Paypal di Indonesia: Kenali Pengertian dan Manfaatnya

penjelasan dan daftar paypal indonesia

Popularitas PayPal di Indonesia kian meningkat sebagaimana makin banyak toko online dan pekerjaan yang sistem pembayarannya ditransfer ke rekening virtual ini. 

Sederhananya, PayPal adalah dompet digital atau e-wallet yang sistem kerjanya menyerupai rekening bank lokal. Namun perbedaannya, jenis rekening virtual ini dapat digunakan untuk bertransaksi dengan sesama pemilik akun di negara mana saja. 

Saat ini, PayPal menjadi alat pembayaran virtual yang paling banyak digunakan oleh pemasaran online saat ini karena prosesnya yang cepat dan aman. 

Namun, sayangnya jenis rekening ini hanya menerima saldo dalam bentuk dolar saja. Jadi, Anda perlu melakukan konversi rupiah ke dalam mata uang dolar terlebih dahulu. Agar lebih jelas, simak informasi seputar PayPal berikut, yuk.

Jenis-Jenis Akun PayPal Indonesia

cara daftar paypal mudah

Selain pembayaran belanja online, kebanyakan pekerja lepas atau freelancer di Indonesia turut memanfaatkan akun PayPal untuk membayar atau menerima pembayaran dalam negeri maupun luar negeri. 

Namun dalam hal ini tidak semua jenis akun bisa melakukannya sebagaimana masing-masing memiliki fitur dengan manfaat yang berbeda-beda, di antaranya:

1. Akun personal

Akun personal merupakan jenis layanan standar yang paling banyak digunakan oleh pengguna PayPal. Di akun ini Anda dapat mengisi saldo dan menggunakannya untuk berbelanja online atau mengirim uang kepada sesama pengguna akun PayPal. 

2. Akun premier

Akun premier cocok untuk Anda yang menjual barang atau jasa secara online. Jenis akun ini dapat digunakan untuk bertransaksi dengan nominal uang yang cukup besar. Selain itu, pemilik akun premier juga dapat melakukan mass payment atau pembayaran ke banyak orang secara sekaligus. 

3. Akun bisnis

Akun bisnis diperuntukkan khusus Anda yang beroperasi di bawah perusahaan atau organisasi. Jenis akun ini menawarkan fitur tambahan yang dapat memberi akses kepada 200 karyawan. 

Keuntungan Menggunakan PayPal

paypal indonesia transaksi luar negeri

Selain dapat digunakan untuk transaksi ke luar negeri, ada banyak keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan ketika memiliki akun PayPal Indonesia, seperti:

1. Lebih aman

PayPal memiliki sistem check and balances yang berfungsi mengurangi risiko terjadinya kesalahan dan kecurangan ketika melakukan transaksi. Bahkan, PayPal tidak ragu untuk melakukan pembekuan akun yang diduga melakukan penipuan.

2. Cepat dan mudah

PayPal merupakan rekening virtual yang dapat diakses di mana dan kapan saja. Untuk menggunakannya, Anda harus mendaftar secara online di situs resmi PayPal Indonesia. Perlu diingat bahwa registrasi PayPal membutuhkan verifikasi kartu kredit, ya. 

Setelah registrasi selesai, akun PayPal Anda dapat langsung digunakan untuk bertransaksi online.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

3. Uang dapat kembali

Ketika Anda telah melakukan pembayaran melalui akun PayPal, namun barang yang dibeli tidak dikirim, maka Anda dapat meminta pengembalian dana dalam waktu 180 hari sejak pembayaran. Langkah pengajuan pengembalian dana di PayPal seperti berikut ini. 

  • Masuk ke akun PayPal Anda. 
  • Klik kolom Aktivitas. 
  • Pilih transaksi yang ingin dikembalikan dananya, lalu klik Kembalikan Dana Pembayaran Ini.
  • Masukkan jumlah yang ingin dikembalikan, lalu klik Lanjutkan.

4. Dapat melakukan transaksi ke bank lokal 

Tidak hanya dapat digunakan untuk melakukan transaksi internasional, PayPal memiliki fitur transfer dana ke bank lokal juga. Namun untuk dapat menggunakan transaksi yang disebut dengan withdraw PayPal ini, Anda harus mendapatkan verifikasi resmi dari PayPal terlebih dahulu. 

Kekurangan Menggunakan PayPal

cara daftar paypal kartu kredit

Meski tergolong sebagai pembayaran virtual yang paling aman dan tepercaya, PayPal juga memiliki sisi kekurangan, seperti:

1. Pendaftaran menggunakan kartu kredit 

Pada proses pengajuan akun PayPal, Anda diharuskan memiliki kartu kredit sebagai prasyarat verifikasi awal. Kartu kredit tersebut nantinya akan digunakan sebagai sumber transaksi pembelian dan pengiriman dana.

2. Proses withdraw memakan waktu lama

Proses withdraw atau pengembalian dana di PayPal memakan waktu selama 2-5 hari kerja. Jadi, jika Anda mengajukan withdraw  di hari Jumat, maka dana Anda baru akan cair di antara hari Senin hingga Kamis. 

Demikian penjelasan sederhana soal manfaat seputar transaksi online melalui akun PayPal Indonesia. Satu lagi nih, memiliki akun PayPal ibaratnya memiliki rekening bank pribadi konvensional karena terdapat uang di dalamnya. Maka dari itu supaya aman, rahasiakan password akun Anda dari orang lain, ya

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →