Dari Penulis Lagu Sampai DJ, Ini 7 Pekerjaan Terbaik Buat para Pecinta Musik!

Pekerja wanita tengah mendengarkan musik (Shutterstock).

Pekerja wanita tengah mendengarkan musik (Shutterstock).

Bermain musik adalah hobi yang banyak dimiliki oleh sebagian besar anak muda zaman sekarang. Saking sukanya bahkan ada yang bercita-cita menjadikannya sebaga mata pencaharian, simak artikel ini sampai selesai kalau kamu pengin melihat pekerjaan terbaik untuk hal yang satu ini.

Keinginan untuk menjadikan industri musik sebagai profesi utama di Indonesia masih sering dianggap sebelah mata oleh beberapa masyarakat. Contohnya seperti dukungan orang tua yang minim, mereka beranggapan bahwa musik masih belum bisa menghidupi anaknya secara layak.

Terlepas dari pembahasan tersebut, kamu tetap bisa menjadikan dunia musik sebagai profesi yang sangat menjanjikan lho kedepannya. Daripada berlama-lama lagi mending kita simak langsung aja nih daftar pekerjaan terbaik yang cocok dijalani oleh pecinta musik berikut ini:

1. Musisi dan penyanyi

Musisi tengah konser (Shutterstock).
Musisi tengah konser (Shutterstock).

 

Pekerjaan terbaik pertama yang bisa kamu coba jalankan adalah menjadi musisi atau penyanyi. Disini kamu bisa mengeksplorasi kemampuan diri di dunia musik dan berkarya untuk dilihat banyak orang.

Kalau kamu pengin menjadi musisi atau penyanyi yang berkualitas baik harus mengandalkan hasil karya sendiri dibandingkan hanya fenomena viral sesaat yang sering terjadi di Indonesia.

Berbeda dengan pekerja profesional, umumnya menjadi musisi atau penyanyi mendapatkan honor sesuai dengan aktivitas yang mereka lakukan. Nominalnya bervariasi mulai dari Rp 500 ribuan hingga Rp 4 jutaan tergantung dari banyak faktor.

2. Sutradara video clip

Sutradara video clip
Sutradara video clip (Shutterstock)

Selanjutnya kamu juga bisa menjadi seorang sutradara video clip yang masih erat kaitannya dengan dunia musik. Meskipun di pekerjaan terbaik kedua ini juga memerlukan kemampuan sineas yang baik untuk menghasilkan video berkesan.

Oleh karena itu kamu bisa mendapatkan uang yang lumayan banyak, angkanya berkisar dari Rp 5 jutaan hingga Rp 50 juta per video clip.

3. Produser rekaman

Produser rekaman (Shutterstock).
Produser rekaman (Shutterstock).

Ketiga kamu juga bisa menjadi produser rekaman. Profesi ini secara umum memberikan jasa kepada para pelaku penyanyi atau grup band untuk membuat single ataupun album.

Bukan Cuma sekedar membuat lagu, kamu juga bisa menjadi mentor bagi mereka yang baru terjun ke dunia kreatif yang satu ini agar bisa sukses kedepannya. Untuk pendapatannya sendiri gak tentu karena tergantung proyek yang dikerjakan, namung angkanya berada di kisaran Rp 4 jutaan hingga 30 jutaan.

4. Guru les musik

Guru musik tengah mengajarkan muridnya bermain Gitar (Shutterstock).
Guru musik tengah mengajarkan muridnya bermain Gitar (Shutterstock).

Waktu kecil mungkin kamu pernah ditawarkan untuk les musik, kan? Nah sekarang gantian, kalau kamu memiliki alat musik tertentu bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan cuan.

Pekerjaan terbaik yang keempat ini bisa kamu jadikan uang tambahan di waktu luang sehari-hari. Keuntungan lainnya adalah kamu bisa mencari klien yang dekat dengan rumah sehingga gak memakan waktu yang banyak. Untuk bayarannya sendiri mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 2 jutaan per kedatangan.

5. Teknisi sound system

Teknisi sound system (Shutterstock).
Teknisi sound system (Shutterstock).

Meskipun terdengar asing, tapi pekerjaan terbaik yang satu ini cocok juga sama kamu yang doyan mendengarkan atau memainkan musik.

Untuk menghasilkan sebuah suara yang megah di sebuah konser pastinya membutuhkan teknisi sound system yang handal guna mengoperasikannya. Kalau udah memiliki banyak uang, malah kamu juga bisa membuka usaha sendiri dari ilmu yang udah didapatkan selama bekerja. Kisaran gajinya sendiri berada di angka Rp 4 jutaan hingga Rp 8 jutaan untuk tingkat pemula.

6. Disc Jockey

Disk Jockey (Shutterstock).
Disk Jockey (Shutterstock).

Buat kamu yang suka main ke klub malam, menjadi Disc Jockey (DJ) menjadi alternatif profesi lainnya yang bisa dicoba.

Sekarang ini udah banyak DJ yang menghasilkan karya musik terbaik gak kalah dari musisi terkenal kok. Sedangkan untuk gajinya sendiri berkisar di angka Rp 1 juta hingga Rp 10 jutaan per kedatangan di sebuah acara.

7. Penulis lagu

Penulis lagu (Shutterstock).
Penulis lagu (Shutterstock).

Pekerjaan terbaik terakhir yang bisa kamu coba sebagai pecinta musik adalah menjadi penulis lagu. Untungnya profesi yang satu ini gak mengharuskan kamu bisa bermain musik atau bernyanyi nih.

Tinggal gunakan aja imajinasi kamu untuk menciptakan lirik lagu yang pas dan enak buat didengar banyak orang. Bayaran untuk seorang penulis lagu sangat bervariasi, namun biasanya akan mendapatkan royalti dari pihak rumah rekaman atau pembawa lagu di angka Rp 1 jutaan hingga mencapai Rp 50 jutaan.

Nominal gaji di atas gak selalu sama dengan kenyataannya melihat berbagai faktor yang ada. Nah itulah 7 pekerjaan terbaik yang bisa kamu coba sebagai pecinta musik. Sekarang kamu gak perlu galau lagi deh milih jalan karir yang tepat kedepannya! (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis