Keuntungan Kerja Part Time & Bedanya dengan Magang [+ Contoh]

part time adalah

Kerja part time adalah salah satu pekerjaan yang banyak dilakoni untuk mendapatkan uang tambahan. Selain gak harus ke kantor setiap hari dari pagi sampai sore, uang yang didapatkan dari part time juga lumayan lho buat menambah 

Apalagi tak bisa dipungkiri kalau para generasi milenial doyan membeli barang yang lagi up to date hingga nongkrong di cafe kekinian. Sehingga kerja paruh waktu adalah salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

🛡 Lindungi keuangan kamu dengan asuransikan kesehatan terbaik di Lifepal! Mumpung ada diskon 25%!

Simak ulasan kerja part time di bawah ini!

Pengertian Kerja Part Time

Kerja part time atau kerja paruh waktu adalah pekerjaan yang memiliki waktu tidak mengikat atau yang biasa disebut fleksibel. Jika pekerjaan full time dapat menghabiskan waktu sekitar 40 jam per minggu di kantor, sedangkan pekerjaan lepas memiliki waktu yang lebih sedikit yakni hanya sekitar 4 sampai 6 jam per hari, tergantung jenis pekerjaan lepas. Kamu harus membuat perjanjian pekerjaan lepas yang sesuai dengan jadwal yang kamu miliki serta sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Berbeda dengan kerja penuh waktu, enaknya kerja paruh waktu adalah kamu tidak terikat penuh pada peraturan perusahaan.

Perbedaan Pekerjaan Freelance, Part Time, dan Magang

Sebagian orang masih bingung tentang perbedaan pekerjaan part time, freelance, dan magang. Pekerjaan magang adalah pelatihan kerja yang bertujuan untuk menjadi syarat kelulusan sarjana atau memang bertujuan untuk meningkatkan skill dan pengalaman kerja sebelum lulus kuliah. 

Pekerjaan freelance adalah pekerja paruh waktu yang tidak terikat kontrak kerja panjang. Pekerja freelance biasanya tidak diwajibkan untuk datang ke kantor, sedangkan pekerjaan paruh waktu biasanya mengharuskan para pekerjanya untuk tetap datang ke kantor.

Kalau kamu mahasiswa, Lifepal punya rekomendasi part time buat mahasiswa, lho! 

Berapa Jam Kerja Part Time

Sebenarnya kebijakan jam kerja paruh waktu tergantung kebijakan masing-masing perusahaan. Sehingga karyawan disebut penuh waktu atau paruh waktu bervariasi.

Namun, sebagai pedoman, biasanya jam kerja karyawan paruh waktu adalah bekerja kurang dari 30 jam seminggu. Sementara karyawan full time bekerja 40 jam seminggu.

Namun, pemberi kerja harus mempertimbangkan jumlah jam dan hari kerja saat menghitung Faktor Bradford karyawan.

Keuntungan dan Kelemahan Kerja Part Time

1.     Keuntungan kerja part time

Keuntungan kerja part time adalah kamu bisa mendapatkan upah tentu saja, mempelajari hal baru, mengasah keahlian sebelum mendapatkan pekerjaan tetap.

Dengan kerja part time, kamu jadi pandai mengatur waktu, serta memperbanyak jaringan dan kenalan.

2.     Kekurangan kerja part time

Nah selain keuntungan di atas, kerja part time ternyata memiliki sejumlah kekurangan. Kekurangan kerja part time adalah tidak ada perlindungan terhadap pekerja, disepelekan dan dianggap tidak professional karena tidak full time, serta terkadang bayarannya tidak sesuai.

Selan itu, kekurangan lainnya dalam kerja part time adalah tidak memiliki jenjang karier yang jelas, berbeda dari full time yang jelas jenjang kariernya.

Keuntungan Kerja Part Time & Bedanya dengan Magang [+ Contoh]
Keuntungan Kerja Part Time & Bedanya dengan Magang [+ Contoh]

Tunjangan Kerja Part Time

Walaupun kerja paruh waktu adalah pekerja paruh waktu, tetapi mereka berhak atas tunjangan tempat kerja juga, loh!

Tunjangan pekerja paruh waktu adalah:

  1.       Tarif gaji yang sama, termasuk gaji sakit dan cuti orang tua
  2.       Kesempatan dan manfaat pensiun yang sama dengan karyawan penuh waktu
  3.       Hak libur
  4.       Pelatihan dan peluang karier yang sama
  5.       Pertimbangan yang sama untuk promosi, transfer, atau redundansi

Jenis-jenis Pekerjaan Part Time

Ini jenis-jenis pekerjaan part time yang tersedia. Beberapa jenis pekerjaan paruh waktu adalah:

  1. Editor

Dalam dunia tulis menulis, pekerjaan paruh waktu adalah pekerjaan yang kamu bisa kerjakan di mana saja loh.

Nah, tak hanya freelance sebagai penulis, tapi banyak sekali website yang juga mencari freelancer untuk editor. Cara agar bisa mendapatkan pekerjaan yang satu ini pun cukup mudah.

Kamu hanya perlu pergi ke situs yang banyak memberikan informasi untuk para pencari kerja freelance. Nah, sebaiknya kamu memilih untuk mengedit tulisan yang temanya memang kamu sukai agar hasilnya lebih maksimal. Kamu hanya perlu mengecek kesalahan ejaan dan penulisan kata serta membuat tulisan menjadi lebih menarik.

Kamu bisa mengantongi uang puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah untuk satu artikel yang sudah edit. Misalnya saja Rp 50 artikel per artikel. Kalau dalam satu bulan kamu bisa mengedit 20 artikel, lumayan kan dapat uang tambahan Rp 1 juta.

2. Content writer

Masih dalam dunia tulis menulis, kerja paruh waktu selanjutnya adalah lepas alias freelance writer.

Apalagi, saat ini udah banyak sekali situs yang mau membayar hasil tulisanmu seperti UC News, Getcraft, Babe dan lain sebagainya.

Imbal balik atau fee yang kamu dapatkan pun lumayan banget lho. Apalagi kalau namamu sudah terkenal, tulisanmu bisa dihargai jutaan rupiah per artikelnya. Asik banget kan?

3. Desainer grafis

Pekerjaan lepas lainnya yang bisa kamu lakukan adalah sebagai desainer grafis. Pekerjaan yang satu ini memang cocok banget buat kamu yang memang berkecimpung di industri kreatif.

Agar semakin banyak yang tahu dan tawaran kerja sampingan mengalir deras, kamu bisa memajang karyamu di akun sosial media seperti Instagram.

Jika karyamu bagus dan menarik, dijamin deh pasti banyak yang meminta bantuan kamu. Apalagi, pekerjaan sebagai desainer grafis bisa dilakukan di rumah dengan hanya bermodalkan laptop dan kreativitas tentunya.

4. Social media buzzer

Punya banyak waktu untuk bermain sosial media? Kenapa tidak menjadikan kebiasaan tersebut untuk menghasilkan uang? Dalam dunia sosial, pekerjaan paruh waktu adalah pekerjaan yang fleksibel. Salah satunya sebagai sosial media buzzer.

Keuntungan Kerja Part Time & Bedanya dengan Magang [+ Contoh]
Keuntungan Kerja Part Time & Bedanya dengan Magang [+ Contoh]

Terlebih lagi di era yang serba digital seperti saat ini, sudah hampir semua usaha menggunakan social media untuk promosi.

Nah, yang terpenting dari social media buzzer adalah hanya perlu konsisten dan disiplin serta memahami betul seperti apa promosi yang diinginkan klien.

Tertarik bergabung dengan Lifepal dan mendapatkan penghasilan Rp30 juta per bulan? Klik di sini untuk bergabung menjadi agen! 
 

5. Kerja part time jadi dropshipper

Sumber uang tambahan lainnya bisa jadi pilihan yaitu menjadi dropshipper. Untuk jenis kerja sampingan yang satu ini bahkan tanpa membutuhkan modal.

Kamu hanya perlu memasarkan produk tanpa harus mengeluarkan modal untuk pembelian produk. Jadi, tugasmu hanya mempromosikan produk jualan orang lain lewat toko online maupun social media.

6. Fotografer

Menjadi fotografer juga bisa dilakukan untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan tambahan. Dengan modal kamera, teknik pengambilan dan pengeditan gambar yang ciamik, kamu udah cukup banyak dicari orang. Atau kalau memang kamu luang, bisa mencari stock gambar pemandangan atau momeng tertentu untuk bisa dijual ke website khusus seperti Shutterstock atau Getty Image.

7. Barista

Hari gini gak minum kopi kekinian? Wah udah pasti kamu ketinggalan banget kan. Nah, jangan cuma minum kopinya aja nih yang rutin, tapi kalau kamu mengerti atau mencintai proses pembuatan kopi ini, bisa melamar sebagai barista freelance di beberapa kedai. Jika menjadi barista di kedai ternama sulit, cobalah melamar di kafe yang tidak buka selama 24 jam, dan toko tersebut belum cukup populer. Sehingga pesaingmu minim.

Tertarik jadi barista? Mungkin kamu perlu baca artikel ini.

8. Software Engineer

Seiring perkembangan teknologi, pekerjaan programmer atau software engineer menjadi incaran banyak orang, terlebih perusahaan startup berbasis online. Itu artinya saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan jasa tersebut untuk bisa memantau website selama 24 jam.

9. Penerjemah

Walaupun sudah ada teknologi untuk menerjemahkan bahasa, profesi penerjemah tetap banyak dicari oleh beberapa perusahaan. Pasalnya, ada banyak konten bahasa asing yang ternyata memerlukan penerjemah. 

Kamu bisa menawarkan jasa penerjemah ke beberapa perusahaan atau mendaftar di situs pekerjaan penerjemah. Jika kamu penerjemah tersumpah, tarif yang bisa berikan juga tentu akan jauh lebih besar.

Kalau kamu punya pertanyaan seputar bisnis, Lifepal menyediakan fitur Tanya Lifepal untukmu![/summary/]

10. Guru Les

Nah, kamu juga bekerja sebagai guru les untuk menghabiskan waktu luang dengan produktif. Kamu bisa jadi tutor di beberapa kampus  untuk membantu junior di semester awal. 

Kamu juga bisa bekerja paruh waktu di lembaga-lembaga bimbingan belajar untuk siswa SMP dan siswa SMA. Lebih lanjut, kamu juga bekerja sebagai guru privat yang datang ke rumah siswa. Pastikan kamu memiliki jadwal yang tepat ya.

Nah, itu dia 10 pekerjaan lepas yang bisa kamu jadikan opsi untuk mendapatkan uang tambahan. Daripada waktu kamu habis untuk hal-hal lain, lebih baik kamu menghabiskannya untuk kegiatan yang positif. 

Pertanyaan seputar kerja part time