Betah Hidup Sederhana, Para Miliarder Dapat 5 Keuntungan Ini

Mark Zuckerberg dan keluarga

Saat gak punya banyak uang, hidup sederhana mudah dilakukan. Pengeluaran dipantau dengan ketat agar sesuai anggaran. Bahkan, rutin membandingkan harga barang atau jasa biar dapat yang paling ramah di kantong. Tapi, saat punya banyak uang, hal tersebut gak semudah kelihatannya.

Ketika kita merasa “mampu” lebih sulit menahan banyaknya keinginan yang muncul. Lagipula, punya harta berlimpah buat apa hidup dihemat-hemat? Betul gak?

Eits, jangan salah! Faktanya banyak miliarder justru memilih hidup sederhana ketimbang hobi foya-foya. Kenapa? Berikut, alasannya:

Hidup sederhana bisa membuat bahagia

rumah sederhana
Beginilah ruang kerja Buffett, mungkin televisinya udah ganti kali ya bukan tv jadul (Tempo)

Bayangkan saat ini kamu telah membeli Lamborghini atau Maybach Exelero US$ 8 juta atau setara Rp 119 miliar.

Lalu pikirkan bagaimana kamu akan mengendarai, menjaga, serta merawat mobil merah tersebut. Tentu gak sedikit waktu, uang, hingga pikiran yang tercurahkan agar mobilmu selalu dalam keadaan optimal.

Ini yang dihindari Warren Buffet, pengusaha sekaligus investor dunia yang menjadi orang terkaya ke-3 di dunia. Menurut Buffet, daripada hidup terbebani tagihan biaya perawatan barang yang kita miliki, lebih baik menikmati hidup bersama keluarga dan teman-teman.

Tak semua barang mewah diperlukan, dan bisa bikin bahagia. Karena itu, pengusaha sekaligus investor dunia, Warren Buffet memilih membeli barang atau hal yang ia suka dibanding barang mewah keluaran brand dunia. Fokus pada hal sederhana justru bisa membuat hidup lebih bahagia.

Mengutip pernyataan Buffet, saat ini kita suka membeli barang yang tidak dibutuhkan, kelak kita harus menjual barang yang kita butuhkan.                                                               

Terbebas utang

Terbebas utang
Terbebas utang

Zaman sekarang, menggunakan fasilitas pinjaman mudah banget dilakukan. Tinggal download aplikasi, pilih nominal pinjaman, upload data diri, dan voila! Dana pinjaman cair seketika. Enak kan? Gak selalu enak! Justru bisa jadi godaan yang mengerikan.  

Mental dikit-dikit pinjam, apalagi buat kebutuhan konsumtif, bisa bikin rencana dan tujuan keuangan morat-marit. Nah, salah satu solusi terhindar dari godaan berutang adalah menjalani hidup sederhana.  

Membantu jadi orang berguna

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Nomadic Entrepreneurs (@meritdevelopmentgroup) on Jul 16, 2018 at 10:56am PDT

Founder CD Baby, Derek Sivers menyebutkan ada dua cara buat jadi kaya, pertama cari uang yang lebih banyak dan kedua turunkan harapan dan kebutuhanmu.  Semakin penuh pundi-pundi yang kita miliki, semakin banyak hal baik dan hal besar yang bisa dilakukan.

Ini yang diyakini aktor dunia, Leonardo Dicaprio. Sekalipun telah menjadi miliarder, ia memilih tak menjalani hidup mewah ataupun mengendarai pesawat pribadi seperti para selebriti tajir lain.

Ia ingin terus menumpuk kekayaannya agar dapat melakukan hal bermanfaat untuk orang lain, lingkungan, atau anak-anak yang membutuhkan.

Gaya hidup membanggakan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by shailene woodley (@shailenewoodley) on Sep 22, 2018 at 6:39am PDT

Hidup sederhana menjadi bukti kamu punya kemampuan mengendalikan diri, mengelola keuangan, serta karakter kuat yang gak mudah terbawa arus yang serba konsumtif.

So, kalau kamu merasa minder atau rendah diri, gaya hidup ini justru sudah sepatutnya bikin kamu bangga.

Aktris sekaligus aktivis Shailene Woodley bahkan dengan bangga mengaku sering membeli pakaian bekas atau hanya membeli setahun hingga dua tahun sekali.

Menghemat banyak energi dan waktu

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Mark Zuckerberg (@zuck) on Mar 3, 2018 at 8:32am PST

Dari bangun tidur hingga tidur kembali, ada banyak keputusan yang perlu kita ambil. Memilih pakaian, moda transportasi, menu makan siang, hingga sejumlah keputusan lain.

Hidup sederhana membuatmu memangkas banyak pilihan yang ada, sehingga tersisa yang benar-benar kamu butuhkan.

Coba berapa waktu yang kamu perlukan untuk memilih outfit ngantor tiap harinya? Zuckerberg pasti tak butuh waktu lama mengingat koleksi pakaiannya adalah kaos berwarna serupa.

Pangeran Rainier dari Monaco bahkan terbiasa membeli sejumlah kaos kaki dengan warna dan desain sama. Tujuannya, agar jika salah satu hilang, ia tetap bisa memasangkan dengan kaos kaki lainnya. Jadi, hemat energi dan waktu kan?

Gaya hidup sederhana bukan hanya dijalani demi bisa bertahan hingga akhir bulan. Tapi, gaya hidup yang harus dipilih karena bisa bikin lekas mapan dan bahagia.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →