internet padahal masa berlaku paketnya masih lama (internetan/red orbit)

Daripada lama berdebat, mendingan langsung aja yuk dicek provider mana yang paling pantas disebut sebagai provider dengan paket Internet murah.

1. XL

Saat ini, XL sudah menghadirkan paket Internetan terbarunya yang bernama XTRA Combo. Kamu bisa dapat akses Youtube tanpa kuota pukul 01.00-06.00, bonus telepon ke sesama operator selama 24 jam, sampai langganan konten Liga Inggris di Genflix.

[Baca: Nonton YouTube Video Bisa Lebih Hemat Kuota Kalau Pakai YouTube Go]

Paket XTRA Combo ini sendiri memiliki lima varian.

Paket internet murah

2. Indosat Ooredoo

Gak cuma XL yang punya Combo, Indosat Ooredoo pun punya Combo yang namanya Freedom Combo. Yang membedakan adalah, di paket ini kamu bisa langganan Spotify Premium selama sebulan dan akses unlimited Iflix selama tiga bulan.

paket internet murah
Kalau bisa streaming musik dengan gratis, ngapain mesti bayar (Spotify/EDM Sauce)

Selain itu, mereka juga ada gratis kuota stream on khusus untuk aplikasi Spotify, Iflix, Youtube, Vidio, Instagram, dan lainnya. Mau akses Path, Facebook, Whatsapp, LINE, BBM, FB Mesenger, Twitter, dan Grab, tanpa kuota juga bisa lho.

[Baca: Ini Nih 7 Aplikasi Buat Dengerin dan Download Lagu Terbaru Gratis]

22

3. Telkomsel

Telkomsel juga gak mau ketinggalan dengan mengeluarkan paket Internet berkuota besar, yaitu Simpati Combo. Dan paket Combo milik provider yang satu ini hanya ada tiga.

33

Setelah tahu harga dari masing-masing paket tersebut, maka bisa diartikan kalau masing-masing provider punya keunggulannya tersendiri. Bila dilihat dari harganya, maka Telkomsel lah yang punya paket combo termurah, tapi total kuotanya cuma 6 GB.

XL dan Indosat Ooredoo membanderol paket termurahnya di angka 59 ribu, tapi Indosat lebih menguntungkan karena kuotanya sampai 12 GB.

Soal paket termahal, XL menempati posisi pertama dengan Combo 56 GB seharga 239 ribu. Diikuti oleh Freedom Combo XXL 65 GB dari Indosat yang dibanderol Rp 199 ribu. Tapi bisa dilihat kalau keduanya ngasih kuota yang lumayan gede, yakni 56 GB dan 65 GB.

paket internet murah
Pilih yang sesuai kebutuhan ya, biar gak boncos (gak ada duit/Eyeem)

Sementara itu, kalau lihat harga paket Simpati, paket internet 14 GB doang udah dihargain Rp 130 ribu. Mending sekalian beli lebih mahal dikit, tapi kuota jauh lebih banyak kan?

Bila kamu suka menggunakan aplikasi streaming, khususnya Youtube, maka pakailah XL. Tapi jika kamu lebih suka dengerin Spottify dan nonton film di Iflix, maka Indosat Ooredoo lah pilihannya.

Indosat Ooredoo juga ngasih keuntungan buat para penggila medsos. Ya bayangin aja, main FB bisa tanpa kuota. Begitu pula dengan telepon sesama operator, mau pakai Freedom M, L, XL, XXL, semuanya unlimited lho.

Biasanya, untuk mengakses aplikasi di ponsel pintar tersebut kamu membutuhkan kuota kan? Nah, hal ini yang seringkali membuat pengeluaran kamu membengkak. Itu terjadi lantaran kamu salah memprediksi berapa biaya kebutuhan ponsel pintarmu tersebut per bulan. Untuk membuka aplikasi apa saja sih? kepentingannya apa, dan apakah itu termasuk dalam pekerjaanmu?

Biar gak boros-boros amat menggunakan kuota dan tentunya pengeluaranmu juga tetap sehat, berikut cara mudahnya. Simak yuk.

1. Pilih aplikasi yang dibutuhkan saja

Pilih aplikasi yang dibutuhkan saja agar kuota internet gak bengkak.

Memang sih, punya ponsel pintar cenderung membuat kamu ingin menginstal aplikasi apapun, apalagi kalau sedang hits. Karena ulahmu itu, kuota internet yang harusnya cukup sampai satu bulan, pasti cepat habis.

Beragam aplikasi yang tersedia memang sangat membantu untuk hidup saat ini. Namun, alangkah baiknya kamu menyortir apa saja aplikasi yang memang dibutuhkan. Selain membuat kuota internet cepat ludes, kebanyakan aplikasi juga bikin daya ponselmu cepat redup lho.

Coba kembali aplikasi apa saja yang memang benar-benar kamu butuhkan. Jangan ragu untuk menghapusnya jika memang gak perlu-perlu amat ya.

2. Tutup aplikasi jika sudah tak terpakai

Tutup aplikasi jika sudah tak terpakai.

Hal ini yang seringkali orang lupa lakukan. Aplikasi yang kamu buka pasti akan menyisakan riwayat di background ponselmu. Jika aplikasi ini gak ditutup setelah selesai pemakaian, kuota internet terus berjalan lho.

Meski sedikit ribet, ada baiknya setelah menggunakan aplikasi kamu wajib menutupnya kembali. Demi kuota yang hemat dan sehat.

3. Matikan penangkap wifi

Setelah pulang kantor, jangan lupa untuk menonaktifkan penangkap wifi yang ada di ponselmu.

Kamu menggunakan wifi di tempat bekerja? Hal ini bagus sekali untuk menghemat paket data yang kamu miliki. Tapi, setelah pulang kantor, jangan lupa untuk menonaktifkan penangkap wifi yang ada di ponselmu.

Pasalnya, jika kamu terus mengaktifkan penangkap wifi dan sedang berada di sinyal buruk, kuotamu lah yang bakalan kesedot banyak. Gak mau kayak gitu kan? Jadi, sering-sering cek apakah penangkap wifi sudah mati atau belum ya.

Tanya Lifepal - Untuk Pertanyaan Keuanganmu
Apakah poin-poin omnibus law cipta kerja (ciptaker) yang perlu diketahui karyawan?Di wilayah kantor saya sering sekali dengar tentang ramai nya perbincangan omnibus law akhir-akhir ini. Penasaran aja, apa sih poin-poin penting untuk kita para karyawan?Dijawab : Rieke Caroline, SH, MKn.

4. Atur kembali media sosial

Media Sosial (shutterstock).

Melihat notifikasi di media sosial memang sulit untuk ditunda-tunda. Kebanyakan orang saat ini ketika notifikasi masuk ke dalam ponsel pintar mereka, seketika pula segera dibuka aplikasi medsos tersebut.

Tapi, media sosial menjadi salah satu penyebab borosnya kuota internet. Mulai sekarang, coba deh kamu atur kembali waktu untuk mengecek notifikasi media sosial. Selain menghemat kuota, hal ini juga bisa membantumu mengurangi kecanduan media sosial. Dan jangan lupa juga untuk mengatur pembaruan medsosmu itu.

Kamu bisa mengatur otomatisasi pembaruan aplikasi ke mode manual, sehingga aplikasi itu gak selalu diperbarui secara tiba-tiba. Atau kamu bisa mengubah mode menjadi wifi only ketika akan mengunduh video.

5. Selalu perhatikan penggunaan kuota

Ada baiknya kamu selalu mengecek penggunaan kuota secara berkala.

Ada baiknya kamu selalu mengecek penggunaan kuota secara berkala. Meski ada beberapa provider yang memberikan notifikasi, tapi ada juga yang tidak. Jangan sampai tahu-tahu pulsamu kesedot habis untuk pemakaian internet karena kuota telah habis.

Setiap ponsel pintar pasti dilengkapi dengan fitur data monitoring yang memungkinkan kamu untuk mengecek berapa banyak kuota yang telah kamu pakai di bulan ini. Kamu bisa memberikan batas limit tertentu. Nah mereka akan memberikan kamu notifikasi kalau sampai kuota yang terpakai sudah melampaui batas.

Gak kepengin kan, uang yang harusnya bisa dipergunakan untuk keperluan lain, malah terpakai hanya untuk membeli kuota internet.

Ternyata, mengatur jumlah kuota internet yang kamu pakai bisa menghemat anggaran bulananmu lho. Gak hanya mengurangi jajan kopi premium, tapi kalau mau lebih hemat lagi, kurangi pemakaian kuota internet bisa jadi solusi. Selamat berhemat!

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →