Pas Hari Natal, Tonton 5 Film yang Ngasih Pelajaran Keuangan Ini

hari natal

Inspirasi tentang mengelola keuangan gak hanya bisa kita dapatkan lewat kata-kata motivator, pakar, atau seminar. Tanpa disadari, hal itu pun bisa kita dapat dari film-film di Hari Natal lho.

Pasti familiar dong sama film-film yang langganan diputar di televisi saat hari suci umat Kristiani ini? Biasanya sih emang film-film lawas ya.

Pasti seru banget deh kalau ditonton bareng keluarga. Semua film ini tergolong ramah anak, so, selain bisa dapat pelajaran keuangan yang berharga, ini bisa jadi aktivitas seru menghabiskan waktu bersama anak.

Berikut ini beberapa pelajaran keuangan yang bisa kamu petik dari film-film Natal:

1. Home Alone

hari natal
Home Alone (Buzzfeed)

Pelajaran keuangan yang bisa kamu dapat dari film ini adalah harus bijak dalam urusan liburan keluarga. Dan tentunya, jangan sampai ninggalin anak sendirian di rumah!

Dalam film ini, diceritakan bahwa ayah Kevin McAllister ngajak 15 anggota keluarganya jalan-jalan untuk liburan Hari Natal ke Paris. Dan empat dari 15 orang itu tiketnya first class lho. Bayangin aja, berapa harga tiket dari Chicago ke Paris?

Keluarga McAllister juga digambarkan gak kaya-kaya amat lho. Apa gak mendingan duitnya ditabung dan diinvestasiin aja ya?

Pelajaran kedua soal meninggalkan anak sendirian di rumah, kamu pasti sudah tahu akibatnya. Untung saja Kevin McAllister cerdik bisa menghadapi dua rampok, coba kalau gak bisa. Berapa kerugian yang harus mereka tanggung akibat perampokan?

2. Home Alone 2: Lost in New York

hari natal
Home Alone 2 (Buzzfeed)

Kalau di Home Alone 2, pelajaran keuangannya adalah jangan sampai kartu kreditmu berpindah tangan. Nanti jika tagihannya bengkak, kamu bisa merana.

Dalam film ini, Kevin yang kesasar ke New York ternyata memegang kartu kredit ayahnya. Dia pun menginap semalam di Plaza Hotel yang notabene adalah hotel mewah. Kamar yang dipesan adalah Royal Suite, yang biasanya dipakai oleh tamu-tamu VIP.

Saat akhirnya Kevin bertemu keluarganya, kakaknya Buzz langsung kaget. Karena tagihan kredit ayah Kevin bengkak. Ya itulah akibatnya kalau kartu kreditmu jatuh ke tangan yang salah. Apalagi kalau kamu punya anak kayak si Kevin. Pinter sih tapi nekat juga dalam ngerjain orang.

[Baca: Teman Pengin Nebeng Utang Kartu Kredit, Jangan Mau Kalau Dia Belum…]

3. Elf

hari natal
Elf (Draft House)

Film ini menceritakan bahwa sesibuk apapun kita dalam mengejar rezeki, keluarga tetap yang utama. Karier itu penting buat masa depan, tapi tanpa dukungan penuh dari keluarga maka hidupmu bakal hampa.

Elf menceritakan tentang bagaimana seorang anak gak diterima dan diakui oleh ayahnya yang workaholic. Tapi akhirnya, sang ayah pun sadar karena kebahagiaan yang sesungguhnya hanya ada di keluarga itu sendiri.

[Baca: Udah Berkeluarga dan Mau Pindah Kerja, Prioritaskan Kantor yang Punya 7 Benefit Ini]

4. Jingles All the Way

hari natal
Jingles All The Way (Stereogum)

Film Natal terbaik ini mengingatkan kita akan pentingnya sebuah perencanaan, terutama dalam membeli sesuatu. Jika kita menganggap remeh hal ini, kita bakal kehilangan kesempatan.

Howard Langston (Arnold Schwarzenegger) berjuang dengan gigih untuk mendapat kado Hari Natal berupa mainan action figure untuk putranya. Tapi, sayangnya mainan itu terlampau laris hingga dia jadi langka di pasaran.

[Baca: Hobi Koleksi Action Figure itu Menguntungkan Gak Sih?]

Langston pun mengalami perseteruan dengan orang lain dalam memperebutkan action figure tersebut. Dan perseteruannya gak nanggung-nanggung, sampai bikin heboh masyarakat.

Makanya, kalau mau beli kado Natal, penting banget buat siapin dana dan pesan produknya jauh-jauh hari. Yang mau beli kado Natal ada jutaan orang bung!

5. National Lampoon’s Christmas Vacation

hari natal
National Lampoon’s Christmas Vacation (Rolling Stone)

Film yang ini erat kaitannya dengan urusan mengelola uang tunjangan hari raya alias THR. Intinya sih, walaupun kita bakal dapat THR, kita gak boleh gelap mata dalam pengeluaran.

Clark Griswold ingin membuat perayaan Hari Natal yang paling spesial buat keluarganya. Tapi niat baik ini malah berakhir dengan merugikan, karena Clark lebay.

Karena kepedean bakal mendapat THR Natal, dia jadi gak perhitungan. Dia memasang 25 ribu lampu hias untuk rumahnya, hingga nekat membangun kolam renang di halaman belakang dengan bujet yang gak sedikit.

Tapi pada kenyataannya, perusahaan tempat dia bekerja gak memberinya THR. Alhasil, beban keuangan yang dia tanggung luar biasa berat.

Itulah tadi lima film Natal terbaik dengan pelajaran keuangan yang berharga. Pastinya, bila ada acara kumpul-kumpul keluarga di rumahmu saat Hari Natal nanti, jangan lupa setel salah satu film ini ya!

 

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →