Pecinta Kucing, Mau Bikin Rumah Kucing Sendiri? Begini Caranya

Pecinta-Kucing-Nih-Tips-Hemat-Bikin

Seorang pecinta hewan, Peter Cohen pernah habiskan waktu 20 tahun demi ciptakan rumah kucing yang menakjubkan.

Ia merelakan rumahnya sendiri sebagai tempat penampungan puluhan kucing. Tapi, gak cuma dijadikan rumah kucing, rumahnya disulap bagai taman bermain yang menyenangkan buat para kucing yang ia selamatkan.

Bagi Cohen, ada rasa menggembirakan saat kucing mulai mempercayai pemiliknya. Para pecinta kucing pasti tahu deh rasanya. Ia pun pernah bermimpi menyediakan tempat yang indah dan nyaman bagi kucing-kucing yang terabaikan.

Gak tanggung-tanggung, Cohen habiskan 20 tahun dan sekitar Rp 579 juta untuk menciptakan terowongan dan sarana bermain kucing lainnya. Pasti penasaran dong kayak gimana penampakannya?

 

rumah kucing
(Image: zenbycat)

 

 

rumah kucing
(Image: zenbycat)
rumah kucing
(Image: zenbycat)

Gemas banget gak sih?

Nah, buat kamu yang memelihara kucing atau baru tertarik memelihara, pasti pengin juga dong menyediakan tempat yang bikin kucing betah?

Sayangnya, harga kandang kucing yang dijual di pasaran cukup menguras kantong. Untuk ukuran sedang hingga besar, bisa mencapai jutaan rupiah lho.

Jika mau berhemat, kamu bisa kok bikin kandang atau rumah kucing sendiri. Gini caranya.

Tips membuat rumah kucing

1. Menentukan lokasi kandang

Sudah tahu mau ditempatkan di mana kandang kucingnya? Jika memiliki pekarangan cukup luas, peletakan kandang di luar rumah bisa jadi pilihan bijak. Rumah jadi relatif lebih bersih dan bebas bau. Meski begitu, kandang kucing yang diletakkan di luar bakal lebih sulit diawasi.

2. Tentukan material kandang

Sebelumnya, kenalan dulu nih sama jenis-jenis material kandang kucing. Tiap jenis punya kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Misalnya, material alumunium yang dianggap sebagai bahan terbaik karena ringan dan anti-karat, tapi sayang mahal harganya.

Kandang kayu harganya lumayan terjangkau tapi mudah berjamur dan lapuk. Apalagi jika gak cermat membersihkan, sisa-sisa makanan atau kotoran yang menempel di kandang malah bisa menjadi jamur dan menginfeksi kucing.

Ada juga kandang besi. Umumnya, material ini yang digunakan karena lebih kuat dan harga terjangkau. Tapi, jika gak rajin membersihkan, kandang bermaterial ini sangat rawan karat. Apalagi jika cat yang digunakan gak berkualitas baik.

Terakhir ada material pipa. Material ini punya daya tahan yang lumayan bagus dan harga yang murah. Nah, tentukan dulu pilihanmu sesuai dengan bujet dan kebutuhan ya.

3. Buatlah pintu masuk-keluar

Kalau yang ini udah gak perlu ditanya lagi fungsinya. Pintu ini selain dapat memudahkan kucing masuk dan keluar, juga memudahkan kamu saat ingin memberi makan. Idealnya, kamu bisa membuat pintu berukuran sekitar 15 x 15 cm.

4. Kandang dengan atap yang bisa dilepas

Biar kandang mudah dibersihkan, buatlah kandang dengan atap yang mudah dibongkar-pasang. Dengan model ini, kamu juga bisa memeriksa kondisi kucing dengan lebih mudah.

5. Buat kandang sedikit tinggi

Terutama buat kandang di luar rumah nih. Buatlah kandang dengan ukuran sedikit lebih tinggi. Hal ini untuk menghindari risiko kandang tergenang air hujan. Tapi pastikan masih mudah dijangkau oleh kucing. Atau kamu juga bisa meletakkan pijakan di depan pintu untuk memudahkan kucing masuk kandang.

Contoh membuat kandang kucing dari pipa

Dilansir dari hewandanternak (dengan penyesuaian harga) berikut ini contoh cara membuat kandang kucing menggunakan material pipa. Untuk membuatnya,siapkanlah bahan-bahan ini:

Cara membuatnya:

rumah kucing
(Image: hewandanternak)
  1. Potong pipa ke dalam ukuran 50 cm dan 20 cm.
  2. Buat kerangka kandang dengan menyambungkan potongan pipa dan fitting pipa T dan L.
  3. Buat engsel pintu dengan menggunakan fitting pipa T dan sisipkan potongan pipa sebagai tempat merekatnya engsel.
  4. Ikat pipa, papan triplek, serta jaring.
  5. Sediakan tempat kucing menggunakan alas yang lembut seperti kain bekas atau selimut.

Nih hasil akhirnya:

rumah kucing
(Image: hewandanternak)

Sebagai catatan, tipe kandang ini gak bisa diletakkan di luar rumah karena tidak ada penyangga kandang.

Masih jauh sih dari kreasi Peter Cohen, tapi dengan bujet segitu udah lumayan banget nih. Kalau lihat di pasaran, kandang dengan ukuran segini harganya bisa di atas Rp 500 ribu bahkan sampai jutaan.

Gimana? Tertarik bikin kandang kucing sendiri gak?

Kalau kamu punya desain yang oke, bujet terbatas, tapi masih gak yakin buat bikin sendiri, kamu juga bisa gunakan jasa tukang bangunan untuk membuat rumah kucing sesuai dengan desain yang kamu mau. Selamat mencoba!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →