7 Tips Miliarder Dunia Mendidik Anaknya Biar Jadi Orang Kaya

Didik anak jadi orang kaya

Setiap orangtua berharap anaknya jadi orang kaya dan sukses. Berbagai cara pun dilakukan agar anak jadi individu potensial, termasuk memberi sejumlah fasilitas terbaik dengan harga tinggi. Mulai dari pemilihan sekolah nomor wahid, sampai dana hiburan selangit.

Sayang, hasilnya gak selalu positif. Niat hati memberi yang terbaik, gak sedikit anak malah tumbuh jadi pribadi manja dan arogan.

Apa yang salah? Buat membantu menjawab pertanyaan ini, gak ada salahnya belajar langsung dari ahlinya: para miliarder dunia.

Orang kaya yang merintis usaha dari nol umumnya punya mindset yang berbeda dengan orang kebanyakan, termasuk soal mendidik anak.

Dilansir dari CNBC, seorang penulis asal Steve Siebold menghabiskan waktu hingga 30 tahun buat mencari tahu cara mendidik anak yang dilakukan para orang kaya dunia. Buat mendapat jawaban yang valid, ia bahkan mewawancara ribuan miliarder secara langsung.

Hasilnya, ternyata ada 7 pelajaran para miliarder yang ditanamkan pada anak-anak mereka sedari kecil. Berikut ulasannya:

1. Cintai apa yang kamu kerjakan

 

 

Anak-anak mencintai apa yang dikerjakannya (Shutterstock)

 

Kita menghabiskan sebagian besar waktu pada karier atau pekerjaan.  Oleh sebab itu, bakal sulit memberikan kinerja maksimal jika kita gak mencintai pekerjaan kita.

Jika kita belum bisa melakukan pekerjaan yang kita cintai, maka berlatihlah mencintai apa yang sedang kita kerjakan.

2. Kesuksesan diraih dengan kerja keras

 

Bekerja keras (Shutterstock)

Para orang kaya yang memulai usahanya dari nol tahu betul bahwa kekayaan yang mereka miliki gak datang cuma-cuma.

Butuh kerja keras dan pengorbanan buat meraihnya. Mulai dari mengurangi jam tidur hingga menghabiskan waktu buat belajar dan mengembangkan skill.

3. Jadilah kaya dengan menciptakan solusi

 

Mark Zuckerberg (Shutterstock)

 

Mark Zuckerberg berhasil bikin jutaan orang saling terkoneksi. Bikin teman lama bisa tetap menjalin komunikasi walau berada pada jarak yang berjauhan. Bahkan, mempertemukan seseorang dengan komunitas yang sesuai dengan minatnya.  

Sementara Jeff Bezos membantu banyak orang buat melakukan jual beli hingga lintas mancanegara.

Para orang kaya di dunia ini memperoleh harta dengan memberikan solusi yang berguna buat banyak orang.

4. Uang dapat menyelesaikan banyak masalah

 

Uang (Shutterstock)

 

Diakui atau gak, uang dapat menyelesaikan banyak masalah. Misalnya, saat sakit, dengan uang kita bisa menjalani perawatan terbaik. Saat gak punya banyak waktu buat membersihkan rumah, dengan uang kita bisa menggunakan jasa asisten rumah tangga, dan sebagainya.

Dengan memiliki mindset ala orang kaya ini, anak bakal terpicu buat mendapatkan uang biar terhindar dari berbagai masalah.

5. Bergaul dengan orang-orang sukses

 

Sukses bersama (Shutterstock)

Salah satu cara menjadi sukses adalah berada di sekitar orang-orang sukses. Dengan siapa kamu bergaul berperan besar pada kesuksesanmu.

Orang sukses umumnya adalah mereka yang punya kompetensi tinggi, pekerja keras, dan tahu caranya memanfaatkan peluang.

Bergaul dengan mereka bakal mempengaruhi cara pikir hingga perilakumu. Selain itu, bergaul dengan orang kaya dapat memperluas jaringan yang  bisa jadi berguna di masa depan.

6. “Kamu layak buat kaya”

 

Memotivasi layak untuk kaya (Shutterstock)

 

Orang kaya sadar bahwa keberhasilan bukan didapat dari keberuntungan, melainkan kerja keras. Oleh sebab itu, siapa pun bisa menjadi sukses dan kaya.

Punya kesadaran bahwa kita layak menjadi kaya, bikin kita berusaha secara maksimal.

Sebaliknya, jika menganggap kekayaan adalah buah keberuntungan, saat mengalami kegagalan pasti jadi mudah menyerah.

7. Gak perlu jenius buat jadi miliarder

Gak butuh IPK sempurna buat merintis bisnis raksasa. Mulai dari Steve Jobs, Bill Gates, hingga Michael Dell gak menyelesaikan pendidikannya hingga jenjang kuliah kok.

Buat mengikuti jejak para miliarder gak perlu jadi seorang jenius. Jadi, gak perlu memaksa anak buat jadi ahli matematika jika ternyata dia gak mampu dan terlebih gak pengin.

Gimana menurutmu? Setuju dengan tujuh cara orang kaya membesarkan anaknya ini?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →