Panin Sekuritas, Cara Buka Akun Saham dan Plus Minusnya

panin sekuritas

PT Panin Sekuritas Tbk tidak masuk dalam nominasi 10 sekuritas teraktif di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2019. Walaupun demikian, tetap saja, sekuritas ini masih dipilih banyak investor. Lalu, apa keunggulan sekuritas yang satu ini?

Sebagai perusahaan efek terkemuka, mereka memang sukses dalam menjawab kebutuhan investor, baik perorangan maupun korporasi, hingga lembaga pemerintahan. Di tahun lalu, perusahaan ini juga menyabet penghargaan Infobank 8th Digital Brand Awards 2019, dan Living Legend Company Award 2019.

Di tahun 2018, penghargaan yang mereka sabet jauh lebih banyak lagi lho.

Sebelum kita membahas seputar keunggulan dari sekuritas ini, sekaligus cara membuka akun di sini, gimana kalau kita cari kenalan dulu yuk dengan Panin Sekuritas.

Profil Panin Sekuritas

panin sekuritas
Berada di bawah Panin Group, sebuah perusahaan perbankan terkemuka di Indonesia (IG Panin)

Bukan rahasia lagi bahwa, sekuritas ini adalah anak usaha dari Panin Bank, bank terkemuka di Indonesia yang didirikan oleh taipan bernama Mu’Min Ali Gunawan. Dalam kiprahnya di pasar modal, perusahaan sekuritas ini juga pernah dinobatkan sebagai anggota bursa dengan transaksi efek  ekuitas teraktif di tahun 2007, versi Bursa Efek Surabaya.

Bukan cuma itu, ditahun 2006 dan 2007 Majalah Investor juga menobatkan Panin sebagai sekuritas terbaik. Sementara itu di tahun 2010, FinanceAsia memberikan penghargaan ke PANS sebagai perusahaan terbaik. 

Sekuritas ini didirikan tahun 1989 dengan nama PT Panin Sekuritasindo. Di tahun 1991, mereka ganti nama menjadi PT Nusamas Panin hingga akhirnya berganti nama lagi jadi PT Panin Sekuritas.

Di tahun 2000, mereka melantai di bursa efek dengan kode saham PANS. 

Kelebihan Panin Sekuritas

panin sekuritas
Apa saja kelebihan sekuritas ini (FB Panin Sekuritas)

Ada banyak kelebihan PANS sebagai sebuah perusahaan sekuritas. Hal ini pun membuat para investor kepincut untuk membuka akun saham di sana.

Beberapa di antaranya adalah:

1. Pilihan rekening dana nasabah banyak

Pilihan rekening dana nasabah (RDN) di Panin memang cukup banyak. Bank-bank itu antara lain adalah: 

– Bank Central Asia (BCA)

– BCA Syariah

– Bank Permata

– Permata Syariah

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

– Bank Panin

– Bank Mandiri

2. Ada dua pilihan akun

Dua pilihan akun di Panin Syariah bukanlah reguler dan syariah lho. Baik reguler dan syariah dikategorikan sebagai akun “self trading.”

Akun kedua yang bisa kamu pilih di sekuritas ini adalah akun broker reguler. Apa keunggulannya ya akun ini?

Intinya di akun ini, kamu sama saja dengan menggunakan jasa broker untuk membeli atau menjual saham. Tentu saja, untuk akun broker reguler ini trading fee dan depositnya beda lho sama akun self trading.

3. Gratis biaya data feed

Untuk data feed atau data transaksi real time, PANS sama sekali gak membebani investor dengan biaya. Namun sayangnya, bagi pengguna akun broker reguler, kamu akan dikenakan biaya Rp 25 ribu per bulan untuk layanan data feed.

4. Satu aplikasi bisa untuk mobile hingga desktop

Kita tentunya bakal ngebahas soal aplikasi trading-nya Panin, alias Panin Online Stock Trading (POST), di poin berikutnya. Namun yang kiranya harus jadi sorotan di sini adalah, POST bisa digunakan di berbagai perangkat.

Mau di smartphone, desktop  sPC, atau laptop, aplikasinya tetap sama. Bayangkan deh, sekuritas lain rata-rata punya beberapa aplikasi yang berbeda untuk masing-masing perangkat, tapi Panin lebih sederhana karena cuma ada satu. 

5. Ada edukasi saham gratis

Ini dia yang berguna buat para investor pemula. PANS menyediakan edukasi gratis berbentuk PDF yang bisa diunduh semua orang lho.

Selain itu, mereka juga rutin menggelar seminar dan pelatihan tiap minggunya ke calon investor. Sebut saja seperti training analisa fundamental, analisa teknikal, training aplikasi POST, dan market outlook. 

POST, aplikasi trading saham milik Panin Sekuritas

Nah setelah membahas mengenai keunggulan Panin, kita bahas juga nih soal aplikasinya yang bernama POST. 

Salah satu fitur menarik POST adalah conditional order yang memudahkan kamu untuk mengatur waktu transaksi pada harga-harga yang diincar. Selain itu, aplikasi ini juga tampilannya sangat bersahabat, gak bikin pusing deh pokoknya.

Belum lagi, dari segi keamanan, mereka sudah menyiapkan sistem berlapis. Kamu harus memasukkan password akun investor dan pin transaksi dulu untuk bisa menjual atau membeli saham.

Intinya, lewat POST kamu bisa membeli saham dan turunannya, apalagi kalau bukan waran. Seperti yang dijelaskan di atas, POST itu bisa digunakan di mana-mana, namun sejatinya PANS membuat tiga macam aplikasi POST.

www.post.co.id

Kalau ini adalah POST berbasis web yang dapat diakses melalui browser seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome dan Safari.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

POST Pro 2

panin sekuritas
Beginilah penampakan Post untuk desktop (PANS)

Ini adalah POST berbasis aplikasi. Jadi intinya, aplikasi ini harus di-install terlebih dahulu di PC atau Laptop.

POST Mobile

panin sekuritas
Untuk mobile version, tampilannya seperti ini (PANS)

Sesuai dengan namanya, POST ini adalah POST yang digunakan untuk smartphone. Kamu bisa mengunduhnya baik dari Google Play Store atau App Store.

Untuk menemukan aplikasi POST Mobile, tulis kata kunci “Panin Sekuritas” di kolom search Google Play Store atau App Store

Fee transaksi di PANS

panin sekuritas
Berapa ya fee transaksi di sekuritas inI (Pixabay)

Nah ini dia yang harus dikepoin oleh para investor dan trader. Apalagi kalau bukan besaran fee transaksi jual dan beli saham di sekuritas terkait.

Seperti yang dijelaskan di atas, fee akun self trading dan broker itu beda lho ya. Berikut besarannya.

Fee akun self trading milik Panin

Untuk self trading di POST, besaran fee belinya adalah 0,20 persen, sedangkan besaran fee jualnya adalah 0,30 persen.

Fee akun broker regular

Nah fee untuk akun broker lebih mahal ketimbang self trading ya. Untuk fee belinya adalah 0,25 persen dan fee jual 0,35 persen. 

Deposit awal Panin Sekuritas

Setelah tahu fee jual belinya, lantas berapa sih uang deposit awal ke RDN untuk sekuritas ini? Jawabannya, beda akun beda juga besaran depositnya.

Biar lebih jelas lihat saja tabel di bawah ini ya.

Jenis akun Deposit awal
POST Syariah Rp 1 juta (khusus RDN Bank Panin)
POST Self Trading Rp 10 juta
Broker Reguler Rp 25 juta

Cara buka akun di Panin Sekuritas

panin sekuritas
Gampang banget kan caranya (PANS)

Nah ini nih yang ditunggu-tunggu, terutama buat yang udah gak sabar buka akun di sekuritas berkode saham PANS. Mau tahu gimana langkah-langkah buka akun di sini? Yuk baca selengkapnya di sini.

1. Unduh formulirnya

Unduh saja formulir pendaftaran akun saham ini di situs pans.co.id. Setelah itu isi formulirnya dengan data diri kamu yang valid.

Buat kamu yang masih bingung, masuk ke situsnya dan klik layanan online trading, lalu pilih pembukaan rekening.

2. Persiapkan dokumen-dokumen di bawah ini

Sama halnya dengan dokumen-dokumen seperti fotokopi KTP, NPWP, dan halaman depan buku tabungan kamu. Unggah semua file-file tersebut, setelah itu lakukan tandatangan di aplikasi.

3. Tunggu pembuatan rekening efek dan RDN

Setelah berkas-berkas itu dikirimkan, yang harus dilakukan selanjutnya adalah menunggu rekening efek dan RDN kamu jadi. Sabar saja, dan rutin-rutin cek email kamu.

Jika sudah jadi, silahkan transfer uang depositnya dan selamat memilih saham-saham andalanmu. 

Kontak Panin Sekuritas

Bila memang kamu membutuhkan informasi seputar PANS yang lebih lengkap lagi. Jangan sungkan untuk menghubungi mereka di nomor:

WhatsApp, atau media sosial mereka di bawah ini:

Telepon: (021) 515-3055 atau (021) 2977-3655

WhatsApp: +62 812 8884 7699 

Email: [email protected]

LinkedIn: PT Panin Sekuritas Tbk

Instagram: @panin_sekuritas

Twitter: @paninsekuritas

Facebook: @paninsekuritas

Website: www.pans.co.id || www.post.co.id

Kekurangan Panin Sekuritas

Kalau di atas kamu sudah baca soal kelebihannya, nah mari kita simak apa saja sih yang jadi kekurangan di sekuritas ini.

1. Fee transaksi Panin Sekuritas kurang kompetitif

Bicara soal fee transaksi PANS, besarannya memang kurang kompetitif ketimbang sekuritas lain. Apa lagi fee transaksi akun reguler broker ya.

Masih banyak sekuritas yang mematok fee beli di bawah 0,20 persen, sementara itu fee jualnya di bawah 0,30 persen.

2. Deposit awal cenderung besar

Besaran uang deposit dari sekuritas ini juga terbilang cukup besar, yakni Rp 10 sampai Rp 25 juta. Kalau mau hanya deposit Rp 1 juta ya hanya bisa pakai Bank Panin sebagai RDN-nya.

Sejatinya, sekuritas lain punya aturan yang lebih fleksibel soal hal ini. Ada yang depositnya cuma Rp 100 ribu atau suka-suka. 

Buat investor bermodal tipis, tentu besaran ini agak memberatkan di awal. 

3. Ada biaya transfer saham

Biaya transfer saham juga diberlakukan oleh sekuritas ini, sebesar Rp 20 ribu per emiten. Biaya ini berlaku jika kamu berniat memindahkan sahammu yang ada di rekening efek Panin, ke sekuritas lain.

Itulah hal-hal yang mesti kamu ketahui sebelum buka akun di perusahaan sekuritas yang berada di bawah naungan Panin Group. 

Soal biaya, mungkin Panin memang gak kompetitif, tapi melihat fitur-fitur di aplikasinya yang bersifat ramah pengguna, tentu hal ini bisa jadi pertimbangan kok. 

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →