Cara Daftar PayPal Tanpa Kartu Kredit, Bisa Pakai Kartu Debit

paypal tanpa kartu kredit

Ingin bikin akun PayPal, tapi nggak punya kartu kredit? Tenang, sekaran ada cara daftar PayPal tanpa kartu kredit yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Hampir semua toko online di seluruh dunia mengandalkan PayPal sebagai alat bayar selain kartu kredit. Karena itu, buat kamu yang sering melakukan transaksi online, lebih baik punya akun PayPal.

Selain bikin transaksi gak ribet, PayPal juga aman untuk bertransaksi di jagat maya, dalam negeri maupun luar negeri. 

Aplikasi PayPal gak hanya sekadar alat bayar, tapi juga berfungsi sebagai rekening online, di mana kamu bisa menambah saldo, menarik uang dan menerima transfer uang dari seluruh dunia dengan mudah.

Cara daftar PayPal tanpa kartu kredit

Tertarik dan mau tahu cara daftar gratis PayPal tanpa kartu kredit? Simak yuk langkah-langkah cara buat akun PayPal tanpa kartu kredit berikut ini.

1. Masuk ke situs PayPal.com 

PayPal Tanpa Kartu Kredit

Situs resmi dari PayPal ini juga sudah menggunakan bahasa Indonesia kok, jadi kamu gak usah khawatir kebingungan. Begitu masuk ke situs ini langsung klik panel ‘daftar’ yang ada di bagian tengah bawah halaman. 

2. Memilih jenis rekening PayPal sesuai kebutuhan

paypal tanpa kartu kredit

Setelah klik ‘daftar’ kamu akan diberikan pilihan untuk menentukan jenis rekening yang kamu mau. Apakah untuk rekening pribadi atau rekening bisnis. 

Kalau kamu hanya menggunakan PayPal Indonesia untuk keperluan belanja online, sebaiknya kamu memilih rekening pribadi. Sedangkan rekening bisnis digunakan untuk transaksi keuangan yang mengatasnamakan perusahaan.

3. Masukkan nomor teleponmu

paypal tanpa kartu kredit

Pastikan kamu masukkan nomor teleponmu yang aktif. Sebab, PayPal akan langsung mengirimkan kode verifikasi berupa enam digit angka ke nomor ponselnya melalui SMS. 

Masukkan keenam angka tersebut ke dalam enam kotak yang muncul di layar website, lalu klik opsi “Berikutnya”.

4. Pilih preferensi statusmu sebagai pengguna akun PayPal

paypal tanpa kartu kredit

Ada empat pilihan preferensi status pengguna di bagian ini. Kamu bisa pilih pembeli online kalau tujuanmu memiliki rekening PayPal hanyalah untuk transaksi belanja online

Kalau kamu merasa kelak kamu juga bakal jadi penjual online atau menjual jasamu sebagai freelancer online, kamu bisa pilih opsi “Kedua hal di atas”.

5. Mengisi biodata pribadi

paypal tanpa kartu kredit

Langkah ini kadang menjemukan karena ada beberapa data pribadi yang harus kamu isi dan kemungkinan kamu sudah sering mengisi form seperti ini. Namun kalau kamu gak hati-hati, informasi yang kamu masukkan bisa salah.

6. Biodata lebih lengkap

paypal tanpa kartu kredit

Di langkah ini kamu harus mengisi data yang lengkap tentang diri kamu, seperti alamat lengkap, termasuk kode pos, nomor identitas (bisa pilih nomor KTP, SIM, atau Paspor) hingga tanggal lahir. 

Karena begitu banyak angka yang harus kamu masukkan, pastikan kamu memasukkan dengan benar, ya. Cek ulang data yang sudah kamu masukkan sebelum lanjut ke tahap berikutnya.

7. Mengisi nomor kartu kredit dengan VCC (virtual credit card)

daftar paypal tanpa kartu kredit

Tadaaa, rekening PayPal kamu sudah jadi! Pada bagian ini sebetulnya kamu diminta untuk mengisi nomor kartu kredit, namun kalau kamu gak punya kartu kredit gak usah sedih. 

Kamu bisa mengisi kolom kartu kredit dan nomornya dengan nomor VCC alias virtual credit card (kartu kredit virtual).

Bagaimana cara untuk mendapatkan nomor VCC itu? Nah saat ini sudah banyak kok jasa yang menawarkan layanan kartu kredit virtual untuk membuat nomor VCC akun PayPal dengan harga terjangkau.

Untungnya, sekarang kamu bakal makin dimudahkan. Sebab, PayPal kini juga menyediakan opsi kartu debit, buat kamu yang gak punya kartu kredit.

Cara pakai kartu debit untuk PayPal

PayPal memberi pilihan lebih luas buat yang ingin akunnya verified tapi gak punya kartu kredit. Solusinya, kamu bisa menggunakan kartu debit yang dikeluarkan oleh bank.

Tapi, ada ketentuan dari PayPal bahwa hanya kartu debit yang berlogo MasterCard, VISA, dan American Express saja yang bisa digunakan untuk transaksi di PayPal. 

Coba cek kartu debit yang dikeluarkan oleh bank kamu dan adakah logo-logo brand tersebut di situ. Beberapa kartu debit yang diterima PayPal antara lain:

  • Kartu Debit Visa Bank Jenius BTPN
  • Kartu Debit Visa atau Mastercard dari Citibank
  • Kartu Debit Visa Bank Permata
  • Kartu debit Mastercard CIMB Niaga
  • Kartu Debit Visa Bank BNI
  • Kartu Debit Visa Bank BNI Syariah
  • Kartu Debit BCA Mastercard
  • Kartu Debit Visa Digibank Bank DBS

Simulasi cara buat PayPal pakai BCA

Kita akan mengambil contoh kartu debit BCA MasterCard untuk verifikasi rekening PayPal. Simak cara buat PayPal dengan kartu debit BCA MasterCard di sini.

1. Registrasi Mobile BCA

Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi BCA Mobile di smartphone dan sudah melakukan registrasi. Kamu bisa ke cabang bank BCA terdekat untuk minta bantuan customer service untuk registrasi.

2. Aktifkan fitur “Transaksi Debit Online”

Setelah memastikan kartu debit BCA kamu berlogo MasterCard, buka BCA Mobile, lalu klik “Akun saya”. Kemudian, pilih “Kontrol” lalu slide tombol untuk mengaktifkan “Transaksi Debit Online”.

3. Masukkan nomor ponsel untuk menerima kode OTP

Masukkan nomor ponselmu agar BCA bisa mengirim kode OTP. Setelah proses selesai, kamu sudah bisa memasukkan kartu debitmu untuk memverifikasi akun PayPal yang tadi sudah jadi.

Selesai dengan semua langkah di atas, kamu sekarang sudah punya akun Paypal dan bisa belanja online dengan leluasa untuk barang-barang yang jarang dijual di Indonesia. 

Kamu juga bisa menerima transfer uang dengan gampang kalau kamu seorang freelancer dengan klien global yang ada di luar negeri.

Sejarah perusahaan PayPal

Penting buat kamu untuk tahu apakah alat pembayaran ini cukup tepercaya sebelum memutuskan untuk membuat PayPal tanpa kartu kredit. 

Sebab, nantinya kamu akan menggunakan PayPal dan menarik uang dari PayPal jika sudah aktif bertransaksi. Untuk mulai mengenal dompet elektronik yang satu ini, kita akan mulai dari sosok bergelar “Technoking” ini. 

Kamu pasti tahu dong Elon Musk yang terkenal dengan mobil listrik Tesla dan roket SpaceX-nya? Sejarah berdirinya, PayPal juga gak lepas dari sentuhan Elon Musk.

Tahun 2000, PayPal dibentuk dengan joint venture antara perusahaan bernama Confinity besutan Peter Thiel dan X.com yang dimotori Elon Musk. 

Bergabungnya dua perusahaan ini menjadikan PayPal sebagai alat bayar digital yang semakin banyak menarik minat publik.

Karena maju dengan pesat, tahun 2002 eBay mengakuisisi bisnis ini senilai US$1,5 miliar dan sejak itu eBay dengan PayPal sebagai alat pembayarannya berhasil menggeser banyak pesaing di dunia eCommerce

Namun pada 2014 lalu, eBay melepas PayPal dan menjadikannya sebuah perusahaan tersendiri. 

Keuntungan punya akun PayPal

Kalau kamu memang aktif bertransaksi secara online, maupun mencari uang secara online, berarti punya akun PayPal sifatnya wajib banget. 

Dengan daftar PayPal tanpa kartu kredit, kamu bisa dapat banyak keuntungan. Contohnya seperti keuntungan-keuntungan berikut ini.

1. Terima dolar di Indonesia

Kemudahan yang paling dinikmati para pengguna PayPal di Indonesia adalah bisa menarik mata uang dolar ke nomor rekening bank di Indonesia dengan mudah. 

Misalnya kamu menerima fee sebuah freelance job dari klien kamu di luar negeri dan dibayar dengan mata uang dolar. 

Maka, klien kamu cukup membayarnya ke akun PayPal kamu dan kamu bisa menariknya dengan mata uang rupiah ke rekening bank kamu di Indonesia. Enak, kan!

2. Diakui dunia

Tahu nggak? PayPal ini sudah ada di 190 negara di dunia dan melayani 17 mata uang asing. Ini berarti PayPal memang sudah diakui dunia sebagai platform pembayaran digital yang terpercaya.

3. Transaksi online paling aman

Tahun 2013, PayPal pernah dinobatkan sebagai alat transaksi digital paling aman sedunia. Karena itu, PayPal pun sekarang sudah bisa diakses dengan mudah di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Tahu sendiri kan kalau alat pembayaran digital adalah sasaran empuk buat para hacker yang mengincar uang di dunia maya. Tapi, tidak perlu khawatir, karena PayPal sudah terbukti keamanannya.

4. Gratis

Bikin akun PayPal ini gratis lho, sama seperti kalau kamu bikin akun Facebook atau Instagram. Bahkan di rekening kamu gak ada batas minimal saldo jadi saldonya kosong pun gak masalah.

Proteksi keuangan dengan asuransi

Kalau kamu sudah punya banyak sumber pemasukan dan tabungan, jangan lupa untuk pertimbangkan juga asuransi. Karena, asuransi bisa memberikan perlindungan terhadap keuanganmu. 

Percuma saja kalau kamu punya banyak pemasukan, tapi tidak ada persiapan keuangan untuk situasi mendesak. Misalnya saat terjadi kerusakan pada kendaraan atau saat butuh dana kesehatan yang besar.

Itulah mengapa, sebaiknya miliki asuransi sejak dini, baik itu asuransi jiwa, asuransi kesehatan, ataupun asuransi kendaraan. Lantas, kalau masih muda, apakah memang perlu punya asuransi jiwa? Simak jawabannya di video berikut, ya. 

FAQ seputar cara membuat PayPal tanpa kartu kredit