3 Tips Tampil Percaya Diri dengan Pelaminan Sederhana

Di sini kita akan membahas cara membuat pelaminan pernikahan sederhana tanpa meninggalkan sisi keindahannya. 

Namun, apakah bisa seperti itu? Nyatanya impian ini tidak mustahil dan ada banyak cara untuk bisa menggelar pernikahan yang indah dan berkesan dengan konsep pelaminan berbujet rendah. Nah, berikut ini adalah empat tips menyiapkan dekorasi pernikahan sederhana yang bisa Anda dan pasangan ikuti.

Pilih Vendor Pelaminan Sederhana yang Murah

Pilih Vendor Pelaminan Sederhana yang Murah 

Meskipun bujet yang dimiliki tidak besar, namun bukan berarti Anda dapat dengan asal memilih vendor murah. Pilihlah vendor yang sudah banyak memiliki jam terbang, cari tahu juga testimoni dari orang-orang yang telah menggunakan jasa vendor tersebut. 

Anda juga dapat bertanya pada sahabat atau keluarga untuk mendapatkan vendor murah rekomendasi mereka. Biasanya bila mendapatkan rekomendasi pelanggan sebelumnya, maka Anda bisa mendapatkan potongan harga. 

Berikut ini beberapa vendor pelaminan murah yang bisa Anda pertimbangkan.

Wilhelmina Wedding Organizer

Mulai dari Rp3,3 juta

Jalan Kesehatan Raya No. 34 A, Bintaro Sektor 1, Jakarta Selatan 12330

https://wilhelmina-wedding.business.site/ 

Hapsari Wedding Organizer

Mulai dari Rp4,5 juta

Jalan Latsari 2 no. 20B,Tuban,Jatim

http://hapsariwedding.com/ 

Langgeng Wedding

Mulai dari Rp8,5 juta

Jalan Cikunir Raya, No. 5, Jatibening, Bekasi

www.instagram.com/langgengdecoration/ 

Menggunakan Desain Pelaminan dari Vendor

Menggunakan Desain Pelaminan dari Vendor

Menggunakan desain pelaminan yang disiapkan oleh vendor biasanya memiliki harga yang lebih murah daripada meminta mereka menyiapkan desain pelaminan yang kita ajukan. Hal ini biasanya terjadi karena setiap vendor sudah menyiapkan properti tersendiri untuk digunakan. 

Apabila ada permintaan khusus, maka mereka diharuskan untuk membeli bahan-bahan lagi, sehingga biaya persiapan akan menjadi lebih mahal. Umumnya vendor akan menaikkan harga sekitar 20-30 persen.

Katakanlah, biaya paket pelaminan dari vendor adalah Rp6 juta. Maka, jika ada permintaan khusus, biaya pelaminan akan menjadi Rp6 juta + (Rp6 juta x 20%) = Rp7,2 juta. 

Apabila bujet pernikahan Anda masih mencukupi, tentu hal ini tidak menjadi masalah. Namun jika tidak, maka jangan dipaksakan karena hal yang dipaksakan berisiko berakhir dengan tidak sesuai keinginan.

Menyiapkan Pelaminan Sederhana Sendiri

Menyiapkan Pelaminan Sederhana Sendiri

Selain dengan memilih vendor pelaminan yang murah, cara menyiapkan pelaminan sederhana lainnya adalah dengan menyiapkannya sendiri. Anda bisa memanfaatkan barang-barang di rumah sebagai aksesoris memperindah pelaminan. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan jalinan pertemanan.

Jika dirasa teman Anda memiliki beragam benda-benda menarik yang bisa Anda pakai sebagai pelengkap pelaminan, maka Anda bisa meminjamnya secara gratis atau menyewanya dengan harga teman. Biasanya menyewa dengan harga teman berkisar antara 40 sampai 50 persen lebih murah dibandingkan harga pada umumnya.

Misalkan, sewa sofa satu set melalui vendor seharga Rp500 ribu, maka dengan menyewa pada teman Anda bisa mendapatkan harga 40 persen lebih murah, yaitu Rp200 ribu. Berarti dengan menyewa pada teman, Anda telah menghemat Rp300 ribu.

Selain pada teman, berikut adalah harga sewa perlengkapan pelaminan yang dapat Anda sewa dari vendor

Barang-barang Harga Sewa
Sofa 1 Set Rp500 ribu
Panggung (30-50 Cm) (5 Meter) Rp100 ribu
Karpet Meteran (6 Meter) Rp60 ribu
Mini Garden Rp300 ribu
Kain Backdrop  (6 Meter) Rp120 ribu
Total Rp1,080 juta

Itulah tiga tips ampuh membuat pelaminan sederhana dan murah agar pernikahan Anda tetap tampil indah dan berkesan. Setiap cara yang akan Anda pilih tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Memilih untuk menyiapkannya sendiri tentu lebih murah, namun Anda pun harus meluangkan lebih banyak waktu dan tenaga.

Selai itu, pastikan untuk melihat kondisi keuangan Anda dan pasangan, jangan sampai bujet yang dikeluarkan melebihi dari kemampuan kalian. Jangan lupa, kalian masih harus mengurus yang lain, misalnya dekorasi pernikahan dan suvenir pernikahan. Namun, kalian tidak perlu terburu-buru karena yang terpenting adalah ketelitian! Semoga lancar, ya!