Para Pengusaha, Bisa Pilih Kredit Multiguna dengan Bunga Rendah Ini

pilih kredit multiguna

Bila masih mengeluh susah buka atau mengembangkan usaha karena kendala dana, itu tandanya niat belum sepenuhnya ada. Namanya usaha, dana bisa didapat dari mana saja, termasuk kredit multiguna.

Kredit multiguna adalah layanan pinjaman yang mensyaratkan jaminan berupa aset. Misalnya berupa sertifikat tanah atau BPKB kendaraan.

Makin tinggi nilai aset, makin besar pula peluang mendapat kredit bernilai tinggi. Namun kudu dipastikan pula keabsahan aset yang dijaminkan. Jangan-jangan aset punya orang lain dijadikan jaminan. Bank jelas bakal nolak.

Buat yang mau merintis atau mengembangkan usaha, bisa menggunakan kredit multiguna yang memang fokusnya ke dunia usaha.

Layanan pinjaman ini umumnya lebih ramah buat pengusaha karena menerapkan bunga rendah.Tapi limitnya bisa sampai miliaran rupiah. Jadi, bermanfaat sekali bila sedang punya rencana besar mengembangkan usaha.

pilih kredit multiguna
Bisa pinjam dengan nominal tinggi tapi bunga ringan loh! (Meningkat / wix)

Kredit multiguna di sini berbeda dengan program kredit usaha rakyat (KUR) dari pemerintah. KUR punya limit kredit lebih terbatas, sampai Rp 500 juta.

Sedangkan kredit multiguna bisa lebih tinggi. KUR difokuskan pada pengusaha mikro, kecil, dan menengah sebagai bagian dari kewajiban pemerintah membantu rakyat dalam usaha.

Berikut ini kredit multiguna bunga rendah buat pengusaha:

1. Mandiri Kredit Multiguna Usaha

Fokus kredit multiguna dari Bank Mandiri ini adalah pedagang retail yang berada di area pasar, perkantoran, ruko, perumahan, atau pusat bisnis lainnya. Dana khusus digunakan untuk menambah modal kerja yang sudah berjalan.

Limit kredit: Rp 100 juta-Rp 5 miliar
Tenor: maksimal 10 tahun
Bunga: 9,95 persen per tahun (SDBK*)

Syarat untuk mendapat kredit ini antara lain dokumen pemohon, termasuk akta pendirian usaha. Juga bukti legalitas usaha, misalnya NPWP dan SIUP.

*SDBK adalah suku bunga dasar kredit yang jadi acuan penentuan bunga bank. Risiko yang ditanggung bank belum diperhitungkan. Jadi, bisa saja suku bunga lebih tinggi, tergantung penilaian analis bank terhadap pemohon kredit.

2. Kredit Ruko BTN

Kredit multiguna dari BTN ini dikhususkan untuk membiayai pembelian ruko buat usaha. Jadi, jaminan yang diberikan adalah properti berupa ruko tersebut.

pilih kredit multiguna
Kalau punya ruko harus tahu gimana cara maksimalinnya ya (Ruko / salesrumah)

Limit kredit: maksimal 60 persen dari nilai ruko
Tenor: maksimal 15 tahun
Bunga: 12,75 persen per tahun

Syarat kredit ruko BTN antara lain NPWP pribadi untuk nilai kredit lebih besar dari Rp 100 juta. Bila kurang dari Rp 50 juta-Rp 100 juta, diperlukan SPT Pasal 21 Form A1.

3. BNI Syariah Usaha Kecil

Buat yang mau cari pinjaman dari bank syariah, bisa coba BNI Syariah Usaha Kecil. Dana ini bisa dijadikan modal kerja ataupun investasi.

Limit kredit: maksimal Rp 10 miliar
Tenor: maksimal 7 tahun
Bunga: 8,95 persen per tahun

Dana ini dapat diberikan dengan menggunakan prinsip mudharabah/musyarakah lewat angsuran atau total pada akhir tempo. Laporan keuangan usaha diperlukan sebagai syarat pinjaman.

4. Danamon Multiguna

Kredit multiguna dari danamon ini khusus meminta jaminan berupa aset properti. Dananya bisa digunakan buat apa saja, termasuk mengembangkan usaha.

pilih kredit multiguna
Ternyata bisa gunain rumah ebagai agunan loh! (Rumah / blog)

Limit kredit: Rp 50 juta-Rp 2,5 miliar (maksimum 70 persen dari nilai aset)
Tenor: maksimal 10 tahun
Bunga: 11,25 persen per tahun

Syarat utama kredit ini adalah sertifikat sah properti. Dokumen usaha tak diperlukan.

5. Standard Chartered Equity Loan

Kredit multiguna dari Bank Standard Chartered ini dinamai equity loan. Sama dengan Danamon, kita bebas menggunakan dana yang cair untuk membuka usaha.

Limit kredit: Rp 500 juta-Rp 8 miliar
Tenor: maksimal 25 tahun
Bunga:- 8,75% efektif suku bunga tetap/fixed untuk 3 tahun pertama, selanjutnya fluktuasi/floating
           – 9,75% efektif suku bunga tetap/fixed untuk 5 tahun pertama, selanjutnya fluktuasi/floating

Tak ada syarat dokumen usaha, hanya aset yang perlu dijaminkan. Kita bisa mengakses pinjaman ini via online, tak perlu datang langsung ke kantor bank.

Itulah 5 dari sejumlah kredit multiguna dengan bunga ringan yang bisa dimanfaatkan buat usaha. Ingat, kredit ini hanya buat yang ingin mencari plafon tinggi, lebih tinggi ketimbang KUR.

Jika dana yang dibutuhkan masih terjangkau KUR, mending pakai KUR saja. Sebab, sudah pasti bunganya lebih rendah dari kredit biasa karena ada subsidi dari pemerintah.

Untuk mencari kredit multiguna yang paling tepat, kamu bisa cek di situs komparasi keuangan. Cari yang plafonnya sesuai kebutuhan dan bunganya paling pas di kantong.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Ngajuin Kredit untuk Usaha? Siap-Siap Ditolak Ya Kalau Belum Paham Pembagian Kelas-Kelasnya Ini!]

[Baca: 6 Keuntungan Pengajuan Kredit Multiguna dengan Jaminan Surat Kendaraan]

[Baca: Cicipi Kredit Usaha Rakyat, Hidup Sejahtera pun Terbuka Lebar]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →