Mau Minimalkan Bujet Pengeluaran Bulanan? Terapkan deh Cara-Cara Ini

Memangkas beberapa alokasi pengeluaran bulanan menjadi solusi dalam memulihkan kembali kondisi keuangan yang buruk. Seperti yang kamu tahu, pengelolaan pengeluaran yang gak baik menjadi penyebab memburuknya kondisi keuangan yang kemudian memunculkan sikap boros.

Sikap boros kalau dibiarkan bisa menjadi kanker yang perlahan-lahan menggerogoti keuangan kamu. Fatalnya nih kamu bisa dibikin bangkrut karena membiarkan perilaku tersebut menjadi kebiasaan.

Sikap boros ini bisa muncul gak lepas dari adanya alokasi pengeluaran yang berlebihan dalam cash flow keuangan kamu. Buat kamu yang bertekad lepas dari kebiasaan negatif tersebut, ada beberapa cara nih yang bisa dilakukan.

Dikutip dari Debt.org, berikut ini adalah cara-cara mudah memangkas pengeluaran yang pastinya berefek positif buat keuangan. Apa aja? Dicek yuk ulasannya.

Baca juga: Gaya Traveling Turis Indonesia Ternyata Lebih Suka Meluangkan Waktu untuk Bersantai

1. Pilih layanan bundel buat telekomunikasi

Pilih layanan bundel buat telekomunikasi (Shutterstock).

Kalau bisa menggunakan satu pilihan yang mencakup semua, kenapa harus beli satu-satu? Inilah gambaran menggunakan layanan telekomunikasi saat ini. Mulai dari menggunakan layanan telepon, televisi berbayar, hingga internet.

Menggunakan semuanya tentu aja memunculkan angka pengeluaran yang besar. Kamu mesti keluarkan biaya buat telepon sendiri, televisi berbayar sendiri, dan internet sendiri.

Lain cerita kalau kamu menggunakan satu pilihan yang mencakup layanan telepon, televisi berbayar, hingga internet. Jelas biaya dikeluarkan gak sebesar kamu bayar satu per satu layanan tersebut. Kalau kamu pilih layanan tersebut, pengeluaran bulanan jadi hemat lho.

2. Berhentilah memelihara hewan kalau gak mampu

Berhentilah memelihara hewan kalau gak mampu (Shutterstock).

Memelihara hewan itu membutuhkan biaya yang besar. Itulah kenapa sebelum mengadopsi atau memelihara hewan, ada baiknya dipikirkan benar-benar daripada nantinya salah dalam mengambil keputusan.

Sebab keputusan yang diambil buat memelihara hewan nantinya bisa memengaruhi kondisi keuangan kamu. Buat gambaran aja nih, kalau memelihara kucing, kamu harus sediakan dana sekitar Rp 300 ribu buat makanan.

Sementara kalau sakit, kamu mesti sediakan biaya Rp 500 ribu – Rp 700 ribu. Lumayan gede, kan? Kecuali uang kamu emang banyak, biaya segitu sih bukan persoalan.

Baca juga: Gak Pengin Keluar Bujet Lebih, Ini Tips Hemat Wisata di Singapura

3. Pertimbangkan baik-baik sebelum makan di luar

Makan di restoran mahal bersama sahabat (Shutterstock).

Bukan rahasia lagi kalau makan di luar rumah menghabiskan uang lebih besar ketimbang makan di rumah. Makanya banyak orang yang menyarankan alangkah baiknya memasak sendiri buat makan daripada beli makanan.

Meminimalkan pembelian makanan di luar bisa bikin kamu berhemat banyak uang. Hitung-hitung uang kamu bisa dialokasikan ke kebutuhan lain yang lebih bermanfaat. Misalnya aja uangnya dialokasikan ke tabungan atau investasi.

Walaupun begitu, gak ada salahnya juga sih makan di luar sesekali. Asalkan uang yang dikeluarkan sesuai batas. Idealnya, alokasi sebesar 30 persen udah lebih dari cukup buat makan di luar.

4. Batasi penggunaan peralatan elektronik

Batasi penggunaan peralatan elektronik (Shutterstock).

Penggunaan peralatan elektronik yang terkontrol juga bisa berbahaya buat kondisi keuangan. Pasalnya, pengeluaran bulanan menjadi lebih besar karenanya.

Karena itu, banyak orang menganjurkan buat membatasi penggunaan peralatan elektronik kalau pengin berhemat. Sebab biaya listrik itu menelan biaya lumayan besar dibandingkan biaya-biaya yang lain.

Kamu bisa mulai membatasi penggunaan peralatan elektronik dengan mengganti lampu di rumah dengan lampu LED agar dayanya bisa dihemat. Kemudian jangan biarkan charger gadget terus terhubung ke stop kontak dan selalu cabut peralatan listrik yang gak terpakai.

Dengan melakukan hal-hal simpel seperti itu, kamu udah berupaya buat menghemat listrik. Pemakaian daya yang sedikit sama aja dengan meminimalkan pengeluaran bulanan.

Baca juga: Lakukan Hal Ini Jika Ingin Menjadi Kaya Raya Saat Tua Nanti

5. Kalau pakai transportasi umum lebih murah, kenapa harus beli mobil?

tips-hemat
Naik transportasi umum (irishtimes)

Pilihan transportasi sekarang ini udah banyak. Kalau dulu adanya bus, taksi, kereta, dan angkot, kini ada transportasi online. Dibanding bus, taksi, kereta, atau angkot, naik transportasi online jauh lebih terjangkau ongkosnya.

Sebab platform penyedia transportasi online sering memberi promo berupa potongan harga. Berkat adanya promo tersebut, naik transportasi online jadi lebih murah. Bahkan, kadang-kadang ongkosnya lebih murah ketimbang ongkos naik angkot.

Dihitung-hitung daripada beli mobil, lebih baik keluarkan uang buat naik transportasi online. Sebab kamu gak bakal dipusingkan dengan biaya pajak tahunan, maintenance, asuransi kendaraan, dan biaya-biaya lainnya.

Sampai sini udah tahu kan gimana cara-cara memangkas pengeluaran bulanan? Asalkan cara-cara tersebut dijalankan dengan konsisten, kamu beneran bisa hemat banyak uang lho. (Editor: Winda Destiana Putri).