Pelajari Hal Ini Biar Kamu Sukses Jualan Online

Sukses jualan online

Gaji kamu nggak nambah-nambah dan kamu kepengin mencoba jualan online buat penghasilan tambahan? Jangan khawatir, kamu hanya perlu belajar, belajar dan belajar dulu biar sukses jualan online.

Belajar apa dulu nih? Bukannya jualan online cuma “buka thread di situs atau forum jual-beli.” Kalau barang yang kita jual mau terpampang terus di halaman depan ya tinggal bayar iklannya kan?

Betul, tapi kamu harus berpikir juga gimana caranya buat meluaskan pasar kamu dalam jualan. Kalau jualannya di situs atau forum doang pastinya nggak bakal berkembang. Kamu juga harus punya pelanggan setia dong yang selalu repeat order. Biar untungnya makin gede.

sukses jualan online
Wajib tahu strategi buat ngelebarin pasar. Kalau pasarnya sempit ya untungnya juga sempit bos hehe (ilustrasi marketing/Rocket Manajemen)

Gimana caranya ya? Nih, pelajarin 5 hal ini sebelum mulai jualan online.

1. Fotografi

Kok jadi fotografi, modal kamera mahal dong? Nggak mesti modal kamera SLR  nggak apa-apa pakai aja kamera HP. Fotografi itu skill dasar jualan online. 

Salah satu kesuksesan Online shop akan bergantung sama foto produk. Karena online shop “bukan iklan baris.” Upload foto dagangan kamu dengan foto yang bagus dari sisi pencahayaan dan lainnya.

Jangan asal-asalan ketika masang foto. Kalau fotonya gelap atau jelek, sudah pasti barang dagangan kamu keliatan buluk. Mana ada yang mau beli.

sukses jualan online
Inti dari fotografi adalah belajar bagaimana memotret sesuatu yang benar dari angle, pencahayaan dan lain-lain. (Memotret makanan/Shutterstock)

Hindarin ngambil foto orang lain atau ngambil foto dari web. Itu justru bisa mengurangi kepercayaan calon pelanggan. Pelanggan lebih suka dengan foto asli yang berasal dari HPmu. Karena itu menandakan kalau “barangnya tersedia.”

Nggak usah juga sewa-sewa fotografer. Duitnya bisa ditabung atau buat belanja barang dagangan lagi.

2. Riset produk dan keyword

Kalau kamu masih ada ditahap “bingung mau jual apa?” Tandanya kamu wajib riset produk. Cari tahu produk apa yang kiranya yang gampang dijual dan banyak dicari orang.

Caranya gampang, coba kamu lakukan riset “Keyword.” Keyword maksudnya kata kunci kan? Benar banget. Cari tahu barang apa yang sering dicari orang belakangan ini.

Manfaatin Google Trends atau bisa juga Ubersuggest.io. Nah dua perangkat ini juga bisa kamu pakai buat riset.

Ubersuggest itu cukup sederhana, pilih aja lokasi (negaranya) dan klik search. Nah nanti bakal muncul tuh kata-kata yang sering diketik banyak orang di negara yang bersangkutan ketika mereka googling di internet.

Misalkan kata “casing handphone” menduduki posisi 1, dan kemeja pria nomor 2, berarti itu yang sering dicari orang lewat Google. Kenapa nggak jualan itu aja?

3. Copywriting atau menulis

Habis fotografi dan keyword terus disuruh belajar nulis? Ya iya dong. Biar deskripsi daganganmu bagus nantinya. 

Misalnya kamu jual kaos Batman, Superman, Spiderman dan lainnya. Pakai saja keyword “jual kaos superhero murah.”

Kalau kamu pakai keyword “jual kaos” sudah pasti susah, karena keyword itu terlalu umum. Cobalah untuk lebih spesifik dalam membuat keyword produkmu.

Setelah itu coba belajar bikin judul untuk produk jualanmu. Keyword harus ada di judul produkmu ya. Judul pastinya harus menarik juga biar dilihat orang. 

Sering-sering lihat lapak orang lain untuk belajar membuat deskripsi produk dan judulnya. Atau berguru sama yang sudah sukses jualan online.

3. Iklankan produkmu 

Jualan di situs atau forum jual beli itu wajib. Ingat ya hukumnya “wajib.” Tapi kalau jualannya di situ doang ya gimana mau dapat pelanggan baru.

Salah satu cara efektif lainnya adalah bikin blog untuk nampung semua daganganmu. Kamu kan sudah paham copywriting yang baik nih, nah sekarang saatnya bikin blog.

Rajin-rajin cari tahu cara bikin blog lewat situs Youtube juga bisa. Blog itu bermanfaat karena kamu deskripsi yang produk yang kamu jual dengan detil. Bahkan kamu bisa bikin cerita seputar produkmu lho. 

Dalam jualan online, kamu juga harus memanfaatkan trik visibilitas produk. Semakin banyak situs yang kamu gunakan buat memasarkan produk, semakin banyak orang yang lihat.

4. Belajar beriklan di Facebook

Kamu punya akun Facebook kan? Yang belum punya bikin aja dulu karena Facebook bisa ngebantu kamu sukses jualan online. 

Setelah punya akun Facebook, buat “page” untuk toko onlinemu pilih nama yang bagus dan mudah diingat. Caranya gampang, kamu tingal ke bagian Pages dan klik Create Page lalu ikutin metodenya. Setelah selesai, add seluruh teman-teman yang ada di akunmu likes page kamu.

Facebook itu berguna buat memperkenalkan toko onlinemu yang masih baru. Posting foto-foto produkmu semuanya beserta deskripsinya ya.

sukses jualan online
Kenapa harus bikin iklan? Gini cara berpikirnya. Misalkan kamu nikah, kamu mau orang pada datang, kamu pasti bikin undangan dong? Nah.. Kamu mau banyak orang datang ke lapakmu? Ya bikin iklan (Ilustrasi periklanan/Fieldlens)

Dan kalau jumlah likes di page kamu sudah banyak, belajarlah cara beriklan di Facebook. Pasang iklan di Facebook itu nggak mahal, bisa Rp 100-ribu perhari.

Iklan di Facebook bentuknya beragam, dan iklannya bisa kamu targetkan secara spesifik. Misal khusus buat laki-laki jomblo usia 25 sampai 50 tahun, bisa banget.

Jadi intinya, apa yang ada di medsos, blog dan situs jual beli itu akan bersinergi. Kamu bisa manfaatkan medsos untuk berinteraksi dan lihat foto-foto produk.

Kalau mau lihat lebih detil, ya arahkan saja ke situs jual beli. Dan jangan lupa juga, di Indonesia situs jual beli itu banyak. Usahain kamu punya account di semua situs itu.

Setiap situs pasti punya pengunjung yang beda bukan? Kalau cuma main di satu situs aja, gimana mau sukses jualan online.

Selamat mencoba, semoga sukses!

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Sudah Sering Pasang Iklan Online tapi Bisnis Gak Moncer? Mungkin Ada yang Salah…]

[Baca: Jual Rumah Online Jangan Ngasal, Cermati Dulu 10 Hal Ini]

[Buka Bisnis Online vs Offline, Mana yang Lebih Bikin Untung?]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →