Pastikan Kita Tidak Rugi Saat Kredit Barang Elektronik tanpa Kartu Kredit

kredit barang elektronik tanpa kartu kredit thumbnail

Semakin majunya zaman mempermudah transaksi pembelian suatu barang. Tapi semakin mudahnya transaksi tak lantas menjamin  keamanan pembayaran. Sebab, ada saja celah yang bisa dimanfaatkan pencoleng untuk berbuat jahat.

Misalnya pembelian handphone lewat fasilitas cicilan tanpa kartu kredit. Metode pembayaran ini sangat menarik karena kita ga perlu punya kartu kredit buat mencicil suatu barang yang kita inginkan.

Soalnya, biasanya hanya mereka yang punya kartu kredit yang dapat fasilitas ini. Padahal, bisa saja kita baru mulai melirik kartu kredit lantaran mobil sudah lunas dicicil.

Di balik keuntungan yang kita dapatkan dengan mencicil barang tersebut, ada sejumlah hal yang harus kita perhatikan sebelum memutuskan membelinya. Berikut ini tips untuk memastikan keamanan kredit barang elektronik tanpa kartu kredit:

1. Bandingkan

Saat ini ada banyak toko yang menawarkan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit. Sebab, mereka ingin menjangkau konsumen yang lebih luas, bukan hanya pengguna kartu kredit.

Karena itu, kita punya lebih banyak pilihan untuk menentukan mana toko yang akan kita tuju untuk membeli elektronik yang diinginkan. Hal-hal yang perlu dibandingkan antara satu toko dan toko lain:

  • Harga dan garansi barang
  • Periode cicilan (per bulan/per minggu)
  • Biaya tambahan (administrasi)
  • Syarat cicilan

Kita bisa membandingkan fasilitas yang diberikan lewat situs toko-toko tersebut. Tapi, agar lebih jelas, kita bisa langsung mendatangi toko atau minimal menelepon toko itu.

 

Beragam program cicilan barang elektronik tanpa kartu kredit memang banyak, tapi jangan sampai bikin kita merugi
Beragam program cicilan barang elektronik tanpa kartu kredit memang banyak, tapi jangan sampai bikin kita merugi

2. Pastikan riwayat

Setelah mendapatkan toko yang sesuai dengan kebutuhan, selidiki riwayat toko tersebut. Kita bisa mencari informasi di Internet tentang pengalaman orang lain berbelanja di toko tersebut. Ingat bahwa meski suatu toko menampilkan sejumlah testimoni konsumennya di website, kita tak boleh langsung percaya.

Sebab, ada juga toko yang menampilkan testimoni palsu atau menulis sendiri testimoninya agar orang lain yang membacanya percaya lalu memutuskan membeli di sana. Biasanya, testimoni palsu ini bersifat memuji-muji dan ditulis sangat pendek.

Jika perlu, kita bisa bikin thread di forum Internet yang ramai, seperti Kaskus, untuk menanyakan apakah ada orang yang pernah belanja di toko itu. Bisa juga kita nulis status di Facebook soal hal yang sama.

3. Lihat detail biaya

Ketika membeli suatu barang lewat skema kredit, ada biaya tambahan yang akan dikenakan kepada kita. Biaya ini biasanya disebut biaya administrasi.

Agar kita tidak merasa tertipu, pastikan dulu jumlah biaya administrasi ini. Selain itu, tanyakan soal bunga dan denda keterlambatan cicilan. Dengan begitu, kita bisa menghitung detail total biaya yang akan kita keluarkan sampai cicilan lunas.

4. Baca perjanjian

Banya orang sering melewatkan bagian ini. Perjanjian kredit harus dibaca dengan saksama dan ditaati oleh kedua belah pihak.

Kita sebagai konsumen berhak menanyakan hal-hal yang kurang jelas dalam perjanjian yang diatur oleh pihak produsen. Misalnya apakah produsen akan mengerahkan debt collector ketika cicilan seret. Soalnya di lapangan kerap terjadi kekerasan oleh debt collector terhadap konsumen yang telat membayar cicilan walau hanya sebulan.

[Baca: Solusi Stress Terlilit Utang]

 

Salah satu program cicilan gadget tanpa syarat kartu kredit
Salah satu contoh program cicilan gadget tanpa syarat kartu kredit

 

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kepastian garansi produk. Sebab, barang elektronik harus mendapat garansi resmi. Tanyakan juga soal siapa yang akan mengurus garansi jika barang rusak, apakah kita atau toko akan membantu pengurusan.

[Baca: Usir Was-Was dengan Asuransi Gadget]

Pada prinsipnya, fasilitas cicilan tanpa kartu kredit memudahkan konsumen dalam memiliki barang yang dikehendaki walau duit belum mencukupi. Tapi kita wajib berhati-hati ketika menggunakan fasilitas ini sebab berhubungan dengan kondisi keuangan.

Jika kita mudah tergiur oleh kemudahan fasilitas ini tanpa berpikir panjang, bisa-bisa kita merugi karena memilih toko yang menjual barang lebih mahal daripada toko lain. Apalagi kalau ternyata barang yang dijual tidak dilindungi garansi. Bisa-bisa kita rugi berlipat-lipat.

Image credit:

  • https://pbs.twimg.com/media/BnFUpO7CAAAsTXe.jpg
  • http://cariyuk.com/uploads/promo/5814.jpg
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →