Pegadaian Digital Memberi Solusi Lewat Gadai Emas, Ini Caranya!

manfaat pegadaian digital

Pegadaian Digital Service (PDS) adalah layanan dari PT Pegadaian (Persero) untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam bertransaksi gadai secara lebih cepat dan praktis.

PDS diluncurkan kepada publik agar masyarakat bisa langsung melakukan gadai secara online atau bisa dilakukan lewat gadget. Namun, barang yang akan digadaikan tetap harus melalui proses taksir secara langsung oleh pihak Pegadaian. Jadi pemilik barang tetap harus datang ke kantor cabang Pegadaian.

Gak cuma gadai barang berharga, PDS juga dapat memudahkan nasabah untuk mencicil dan membeli emas. Karena itulah, peluncuran PDS yang dilakukan pada Januari 2018 ini juga akan dibarengi dengan dibukanya agen-agen pegadaian di seluruh Indonesia.

Agen-agen tersebut akan mendatangi pelanggan yang sudah mengisi formulir lewat PDS untuk mengecek barang yang digadaikan.

Kelebihan Pegadaian Digital Service (PDS)

Pegadaian Digital Service (PDS) dilakukan melalui sistem online, dengan begitu kamu bisa melakukan pengajuan kredit di mana saja hanya dengan bantuan gadget. Tentu hal ini akan mempercepat dan mempermudah kamu dalam melakukan pengajuan di DPS. Sebab nantinya tim mikro yang akan datang memproses ke tempat kamu berada.

Selain itu kamu nggak perlu khawatir, meski dilakukan melalui sistem online. Pegadaian telah menjamin bahwa pelayanan yang diberikan PDS akan setara dengan pelayanan di outlet Pegadaian Konvensional. Ini dikarenakan Pegadaian berupaya memperluas target pasar milenial.

Fasilitas yang ditawarkan Pegadaian Digital Service (PDS)

Selain dapat menggadaikan barang lewat gadget, PDS juga memiliki fungsi yang sama dengan mobile banking perbankan, yakni agar masyarakat tidak menghabiskan waktu untuk datang ke Pegadaian untuk transaksi.

Gak cuma itu, nasabah yang sudah memiliki kredit dan mendekati jatuh tempo dapat melakukan pembayaran atau memperpanjang kredit melalui PDS.

Pihak Pegadaian akan melakukan sosialisasi ke masyarakat mengenai PDS melalui kegiatan seperti seminar dan juga menginformasikan lewat media sosial seperti Facebook.

Fitur yang disediakan Pegadaian Digital Service (PDS)

Setelah mengetahui fasilitas yang disediakan pegadaian digital, kamu juga perlu tahu fitur apa saja yang dimiliki oleh PDS. Inilah beberapa fitur yang tersedia di PDS dan mungkin kamu butuhkan.

  • Gadai online
  • Gadai Tabungan Emas (GTE)
  • Pengajuan Pembiayaan Usaha Online
  • Pengajuan Pembiayaan Haji
  • Pembukaan Baru Rekening Tabungan Emas Pegadaian
  • Pembelian (Top Up) Tabungan Emas Pegadaian
  • Pembayaran Transaksi Gadai (Tebus, Cicil, Perpanjang)
  • Top Up Pinjaman Gadai
  • Pembayaran Transaksi Mikro (Kreasi, Krasida, Mulia, Emasku, dan lainnya)
  • Fitur Jual, Transfer & Cetak Emas
  • Bank tujuan pencairan dana ke BNI, Mandiri, BTN, BRI, BCA
  • Link CIF (untuk nasabah Pegadaian existing)
  • Info harga jual atau beli emas dan logam mulia terkini
  • Simulasi transaksi gadai
  • Pencarian cabang Pegadaian terdekat
  • Informasi seputar produk & layanan Pegadaian
  • Portfolio
  • Serta fitur lainnya

Ternyata banyak banget fitur yang disediakan pegadaian digital service ya? Nah! Selanjutnya akan kita bahas mengenai syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk bisa bertransaksi di layanan ini.

Syarat yang calon nasabah harus penuhi 

Jika kamu tertarik menggunakan fitur-fitur yang ada di PDS. Ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. Syaratnya yaitu:

  • Membawa fotokopi KTP atau bisa juga identitas resmi lainnya
  • Menyerahkan barang jaminan
  • Bawa BPKB dan STNK asli ketika menyerahkan kendaraan bermotor
  • Nasabah harus menandatangani Surat Bukti Kredit (SBK)

Mengunduh dan melakukan registrasi Pegadaian Digital

Nasabah diharuskan untuk mengunduh aplikasi Pegadaian Digital Service terlebih dahulu, kemudian melakukan registrasi dan baru bisa menikmati layanan PDS.

Selain mengunduh, kamu juga bisa melakukan registrasi secara online melalui situs resmi Pegadaian Digital.

Cara melakukan registrasi

Agar dapat melakukan registrasi, kamu diminta untuk melakukan registrasi terlebih dahulu di pegadaian digital. Cara melakukan registrasi atau pendaftarannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama masuk ke aplikasi Pegadaian Digital, lakukan registrasi dengan mengisi berbagai keterangan data diri kamu. Selanjutnya kamu akan diminta mengirim kode OTP ke nomor telepon yang sudah kamu daftarkan sebelumnya. Muncul perintah masukkan nomor OTP.
  2. Maka langkah kedua, kamu akan menerima sms berisi 6 digit nomor OTP (One Time Password). Masukkan nomor tersebut ke kotak perintah masukkan nomor OTP.
  3. Ketiga, masukkan email, password serta confirm password. Ini agar kamu bisa masuk ke menu Pegadaian Digital.
  4. Kempat, kamu harus mengkonfirmasi bahwa kamu telah berhasil melakukan registrasi pegadaian digital. Selanjutnya tunggu email kamu diverifikasi oleh tim pegadaian digital.
  5. Buka email yang kamu daftarkan, klik verifikasi email.
  6. Kemudian akan muncul konfirmasi email yang telah diverifikasi tim pegadaian. Kini kamu sudah bisa login ke aplikasi pegadaian digital.
  7. Segera lengkapi data nasabah kamu pada menu ‘Data Nasabah’ di menu pengaturan. Tapi jika kamu pernah melakukan transaksi di pegadaian sebelumnya, kamu hanya perlu melakukan linking CIF untuk melihat portofolio kamu di Pegadaian.

Itulah cara melakukan registrasi di aplikasi Pegadaian Digital. Aplikasi ini sebenarnya merupakan penyempurnaan dari Pegadaian Online yang sudah ada sebelumnya. Untuk mengembangkan pegadaian online ini, Pegadaian telah menghabiskan biaya sebesar Rp 440 miliar.

Langkah-langkah melakukan gadai emas di Pegadaian Digital Service (PDS)

Selanjutnya, kita beralih ke proses memulai gadai emas di pegadaian digital. Apa aja sih langkah-langkahnya? 

  1. Setelah sebelumnya diminta mengunduh aplikasi dan mengaktifkan Pegadaian Digital. Selanjutnya, klik menu ‘Gadai’ di halaman home.
  2. Klik ‘Booking service’, setelah itu kamu akan diminta memilih jenis barang yang akan digadai. Jika kamu ingin menggadaikan kalung emas maka pilih menu perhiasan.
  3. Nah sekarang, isilah data mengenai perhiasan yang kamu gadaikan itu, misalnya seperti jenis, berat dan sebagainya. Oia kamu juga perlu mengupload foto perhiasan yang kamu gadai. Setelah selesai klik pilihan ‘Selanjutnya’.
  4. Pada tahap ini, sistem Pegadaian Digital akan memberikan perkiraan dana pinjam yang bisa kamu dapatkan, disesuaikan dengan barang gadai yang kamu miliki. Jika kamu setuju dengan penawaran tersebut pilih ‘Selanjutnya’.
  5. Setelah itu, akan tampil peta digital yang berisi lokasi galeri Pegadaian di sekitar kamu. Tugas kamu adalah memilih galeri yang terdekat dengan lokasi kamu, ketuk ‘Selanjutnya’.
  6. JIka sudah isi tanggal dan waktu kedatangan kamu ke galeri. Klik ‘selanjutnya’ dan kamu akan menerima nomor pengajuan gadai. Itu artinya proses pengajuan telah selesai.
  7. Langkah selanjutnya kunjungi galeri pegadaian yang kamu pilih sebelumnya. Bawa serta barang yang ingin kamu gadai kan dan gadget yang kamu gunakan untuk pengajuan.
  8. Dan selesai, customer service pegadaian akan membantu kamu memproses pencairan dana.

Nah! Itulah beberapa langkah proses pengajuan gadai digital.

Bagaimana cara melakukan transaksi di Pegadaian Digital Service (PDS)?

Nasabah pegadaian digital semakin dimanjakan dengan berbagai fitur yang ada. Layanan ini dinilai unggul dalam kecepatan dan kemudahan proses gadai juga. Kini pegadaian digital secara maksimal berupaya membuat nasabah menjadi lebih nyaman dan mudah dalam proses transaksi.

Di pegadaian digital, proses transaksi baik untuk kebutuhan pembelian atau pembayaran sudah menggunakan metode Virtual Account (VA). Dengan begitu pembayaran yang kamu lakukan sudah bisa semudah melakukan transfer bank. 

Untuk saat ini Virtual Account yang tersedia hanya dari BNI dan Mandiri Clickpay. Namun dalam waktu dekat pegadaian digital akan menambah lebih banyak metode bayar.

Hitung kisaran cicilan bulanan gadai emas dengan kalkulator bunga flat Lifepal 

Coba hitung berapa yang kamu perlu persiapkan untuk melunasi cicilan bulanan gadai emas di Pegadaian dengan kalkulator bunga flat Lifepal berikut.

Tentu saja pelunasan cicilan gadai kita harus dilunasi tepat waktu karena jika sampai terlambat dan tetap tidak digubris walau pihak Pegadaian telah memberikan peringatan, maka barang gadaimu bisa dilelang oleh Pegadaian lho! Jadi, jangan sampai terlambat melunasi barang gadaimu ya.

Nah, udah gak ribet lagi sekarang kalau mau melakukan transaksi di Pegadaian?

Jangan lupa untuk selalu melindungi keuanganmu setiap saat dengan asuransi ya. Dengan menjadi nasabah asuransi, kamu bisa terhindar dari pengeluaran dadakan yang mahal sehingga menguras tabunganmu.

Misalnya, kamu tertimpa musibah yang mengharuskanmu dirawat di rumah sakit. Tentu kita tahu bahwa biaya berobat di rumah sakit tidak murah, bukan?

Jika kamu memilih untuk melindungi diri dengan asuransi kesehatan, maka semua tagihan dari rumah sakit akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Sama halnya jika kamu menjadi nasabah asuransi jiwa.

Penasaran dengan manfaat-manfaat lainnya dengan menjadi nasabah asuransi? Konsultasikan kebutuhan dan anggaranmu secara gratis cuma di Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →