Mobil Panther Turbo: Spesifikasi, Sejarah, dan Harganya
Panther Turbo menjadi opsi sekaligus pengembangan tipe Isuzu Panther lama. Varian ini terdiri dari Isuzu Panther LS, LV, SMART, dan Grand Touring.
Isuzu Panther sempat berjaya selama 30 tahun. Meski begitu, tipe Isuzu Panther lama yang ada di pasaran akan resmi dihentikan produksinya pada 2021.
Alasannya, karena ada implementasi kebijakan emisi gas buang baru melalui EURO 4. Di samping itu, tipe Isuzu Panther lama mengalami penurunan popularitas beberapa tahun belakangan.
Spesifikasi Panther Turbo
Dari segi mesin, mobil Panther Turbo memiliki tipe mesin 4JA1L Turbocharger, dengan kapasitas silinder sebesar 2.499 cc, tenaga maksimal 80 PS pada 3.500 rpm, dan torsi maksimal 192 NM pada 1.800 rpm.
Sistem mesinnya dibuat menyesuaikan kebijakan EURO 4, yakni sistem Common Rail. Kapasitas tangkinya adalah 55 L dengan jenis bahan bakar diesel.
Dari segi suspensi, mobil ini menggunakan Independent Double Wishbone di depan dan Rigid Axle per daun mobil di bagian belakang.
Sistem kemudi menggunakan Rack and Pinion dengan EPS (Electric Power Steering) dengan sistem rem Ventilated Disc untuk rem depan dan Drum Brake untuk rem belakang.
Soal kaki-kaki, mobil ini terdiri dari pelek 235 dengan ukuran ban 70 R15. Peleknya terbuat dari alloy.
Untuk varian tertingginya, tersedia transmisi otomatis, yakni pada tipe Panther Turbo Grand Touring dan tetap mengandalkan mesin turbo.
Sejarah Panther Turbo
Mobil Isuzu Panther Turbo ini sudah dikembangkan dalam waktu yang cukup lama. Berikut ini perjalanan perkembangan mobil ini.
Dipasarkan sejak tahun 1991
Dirangkum dari berbagai sumber, mobil ini mulanya merupakan multi purpose vehicle (MPV) yang dipasarkan sejak tahun 1991.
Mobil ini dipasarkan secara khusus di wilayah Asia, khususnya di Indonesia, Filipina, Vietnam, dan India.
Sebabnya, masyarakat di area tersebut tinggal di daerah yang memiliki medan menantang dan butuh mobil dengan banyak fungsi.
Tipe Isuzu Panther lama pernah diproduksi di Indonesia pada tahun 1991 sebagai generasi pertama. Tipe Isuzu Panther lama menggunakan mesin diesel dengan kapasitas 2.238 cc dan didukung oleh 4 silinder OHV indirect injection. Mobil ini memiliki kode mesin C223.
Ada empat varian dari tipe lama ini, yakni Bravo, Miyabi, Sparta dan Golden. Semuanya diproduksi dalam berbagai bentuk buatan karoseri.
Peremajaan dan tambah varian di tahun 1993-1996
Di tahun 1993, varian mobil ini bertambah menjadi Hi-Grade, Grand Deluxe, Deluxe (Total Assy), dan Standard.
Di tahun 1996, mobil ini mengalami peremajaan. Secara tampilan tidak banyak berubah, namun kapasitas mesinnya dinaikkan menjadi 2.500 cc.
Sistem bahan bakarnya pun mengalami perubahan menjadi direct injection. Terdapat dua varian yang tersedia, yakni Deluxe dan Pick Up.
Ada varian Panther Turbo LS di tahun 2000
Varian Turbo LS Hi-Grade akhirnya tersedia pada tahun 2000. Ditambah dengan 7 varian lainnya seperti Turbo Touring, Grand Touring, SS, LV, SV, LM (smart long), dan SM (smart short).
Versi LV Adventure diproduksi pada tahun 2005
Mobil ini terus mengalami pengembangan dan pembenahan. Misalnya di sektor eksterior seperti desain lampu dan gril. Begitu juga dengan interiornya.
Di tahun tersebut, Isuzu menambah varian yakni Grand Touring dan LV Adventure. Panther Turbo LS masih diproduksi.
Perangkat mesin Panther Turbo 2005 ditambahkan di varian tersebut untuk memenuhi standar EURO 2.
Modifikasi dengan facelift di tahun 2010-an
Mobil ini kembali diproduksi dengan penambahan facelift di tahun 2013. Secara tampilan, Panther Turbo 2010 jauh lebih gahar dan sporty berkat sentuhan krom di gril dan side body moulding.
Berhenti produksi pada 2021
Setelah 30 tahun beredar di pasaran, mobil ini dihentikan produksinya. Alasannya, karena implementasi kebijakan EURO 4 dan juga penurunan penjualan di Indonesia.
Harga Panther Turbo
Berikut daftar harga Panther Turbo versi tahun 2005-2010.
Tahun | Tipe | Harga bekas | Harga baru |
2005 | Tipe LV | Rp80 juta | Rp293,90 juta |
2005 | Grand Touring M/T | Rp120 juta | Rp342,30 juta |
2005 | Turbo Adventure | Rp105 juta | – |
2005 | Grand Touring A/T | Rp110 juta | Rp342,30 juta |
2005 | Turbo LS Hi-Grade | Rp100 juta | – |
2005 | Turbo LS | – | Rp316,40 juta |
2005 | Turbo LM | Rp85 juta | – |
2005 | Turbo LM SMART | Rp75 juta | Rp 286,60 juta |
2008 | Panther Pick Up | Rp80-150 juta | – |
2010 | New Panther Grand Touring M/T | – | Rp170 juta |
2017 | LS Hi-Grade | – | Rp230 juta |
Tipe Isuzu Panther Lama
Meski produksi Isuzu Panther telah berakhir pada tahun 2021, namun 5 tipe Isuzu Panther lama berikut masih beredar di pasaran mobil bekas. Apa saja tipe-tipenya?
1. Panther Turbo LS
Mobil ini memiliki spesifikasi sebagai berikut:
- Mesin diesel, kekuatan 80 dk di 3.500 rpm, torsi 19,5 kgm atau 191 Nm pada 1.800 rpm.
- Transmisi manual
- Penambahan rumah keong atau teknologi turbo, sehingga lebih hemat bahan bakar dan performa kencang.
- Terdapat penambahan facelift di area depan mobil.
- Terdapat gril dan side body moulding dibalut krom.
- Kaki-kaki ban / pelek dilapisi polish alloy ukuran 15 inci.
- Pada kursi, menggunakan jok kulit, dasbor bagian AC dan boks dilapisi aluminium.
- Setir menggunakan model four spoke yang sporty
- Emisi bahan bakar dan mesin sesuai implementasi EURO 2.
2. Panther Turbo Touring
Mobil ini memiliki spesifikasi sebagai berikut:
- Mesin diesel, kekuatan 80 Ps pada 3.500 rpm, torsi 91,5 Nm pada 1.800 rpm.
- Transmisi manual
- Ground clearance lebih tinggi 18 cm.
- Cocok untuk medan sulit atau kebutuhan touring.
- Material jok menggunakan bahan vinil.
3. Panther Turbo Grand Touring
Mobil ini memiliki spesifikasi sebagai berikut:
- Mesin diesel kode 4JA1L, kapasitas silinder mesin 2.500 cc. Bahan bakar solar disuplai dengan sistem injeksi, bukan karburator.
- Suplai tenaga maksimum 80 PS pada 3.600 rpm, torsi maksimum 19,5 kgm pada 1.800 rpm.
- Transmisi otomatis 5 percepatan dan manual 5 percepatan.
- Ukuran tangki 55 liter untuk jarak 770 km dengan bahan bakar solar penuh.
- AC double blower, area dasbor tersedia pemutar CD, MP3, DVD.
- Terdapat power steering, power window di seluruh pintu, lampu kabut (fog lamp), leather steering wheeldan roof rail untuk kabin bagian atas.
- Cocok untuk medan sulit atau kebutuhan touring.
- Terdapat subwoofer, rear view camera, rear spoiler, remote with integrated key, dan finishing krom di area lampu depan.
4. Panther Turbo LV
Mobil ini memiliki spesifikasi sebagai berikut:
- Kapasitas mesin 2.499 cc, empat silinder, tenaga maksimum 80 PS pada 3.500 rpm, torsi maksimum 191 Nm pada 1.800 rpm.
- Bahan bakar diesel.
- Transmisi manual.
- Pengingat sabuk pengaman di area bangku depan saja.
- Terdapat fitur Hill Start Assist (HAS).
- Terdapat AC hingga baris belakang.
- Area dasbor dilengkapi pemutar CD/DVD non touchscreen dan power socket USB tiga slot.
5. Panther Turbo LM
Mobil ini memiliki spesifikasi sebagai berikut:
- Kapasitas mesin 2.499 cc, empat silinder, tenaga maksimum 80 PS pada 3.500 rpm, torsi maksimum 191 Nm pada 1.800 rpm.
- Bahan bakar diesel.
- Transmisi manual.
- Area dasbor dilengkapi pemutar CD/DVD non touchscreen dan power socket USB tiga slot.
Modifikasi Panther Turbo
Meski mobil Panther Turbo berhenti diproduksi, tetapi kamu masih bisa melakukan modifikasi, baik dari segi eksterior maupun interior.
Panther Turbo bisa melalui modifikasi di bagian eksterior bisa kamu lakukan dengan gani pelek dan ukuran ban yang pas. Misalnya kamu mengganti dengan pelek racing atau pelek seri RPF1, NT03, RP01, atau Volk Rays TE37.
Dari segi ban, pilih ban yang profilnya lebih tinggi dari ukuran standar. Sebabnya, mobil Panther Turbo memiliki ground clearance tinggi.
Dari segi mesin, kamu bisa upgrade performa dengan mengganti paking cylinder head. Paking cylinder head yang terpasang biasanya berukuran 1,6 mm, kamu bisa ganti 1,4 mm.
Tidak hanya itu, kamu juga bisa ganti rotor atau pompa bensin berukuran lebih besar.
Masih ada lagi modifikasi Panther Turbo yang bisa kamu coba. Seperti modifikasi knalpot, perbesar ukuran turbo, ganti kaca film, hingga modifikasi mesin dalam seperti radiator, downpipe, kopling, disc brake, dan sebagainya.
Pentingnya asuransi kendaraan
Tips dari Lifepal! Baik mobil baru maupun bekas, sebaiknya mobilmu tetap diasuransikan. Asuransi kendaraan akan memberikan perlindungan terhadap kerugian finansial akibat tingginya biaya perbaikan mobil.
Dengan asuransi mobil, kamu bisa menjaga keuangan dan mobil tetap mendapatkan servis rutin. Ketahui premi asuransi mobil sesuai kebutuhan di sini.