Jadi Youtuber, Basuki Tjahaja Purnama bisa Kantongi Rp 45 Juta Sebulan

panggil saya btp

Tepat pada 12 Oktober 2019, Basuki Tjahaja Purnama mendapatkan penghargaan Gold Play Button karena akun Youtubenya yaitu, Panggil Saya BTP sukses meraih 1 juta subscriber

“Terima kasih atas dukungannya. Semoga ini semakin membuat saya semangat untuk membuat konten-konten yang lebih bermanfaat dan berguna bagi masyarakat,” demikian caption postingan Instagram pria yang sempat menjadi Gubernur DKI Jakarta ini.

Menurut penelusuran Lifepal di situs Social Blade, akun Youtube BTP, menempati urutan ke-388 di Indonesia. Dalam 30 hari saja, pria yang juga akrab disapa Ahok ini bisa meraih lebih dari 11 ribu subscriber baru.

Sementara itu, prediksi total penghasilan yang didapat dari akun ini mencapai US$ 200 hingga US$ 3.200 atau Rp 2,8 hingga Rp 45 juta dalam sebulan! Wuih, lumayan juga ya. 

Dan dalam setahun, kalau ditotal-total penghasilan BTP bisa mencapai Rp 542 juta. Tapi ingat Youtube ini bukan BTP sendiri yang jalanin lho, dia tentunya punya tim khusus.

Ingin tahu fakta-fakta seputar akun Youtube Panggil Saya BTP ini? Yuk simak ulasannya.

Baca juga: Sean Anak Sulung Ahok Impikan Mobil Keren Ini, Harganya Rp 33 M!

1. Dirilis tepat setelah bebas dari penjara

panggil saya btp
BTP berkunjung ke koleganya. (Instagram/@basukibtp)

Video pertama dari akun Panggil Saya BTP dirilis pada 25 Januari 2019. Video berjudul “BTPVLOG#1 – PULANG ini berdurasi 9 menit saja, dan menampilkan obrolan Ahok dan putranya, yaitu Nicholas Sean di mobil yang saat itu baru keluar dari penjara.

Belum lama setelah ditayangkan, ratusan like sudah diberikan buat video ini. Tepat pada 15 Oktober 2019, video ini sudah disaksikan oleh lebih dari 5 juta orang!

Gak heran sih, BTP memang bukan orang sembarangan. Dia memang merupakan salah satu publik figur di Indonesia.

Sama seperti BJ Habibie, nama Basuki Tjahaja Purnama juga masuk ke jajaran orang yang paling dikagumi di Indonesia versi Yougov. Bila Habibie urutan pertama, BTP masuk ke urutan ke-tujuh tepat di bawah Jack Ma dan di atas Prabowo Subianto.

Baca juga: Sukses di Usia 20 Tahun, Begini Cara Anak Ahok Menebalkan Dompet

2. Delapan bulan sudah punya 23 video

panggil saya btp
Bersama sang putra. (Instagram/@basukibtp)

Delapan bulan sejak postingan perdananya di Youtube, akun Panggil Saya BTP ternyata sudah mengunggah 23 video. Cukup aktif ya.

Video-video itu berisi tentang keseharian BTP, mulai dari cerita dia menyambangi kawan-kawannya, pulang kampung, liburan ke Bali, hingga yang bernuansa politik pun ada.

Tapi gak semua video di akun ini punya jutaan viewers lho ya. Ada juga yang cuma ratusan ribu saja.

Baca juga: Seharga Miliaran Rupiah, Ini Dua Mobil SUV yang Jadi Favorit Ahok

3. Promo video Youtube lewat Instagram

panggil saya btp
Saat menjajal MRT Jakarta. (Instagram/@basukibtp)

Untuk memperbanyak jam tayang di akun Youtube Panggil Saya BTP, promo itu penting. Tapi tentu saja, promo akun Youtube BTP gak kayak akun Youtube vlogger lain yang menggunakan fitur iklan.

Cukup dengan Instagram saja bisa. Wong BTP juga punya ribuan followers kok. Caranya mudah banget, hanya posting saja cuplikan atau foto dari vlog terbarunya di feed Instagram. Lalu, jangan lupa mengajak seluruh follower Instagram untuk mampir menyaksikan video terbaru BTP di Youtube.

Cara ini terbilang hemat biaya. Tapi tentu saja hal ini cuma bisa diaplikasikan oleh mereka yang punya follower atau subscriber dengan jumlah banyak.

Itulah sekilas fakta mengenai akun Youtube BTP. Besar kemungkinan subscriber pak BTP bertambah banyak nih di masa depan. Kalau sudah begitu ya hidup dengan nge-vlog pun jadi. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →