Biar Gak Boros Duit, Ini 8 Panduan Menghitung Biaya Lamaran

dua cincin

Panduan lengkap hitung biaya lamaran. (Shutterstock)

Buat kamu yang mau menikah, jangan salah kaprah, selain anggaran resepsi pernikahan, biaya lamaran juga harus diperhatikan dengan seksama lho. Soalnya, acara yang satu ini juga sama-sama menyedot biaya.

Lamaran adalah proses di mana satu pihak mengajak calon pasangannya untuk menikah. Jika lamaran ini diterima, maka mereka akan memasuki fase tunangan, sebelum akhirnya naik ke pelaminan.

Dalam budaya Barat, pria berlutut di depan kekasihnya dan mempersembahkan cincin sembari mengatakan, “bersediakah kamu menikahi saya?” Lalu perempuan tinggal memberikan jawaban.

Pada intinya, konsep lamaran adalah untuk memberi kepastian calon pasanganmu bahwa dia bakal kamu nikahi. Oleh karena itu cincin digunakan sebagai pengikatnya.  

Prosesi lamaran Indonesia dan Barat jelas berbeda. Di Indonesia, acara ini justru dimeriahkan dengan jamuan makan antar keluarga calon mempelai. Dengan demikian, sudah pasti bakal memakan biaya bukan? 

Nah, khusus buat kamu yang lagi persiapan untuk lamaran, yuk ketahui panduan mengatur biaya lamaran yang praktis ini biar keuangan gak jebol. 

1. Di rumah atau sewa tempat?

calon mempelai wanita dengan latar belakang calon mempelai pria
Mau lamaran di rumah atau sewa tempat? (Shutterstock)

Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja menentukan tempat lamaran. Idealnya, prosesi ini diselenggarakan di rumah calon mempelai perempuan. Pihak perempuanlah yang akan menjamu keluarga calon mempelai pria yang datang melamarnya. 

Baik di rumah sendiri atau sewa tempat, tentu akan ada biayanya. Namun tentu saja, kamu bisa menekan biaya dengan cukup signifikan jika lamarannya di rumah. 

Berapa kira-kira biaya lamaran yang bakal kamu keluarkan jika acara ini ingin kamu selenggarakan di rumah atau venue lain? Simak tabel perbandingannya di bawah ini.

Rumah Sewa tempat
Biaya sewa Rp 0 Rp 10 juta  
Sewa tenda Rp 4 juta Rp 0
Kursi 100 pcs Rp 1 juta Rp 0
Sewa sound system Rp 1 juta Rp 0
Total Rp 6 juta Rp 10 juta

Dari venue serta perlengkapan, jelas sekali bahwa mengadakan acara di rumah tentu lebih murah. Sebab, biaya logistiknya cuma Rp 6 jutaan, sedangkan kalau sewa venue bisa jauh lebih mahal. 

Namun, dengan uang Rp 10 juta, kamu bisa dapat sebuah venue atau tempat yang bisa menampung setidaknya 100 orang. Sudah termasuk kursi serta sound system dan gak perlu sewa tenda. 

Kalau maunya praktis dan gak ribet beres-beres dan bersih-bersih rumah, sewa tempat saja. Tapi, kalau memang tujuanmu berhemat agar bisa menyisihkan lebih banyak uang untuk acara pernikahan, tentu lamaran di rumah patut jadi pilihan. 

2. Butuh dekorasi gak?

dekorasi lamaran
Biar hemat, dekorasinya buat resepsi aja. (Shutterstock)

Acara lamaran zaman now memang erat kaitannya dengan dekorasi. Bahkan gak sedikit juga kok acara lamaran yang dekorasinya sudah sekeren pernikahan. 

Namun hati-hati karena dekorasi itu sendiri bisa memakan biaya yang luar biasa besar. 

Paket dekorasi rumahan berkisar antara Rp 800 ribu hingga yang termahal Rp 6 jutaan. Jangan kaget ketika kamu ditawari paket dekorasi lamaran Rp 20 juta di sebuah venue ya! Lho, kok bisa beda jauh?

Setiap venue memiliki rekanan dekorasi yang sudah bermitra sejak lama. Mereka pun umumnya gak bakal terima vendor dekorasi lain. 

Dengan segala cara, marketing vendor dekorasi itu gak sungkan untuk memeras calon klien hingga keluar puluhan juta. 

Ingat lho, ini cuma acara “lamaran,” bukan “resepsi nikah.” Uang sebesar itu lebih baik dialokasikan buat yang lain saja. 

3. Kateringnya untuk berapa pax (tamu)?

makanan katering
Katering harus diperhitungkan, jangan sampai malu sama tamu. (Shutterstock)

Biaya lamaran yang satu ini juga selalu bengkak. Wajar saja, semua yang ketiban hajat bakal jadi omongan banyak orang ketika makanan yang mereka sajikan habis. Tapi sebaliknya, kalau kelebihan pun jadi mubazir kan? 

Cara mudah mengatur berapa banyak makanan adalah dengan mengetahui berapa tamu undangan yang bakal datang. Nah jumlah tamu itu dikalikan dua, untuk berjaga-jaga agar stok makanan tercukupi.

Sebut saja, jika kamu mengundang 50 orang tamu, maka sediakanlah 100 pax makanan. Jika 100 orang yang kamu undang, maka 200 porsi katering-lah yang kamu butuhkan.

Seandainya Rp 100 ribu adalah harga per pax dari catering, maka 100 pax x 100 ribu = Rp 10.000.000.

Buat kamu yang gak mau kecolongan karena pengeluaran yang satu ini, batasi saja undangan lamaran dan fokuskan ke keluarga inti saja. Acara lamaran sejatinya adalah acara yang khidmat. Untuk mengundang teman-teman yang lebih banyak, nanti saja di resepsi. Setuju?

4. Dokumentasi mau pakai jasa siapa?

orang menenteng kamera
Pakai fotografer teman sendiri aja. (Shutterstock)

Dokumentasi juga perlu, namun apakah ini adalah waktu yang tepat buat menyewa fotografer atau videografer kelas kakap? Rasanya tidak.

Mahalnya dokumentasi umumnya disebabkan karena peralatan fotografer yang bersangkutan. Ada lighting, lensa, dan lain sebagainya. Itu semua gak murah lho. 

Balik lagi, ini adalah acara lamaran. Momen berharga memang penting, tapi tamu-tamu yang datang di acara ini adalah “keluarga dekat saja.” 

Minta tolong saja ke saudara yang memang punya keahlian fotografi untuk menekan biaya. Bila kamu gak memiliki saudara yang jago dalam urusan ini, mintalah kepada teman dan ajukan penawaran bayaran seikhlasnya dan tidak membebanimu. 

Khusus buat teman, Rp 1 juta cukup dong? 

5. Wedding Organizer dan MC-nya siapa?

mikrofon
Cari keluarga yang biasa jadi MC, jadi bujet bisa ditekan. (Shutterstock)

Sejatinya, harus ada pihak yang bertanggung jawab untuk mengatur jalannya acara. Dalam urusan ini ya jasa WO alias wedding organizer

Tapi balik lagi, ini kan lamaran lho. Jasa WO tentu memakan biaya yang amat sangat dan luar biasa besar. 

Adakah saudara yang bisa dimintai tolong memandu jalannya acara? Sekaligus jadi MC atau pembawa acara juga? 

Buat mereka yang menyewa venue atau gedung, rata-rata mereka sudah siap dengan jasa WO plus MC-nya. Untuk biaya yang satu ini umumnya sampai Rp 10 juta. 

6. Boks hantarannya berapa dan isinya apa saja?

seserahan hantaran lamaran
Anggarkan juga untuk hantaran. (Shutterstock)

Boks hantaran itu diberikan oleh pihak lelaki dan juga perempuan, barang-barang itu dimasukkan ke dalam boks-boks akrilik yang dihias. Nah, kamu pengin sewa atau beli saja nih?

Ongkos sewa boks hantaran itu adalah Rp 450 ribu untuk lima boks. Kalau bikin, ya sudah pasti harganya bisa sampai dua juta. 

Itu baru boksnya lho belum lagi sama isinya. Berapa rupiah nilai dari isi hantaran itu? Nah, balik lagi sesuai dengan kesepakatanmu dengan pasangan ya. 

Isi nya sebagian besar adalah makanan. Bujetkan saja Rp 1 juta.

7. Cincinnya mau perak, paladium, atau emas? 

bertukar cincin
Siapkan juga bujet untuk beli cincinnya. (Shutterstock)

Ini dia yang paling penting dan bisa dibilang maha penting juga di antara yang lain. Cincin atau perhiasan diberikan oleh pria ke calon pasangannya sebagai tanda pengikat. 

Cincin harus masuk biaya lamaran dong karena harganya juga gak main-main. Sebut saja kamu berniat membeli sepasang cincin emas putih untuk pasanganmu dan kamu, maka kurang lebih biaya yang kamu keluarkan adalah Rp 5 juta. 

8. Mau disamain gak motif batiknya dengan kain milik si calon?

batik
Kalau mau pakai batik yang motifnya sama, tentu harus ada bujet khusus. (Pixabay)

Nah ini juga harus diperhatikan. Seringkali ini gak masuk biaya lamaran karena terlihat sederhana, padahal bujet untuk beli kain batik gak bisa dibilang kecil.

Sebagian besar perempuan ingin kembaran dengan calon suaminya dalam urusan batik. Kalau sudah seperti ini, kudu beli kain lagi dan jahit sendiri. 

Harga kain batik standar kurang lebih Rp 650 ribuan untuk ukuran 250 cm x 140 cm. Sementara itu ongkos jahit Rp 250 ribu. Total-total jadi Rp 900 ribu.

Berapa total biaya lamaran yang harus disiapkan?

Setelah melihat perkiraan biaya-biaya di atas, maka kurang lebih berapa ya bujet yang harus kita siapkan untuk lamaran? 

Berikut kalkulasi biayanya jika berniat mengundang 50 orang tamu ke acara lamaranmu. 

Rumah Venue
Venue Rp 6 juta Rp 10 juta
Dekorasi Rp 2 juta Rp 20 juta
Catering 50 undangan (100 pax) Rp 10 juta Rp 10 juta
Dokumentasi Rp 1 juta Rp 1 juta
WO + MC Rp 0 Rp 10 juta
Sewa boks hantaran Rp 450 ribu Rp 450 ribu
Isi seserahan Rp 1 juta Rp 1 juta
Cincin  Rp 5 juta Rp 5 juta
Outfit Rp 900 ribu Rp 900 ribu
Total Rp 25.351.000 Rp 56.350.000

Seperti itulah ilustrasi biaya lamaran yang harus kamu ketahui. Gimana, cukup besar kan? Ini baru lamaran lho, belum akad dan resepsi nikah.

Buat kamu yang mau menghemat biaya, tipsnya adalah membatasi konsumsi dan menyelenggarakan acara ini di rumah. Dekorasi juga gak perlu-perlu amat deh kalau memang bujetnya gak ada.

Memang benar sih, ini adalah momen berharga di hidupmu yang cuma terjadi sekali seumur hidup. Namun gak lucu kan kalau dalam sehari keuanganmu langsung morat-marit karena acara lamaran? (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis