Ini Deretan Keuntungan Punya Pekerjaan Sampingan Selain Nambah Penghasilan!

pekerjaan sampingan

Memiliki pekerjaan sampingan memang menjadi nilai plus tersendiri bagi yang melakukannya. Selain nambah penghasilan, pekerjaan sampingan juga memiliki keuntungan lain bagi si pelakunya. 

Jelas banget dong kalau kamu karyawan kantoran terus punya pekerjaan sampingan atau side job pasti bakal menambah isi dompet, benar gak? Apalagi kalau kamu pandai banget nih mengatur keuangan yang ada rekeningmu menggendut. 

Sebenarnya gak cuma karyawan kantoran aja yang saat ini tren menjalani kerja sampingan atau side job. Mahasiswa atau milenial yang memang butuh penghasilan pasti bakal melakoni pekerjaan ini. 

Selain nambah penghasilan, sebetulnya kerja sampingan memiliki keuntungan lainnya. Mau tahu apa aja sih keuntungan lainnya bagi kamu yang menjalani pekerjaan sampingan? Yuk baca artikel selengkapnya di sini. 

Baca juga: 4 Profesi Seru dan Paling Menjanjikan untuk Kamu Generasi Milenial

Pekerjaan sampingan bisa dijadikan cadangan saat kamu memutuskan resign dari tempat kerja

pekerjaan sampingan
Kerja sampingan bisa dijadikan penghasilan utama saat kamu resign, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah kalau kamu sudah lama menjalani pekerjaan sampingan entah itu menjadi fotografer freelance, freelance writer atau MC pasti sudah mengetahui dong seluk beluk gimana mendapatkan job. Jika rasanya sudah merasa lelah kerja kantoran, sebenarnya kerja sampingan bisa dijadikan cadangan nih sewaktu-waktu kamu resign dari tempat pekerjaan sekarang. 

Tapi kamu mesti ingat ya, ketika memutuskan buat resign dan mengandalkan pekerjaan sampingan sebagai salah satu penghasilanmu, ada baiknya nih memikirkan ulang penghasilan yang masuk. Ya poin pertama ini sebenarnya sebagai salah satu jalan pintas yang darurat ya. 

Baca juga: 5 Dagangan Ini Bisa Dijajakan di Kantor dan Menghasilkan Banyak Cuan!

Punya kerja sampingan menjamin kamu memiliki relasi yang luas

pekerjaan sampingan
Kerja sampingan bisa menambah relasi kamu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ketika menjalankan pekerjaan sampingan pasti kamu mendapatkannya dari oranglain, baik itu dari sahabat, teman kantor atau teman main, betul dong? Nah dengan mendapatkan kerjaan sampingan diluar kerja kantoran, kamu bisa banget membangun relasi dengan klien. 

Berkenalan dengan orang baru sebagai klien yang perlu jasa kamu, nah di sini kamu mesti menjaga baik nih hubungan. Sewaktu-waktu kamu membutuhkan pekerjaan, kamu bisa lho memanfaatkan kesempatan ini. 

Di sini kamu juga bisa menambah wawasan serta pengalaman baru karena bertemu dengan orang baru. 

Baca juga: Biar Bisnis Sampingan Sukses, Tanamkan 4 Hal Penting Ini di Dirimu!

Semakin banyak pekerjaan sampingan, semakin cepat juga mengumpulkan uang

pekerjaan sampingan
Punya kerja sampingan dijamin kamu memiliki target mengumpulkan uang cepat, (Ilustrasi/Shutterstock).

Jika kamu salah satu orang yang giat banget mencari kerja sampingan dan menyanggupi buat mengerjakan otomatis pundi-pundi pun datang. Di saat kamu memiliki dua atau sampai tiga pekerjaan sampingan, artinya kamu menerima honor lebih banyak lantaran dari tiga atau dua tempat. 

Nah dengan begini kamu akan sangat mudah nih buat mengumpulkan uang lantaran pendapatan yang didapat ekstra sekali. Mengumpulkan uang buat membayar dp KPR atau mobil pun rasanya mudah jika kamu memiliki kerja sampingan yang cukup banyak. 

Kerjaan di kantor mulus dan kerja sampingan lancar

pekerjaan sampingan
Disaat keduanya berjalan bersamaan dan sukses, ini bakal jadi kesenangan kamu lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah gimana nih jadinya kalau kamu bisa mengerjakan semuanya? Pekerjaan di kantor kamu memuaskan dan kerja sampingan pun bisa dikerjakan sesuai target. 

Hal ini bisa menjadi kesenangan kamu tersendiri nih karena mampu buat menyelesaikan semua pekerjaan baik di kantor maupun freelance. Jika kamu pandai-pandai mengatur waktu kesuksesan bakal mengiringi langkah pekerjaan mu nih.

Jadi nilai tambah di CV

pekerjaan sampingan
Bisa kamu masukan ke CV dan resume lho historis kerjaan sampingan kamu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ketika kamu memiliki kerja sampingan, apalagi mengerjakan proyek-proyek yang cukup besar, ini bisa dijadikan nilai tambah lho! Iya kamu bisa tuliskan di resume atau CV sebagai bentuk pengalaman dan ini menjadi nilai plus buat melamar ke perusahaan bonafit. 

Tuliskan semua pengelaman kerja sampingan mu di CV dan resume. Dijamin kamu bakal dilirik dan dinilai memiliki pengalaman yang banyak. 

Nah itu dia deretan keuntungan memiliki pekerjaan sampingan selain bekerja di perusahaan. Kalau kamu pengin memiliki kerja sampingan mulai dari sekarang deh mencari tahu gimana mendapatkannya. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)