8 Peluang Usaha yang Bakal Laris Manis di Ibu Kota Baru Kalimantan Timur

Kalimantan Timur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan memindahkan Ibu Kota Indonesia, dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Keputusan ini telah didasari beberapa pertimbangan, di antaranya Jakarta yang sudah mulai terlalu padat. 

Jakarta dianggap sudah tidak kuat menampung beragam beban negeri ini, di antaranya sebagai pusat bisnis dan pusat pemerintahan. Kedua hal itu membuat Jakarta semakin padat. 

Diburu para pencari kerja, juga para pebisnis-pebisnis dari mancanegara, menimbulkan permasalahan kemacetan, kualitas udara yang memburuk, dan ketersediaan lahan untuk perumahan yang semakin berkurang. 

Karena itu, pemerintah memutuskan memindahkan pusat pemerintahannya ke Kaltim. Ibu Kota yang baru ini akan memakan beberapa wilayah di dua kabupaten, yaitu di Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara.

Alasan utama pemindahan ke Kaltim karena letak dan kondisi geografisnya. Wilayah tersebut dinilai paling rendah risiko terkena bencana alam, seperti banjir, gempa bumi, tsunami, dan gunung berapi. 

Meski yang pindah cuma pusat pemerintahannya saja, tak menutup kemungkinan nantinya Kaltim memiliki daya tarik di bidang bisnis. 

Pasalnya, Kaltim bakal ketiban bonus demografi berupa migrasi besar-besaran PNS yang bertugas di pusat. Jumlahnya diperkirakan mencapai lebih dari 1 juta PNS. 

Di mana ada permintaan, maka di situlah muncul peluang bisnis. Inilah beberapa peluang usaha yang diprediksi bakal laris-manis di Kalimantan Timur: 

1. Kos-kosan 

Kalimantan Timur
Kalimantan Timur

Dari sekitar 1 juta PNS yang bakal hijrah tugas ke Kalimantan Timur, mungkin sebagian besar bukan asli dari sana. Ada yang dari Jawa, Sumatera, Sulawesi, Papua, dan lainnya. 

Bahkan, gak jarang ada beberapa di antaranya yang sudah lama menetap di Jakarta dan membeli rumah di sekitarannya. Namun, ketika ditugaskan untuk pindah, mau gak mau mereka harus memenuhi amanah tersebut. 

Kepindahan ini menambah beban pikiran mereka lagi, khususnya dalam hal tempat tinggal. Kalau tidak ada mess, kos-kosan atau kontrakan menjadi pilihan yang tepat. 

Untuk memenuhi kebutuhan atas tempat tinggal, maka usaha kos-kosan atau kontrakan bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan bagi warga asli sana. 

Berhubung pemindahannya baru akan dilaksanakan pada 2024, tidak ada salahnya mempersiapkan bangunan fisiknya dari sekarang. 

2. Hotel 

Kalimantan Timur
Kalimantan Timur

Sebagai pusat pemerintahan, kemungkinan besar, penyelenggaraan pertemuan hubungan diplomatik dengan negara sahabat juga bakal digelar di sana. 

Untuk memenuhi kebutuhan akomodasi mereka, tentu diperlukan penginapan-penginapan berbintang yang layak untuk tamu kenegaraan. 

Bagi para pebisnis properti-properti besar, tentu ini menjadi kesempatan yang baik untuk mereka mulai mengembangkan bisnisnya ke daerah Kalimantan Timur. Bisa dengan membangun hotel-hotel berbintang. 

3. Bisnis kuliner 

Kalimantan Timur
Kalimantan Timur

Bisnis kuliner memang paling menjanjikan di semua wilayah. Apalagi, nantinya di Ibu Kota baru Kalimantan Timur. Bisnis makanan yang kira-kira disenangi oleh banyak orang, seperti buka warung masakan Padang, atau warung Tegal yang murah meriah. 

Lebih bagus lagi kalau bisa buka di dekat kantor-kantor pemerintahan nantinya. Dijamin jadi serbuan PNS saat lapar di siang atau malam hari. 

4. Ojek 

Kalimantan Timur
Kalimantan Timur

Bisa ojek online maupun ojek pangkalan, pasti bakal dibutuhin banget di sana. Tujuannya tentu saja untuk mengantarkan para abdi negara dari tempat tinggalnya ke kantor. 

Karena kemungkinan besar nantinya area tempat tinggal bakal berada jauh di pinggiran pusat pemerintahan. Untuk mempercepat transportasi, ojek masih menjadi andalan para pegawai di pemerintahan nantinya. 

5. Kafe

Kalimantan Timur
Kalimantan Timur

Bagi mereka yang pindahan dari Jakarta, tentu sudah gak asing lagi dengan budaya nongkrong. Setiap Jumat malam atau Sabtu dan Minggu, abdi negara khususnya yang milenial lebih memilih nongkrong ke kafe bersama teman-teman untuk menghilangkan penat. 

Budaya inilah yang bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis baru di Kalimantan Timur. Membangun kafe tempat ngopi dengan desain arsitektur yang apik bisa mengundang ketertarikan pelanggan, apalagi yang instagramable

6. Kopi susu kekinian 

Kalimantan Timur
Kalimantan Timur

Kopi susu kekinian belakangan menjadi bisnis yang paling laku keras di Jakarta. Mulai dari pegawai swasta, anak kuliahan, sampai pegawai negeri sipil semuanya senang memesan kopi susu kekinian. 

Karena penggemar terus meningkat, gak heran banyak bermunculan brand kopi susu kekinian mulai dari Tuku, Kopi Kenangan, Kulo, Janji Jiwa, Kopi Yor, dan masih banyak lagi. 

Dari sekitar 1 juta PNS yang pindah ke Kaltim, pasti banyak dari mereka yang juga penggemar kopi susu kekinian. Jadi, buat yang pengin mencari cuan di Ibu Kota baru gak ada salahnya memilih kedai kopi susu kekinian. 

7. Jasa

Online course salah satu usaha di bidang jasa yang bisa dibuka di Kalimantan Timur

Namanya jasa tentu dibutuhkan di mana pun berada, termasuk di Ibu Kota baru. Apalagi, di era yang serbadigital seperti saat ini, maka peluang bisnis di bidang jasa dengan cara online pasti dibutuhkan.

a. Buka kursus online

Bila kamu memiliki hobi dan keahlian tertentu, seperti di bidang musik, marketing, bahasa asing, atau mungkin olahraga, maka kamu bisa membuka kursus online di webinar.

Cukup bermodalkan laptop dan koneksi internet, kamu harus punya portofolio yang bagus juga biar calon pelangganmu bakal percaya.

b. Sewa kamar

Dengan bermunculannya Airbnb, Tiket.com, Airy Room, dan lainnya, menyewakan kamar secara online akan semakin mempermudahmu mencari calon pelanggan.

Menyewakan kamar di rumah yang terletak di wilayah strategis (dekat pusat bisnis), dan memiliki satu kamar kosong tentu akan membuat propertimu lebih bermanfaat dan menghasilkan.

c. Jasa perantara jual barang-barang hypebeast

Tren hypebeast tak hanya di kalangan anak milenial Jakarta yang berkantong tebal. Saat ini, tren rela merogoh kocek puluhan juta rupiah untuk membeli outfit atau sneakers juga sudah sampai ke luar Pulau Jawa!

Outfit atau sneakers bekas yang langka pun menjadi perburuan mereka. Karena itu, gak heran kalau mereka berani keluar uang lebih dari Rp 5 jutaan buat merek Air Jordan, Bathing Ape, Off White, Supreme, dan sebagainya.

Tentu saja, dibalik gaya hidup glamor ini ada sebuah peluang usaha baru yang menjanjikan. Salah satunya dengan memanfaatkan akun Instagram atau forum jual beli, kumpulkan followers, dan bukalah jasa perantara.

Tetapkanlah tarifmu, sebut saja jika posting di Story satu kali Rp 200 ribu, di Feed Rp 500 ribu, dan paket all in Rp 600 ribu.

d. Jasa digital marketing

Seiring dengan berkembangnya teknologi, digital marketing saat ini jadi karier dengan bayaran menggiurkan dan bisa jadi peluang usaha menjanjikan.

Digital marketing itu sangat luas, dan hal itu meliputi jasa pembuatan website mengingat situs atau website juga tergolong sebagai aset digital yang dimiliki pengusaha.

Selain website, tentu saja jasa iklan digital yang sering kita temukan di Google, Facebook, Instagram, Youtube, dan platform lain.

Apa hanya itu saja? Oh ternyata tidak, masih ada lagi jasa SEO alias Search Engine Optimization. Layanan ini sangat kompleks karena tujuan dari jasa ini adalah untuk meningkatkan peringkat situs seorang pengusaha di mesin pencarian.

Bila memang kamu menguasai teknik-teknik tersebut, waktunya untukmu mencari cuan. Setuju?

e. Pembuatan konten

Yang satu ini juga bisa jadi peluang usaha menarik, karena setiap website dan media sosial milik sebuah perusahaan tentu butuh konten. Sementara itu, gak semua pengusaha mampu menjadi kreator konten yang menarik.

Jasa ini pun kian dibutuhkan dan menjadi kerja sampingan dari banyak orang yang jago menulis, desain grafis, atau membuat video.

Untuk bisa menjadikan ini sebagai usaha, modal awalnya adalah portfolio. Rangkumlah portfoliomu dengan baik dan masuklah ke portal-portal pencari kerja freelance untuk melihat peluang yang ada.

f. Jasa pembayaran

Punya kartu kredit? Bantu saja teman-temanmu yang pengin melakukan pembayaran online streaming musik, video, atau membership-membership di situs luar negeri.

Tetapkan saja tarif bayar sebesar berapa persen dari biaya yang kamu tetapkan. Gak usah kemahalan dan jangan kemurahan juga.

8. Usaha rumahan

Buka sanggar senam usaha rumahan yang bisa dibuka di Kalimantan Timur

Dengan akan dipindahkannya Ibu Kota ke Kalimantan Timur, maka berbagai peluang usaha, termasuk rumahan cocok untuk dijalani. Untuk kamu yang ingin buka usaha di rumah tapi tentunya yang modalnya juga gak mahal ya, di bawah Rp 5 juta.

Karena usaha rumahan, dipastikan sifatnya offline. Kalaupun online, tentunya hanya berguna untuk pemasarannya saja. Berikut deretan usaha rumahan yang bisa kamu lirik tahun ini:

a. Warung makan

Mendirikan warung makan di rumah mulai dari pagi hari hingga siang atau sore tentu merupakan ide bagus. Terutama jika rumahmu memang terletak di dekat perkantoran, mengingat banyak sekali karyawan yang kebingungan cari makan siang.

Gak perlu mahal-mahal, dengan modal Rp 4 juta saja kamu sudah bisa belanja peralatan masak, peralatan makan, serta bangku dan meja plastik dalam kondisi baru. Mau yang secondhand juga ada dan pastinya lebih murah.

Perputaran modal di usaha ini juga terbilang cepat. Sebut saja, dalam sehari orang yang makan di warung makanmu mencapai 30 orang, sementara itu, harga menu per porsi Rp 15.000. Maka omzet per hari yang bisa kamu dapat Rp 450.000.

Jika omzet ini konsisten, dalam sebulan kamu bisa meraup Rp 13,5 jutaan (belum dipotong biaya operasional). Kalau sebulan saja balik modal, maka warung makan memang bisa dikatakan sebagai salah satu peluang usaha yang menjanjikan sampai kapan pun.

b. Warung kopi

Kedai kopi kekinian jelas mahal, tapi kalau warung kopi cukup menggelontorkan modal Rp 3 jutaan sudah bisa dijalani. Apalagi, kalau di dalamnya tersedia juga menu Indomie telor dan kornet, pasti bisa makin laris.

Membuka usaha ini di rumah tentu cukup menguntungkan. Selain biayanya murah dan gak perlu sewa tempat, bahan bakunya juga sangat mudah dicari.

c. Les privat

Les privat tentu bisa jadi salah satu peluang bisnis rumahan yang bisa kamu pilih. Modalnya juga cuma Rp 3 jutaan kok, dan itu hanya berupa papan tulis, spidol dan penghapus, plus modul belajar saja.

Selain les mata pelajaran sekolah, kursus bahasa asing juga boleh. Asalkan sifatnya ya murid datang ke rumah mu buat belajar.

Dan usaha ini juga cukup menguntungkan dari sisi operasional. Karena kamu gak perlu menyambangi rumah murid.

d. Cuci steam motor

Gak sedikit kok orang malas yang benar-benar mager dalam urusan cuci motor. Itu sebabnya jasa cuci steam motor masih bisa jadi peluang bisnis rumahan yang sangat menguntungkan di tahun ini.

Cukup membeli mesin seharga Rp 1,5 juta, sabun, dan peralatan lain. Kalau ditotal-total kurang lebih Rp 2 sampai Rp 3 jutaan pun bisa.

Kalaupun butuh jasa tukang cuci, mereka bisa kamu berikan upah harian yang sesuai. Mereka juga bakal dapat tip dari pelanggan.

e. Sanggar senam mini

Kamu emang jago olahraga dan punya sertifikasi trainer dari lembaga kredibel? Kalau ya, saatnya buka studio senam di rumah untuk usaha sambilan atau bisnis utama.

Jika membuka sanggar senam, zumba, atau yoga, biaya yang dikeluarkan cukup terjangkau. Kamu hanya membutuhkan, speaker, kaca besar, dan matras puzzle yang cukup untuk menampung setidaknya 20 orang. Tiga peralatan ini, bisa kamu beli di dengan modal Rp 4 jutaan. Namun, itu belum termasuk matras yoga ya!

Perhitungan omzetnya juga sederhana, semua tentu tahu bahwa bisnis tempat olahraga ini sifatnya adalah membership. Satu member diharuskan membayar biaya membership sesuai dengan berapa pertemuan latihan yang ditentukan.

Sebut saja Rp 200 ribu untuk empat pertemuan, maka jika ada 10 member, otomatis penghasilan kotormu sebulan sudah Rp 2 juta.

Itulah kira-kira delapan peluang bisnis yang bakalan laku di Kalimantan Timur nantinya. Jangan buru-buru langsung membuka usaha, karena masih ada waktu sekitar lima tahun lagi untuk mempersiapkan segalanya. 

Kamu bisa memulainya dengan melakukan riset, mengumpulkan modal, hingga mencari lahan yang mau dijadikan tempat usaha. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →