Peluang Bisnis Online Seusai Pandemi Covid-19

bisnis online usai pandemi

Meski sudah memasuki masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) transisi yang kedua, kita harus menyadari bahwa saat ini kita masih dalam masa pandemi Covid-19. Perubahan status tersebut bukan berarti virus telah lenyap, namun hanya pelonggaran aturan-aturan PSBB agar ekonomi tetap bergerak. Protokol kesehatan harus tetap dilakukan agar aktivitas berjalan lancar dan terhindar dari virus corona. Selain itu, kita harus tetap optimis bahwa pandemi Covid-19 akan segera usai.

Dalam semangat optimisme tersebut,  tidak ada salahnya untuk “membaca” peluang bisnis yang bagus setelah pandemi usai. Seperti yang kita tahu, bahwa selama pandemi bisnis online mengalami peningkatan transaksi. Banyaknya orang yang work from home (WFH) mendorong tingginya transaksi bisnis online ini. Tidak berlebihan jika belanja online menjadi kebiasaan baru bagi banyak orang. Tentu peluang bisnis online ini tidak boleh dilewatkan.

Lantas, mau bisnis online apa? Ide jual online apa yang peluangnya tetap bagus meski pandemi berakhir?Jika tidak hati-hati memilih barang dagangan, bisa-bisa barang tersebut sifatnya hanya musiman. Saat pandemi berakhir, barang tersebut sudah tidak dicari orang. Agar mengetahui apa saja  barang yang peluangnya masih bagus meski pandemi berakhir, ayo simak ulasan di bawah ini:

Bahan-bahan Pokok

Mengapa ini peluang bisnis yang menggiurkan? Bukankah di sekitar pemukiman sudah banyak warung kelontong? Memang benar. Namun, kini banyak orang yang punya skill memasaknya bertambah. Sebelum pandemi, mereka selalu beli makanan jadi. Pandemi telah “membangkitkan” kemampuan memasak mereka. Besar kemungkinan, pasca pandemi mereka juga akan lebih sering memasak. Dan mereka inilah adalah target konsumen kamu.

Saat pandemi usai, mereka pun kembali pada aktivitas normal. Meski bekerja seperti biasa, mereka tetap ingin memasak sendiri. Namun, waktu untuk berbelanja kebutuhan terbatas. Di sinilah peluang bisnis online yang menguntungkan. Kamu dapat memasarkan dagangan beras, gula, hingga sayuran segar setiap harinya. 

Kini, berbagai e-commerce juga punya lini bisnis untuk bisnis sembako hingga makanan segar. Selain itu, Kamu juga bisa mulai dengan cara sederhana yakni mulai dari tetangga sekitar. Umumkan bahwa Kamu kini menerima pesan antar sembako dan ragam sayuran segar. Dengan demikian, bisnis online pun lebih mudah mendapat pelanggan setia.

Peralatan Pribadi 

Diakui atau tidak, masa pandemic telah memperkenalkan banyak orang pada berbagai kebiasaan baru, yakni untuk hidup lebih higienis. Tentu, gaya hidup higienis ini membutuhkan peralatan khusus. Contoh yang paling gampang adalah set sendok garpu dan lunch box. Tentu makan bekal buatan sendiri dan alat makan sendiri lebih terjamin kebersihannya.

Banyaknya orang yang masak sendiri merupakan pijakan untuk memulai bisnis lunch box dan set sendok garpu. Tentu, Kamu bisa menjualnya secara online. Ide jual online ini patut dicoba. Segera cari supplier dan susun strategi pemasaran online-nya.

Perlengkapan Kesehatan

Setelah melalui pandemi, masyarakat akan cenderung lebih aware dengan isu kesehatan. Menggunakan masker saat di tempat umum tentu tidak ada ruginya jika dilakukan. Pengguna masker akan tetap terlindungi dari berbagai penyakit, misalnya flu, batuk, hingga TBC. Mencuci tangan secara teratur juga menghindarkan kita dari berbagai bakteri dan kuman.

Kesadaran akan pentingnya kesehatan ini menjadi peluang bisnis online yang menarik. Memang, di berbagai minimarket hingga pedagang kaki lima, masker dan hand sanitizer sudah tersedia dengan harga normal. Namun, dengan strategi pemasaran online, produk Kamu akan laris manis. Misalnya, Kamu menjual masker kain dengan berbagai model dan corak yang menarik. Kamu juga dapat berjualan hand sanitizer yang bundled dengan cover dengan bentuk yang lucu dan menarik. Tentu ini, hanya contoh strategi pemasaran online perlengkapan kesehatan. Kamu bisa meng-explore sendiri berbagai strateginya.

Perlengkapan Hobi

Ini menjadi salah satu poin yang menyenangkan. Saat pandemi banyak orang yang menekuni berbagai hobi baru. Nah, hobi ini akan berlanjut meski pandemi berakhir. Peluang bisnis online ini tentu tidak boleh dilewatkan. Namun, harus Kamu waspada karena beberapa hobi sifatnya hanya musiman.

Oleh karena itu, lebih baik Kamu menjual berbagai perlengkapan hobi sesuai hobi Kamu sendiri. Dengan demikian, Kamu benar-benar tahu siapa target market-nya. Pengetahuan Kamu tentang hobi tersebut juga sudah mumpuni, apalagi jika Kamu tergabung dalam komunitas hobi. Strategi pemasaran online pun akan lebih mudah karena Kamu sudah paham seluk-beluk barang dagangan dengan sangat baik.

Jika ditekuni dengan baik, hobi dapat mendatangkan keuntungan berlipat. Ketahui caranya di artikel: “5 Cara Ubah Hobi Jadi Bisnis yang Menguntungkan”

Fashion

Selama pandemi, orang-orang jarang memperhatikan fashion atau gaya berpakaiannya. Penjualan celana pendek dan kaos oblong di toko online pun mengalami peningkatan. Saat memasuki masa pasca pandemi kemungkinan mereka akan memesan pakaian untuk bekerja. Seperti baju formal dan celana bahan.

Selain itu, banyak orang yang berat badannya naik saat WFH. Kemungkinan baju kerja yang lama sudah tidak muat, sehingga perlu belanja baju lagi. Tentu ini peluang bisnis online yang menarik bukan?Itulah berbagai peluang bisnis online yang menguntungkan di era pasca pandemi. Segera buat ancang-ancang. Pilih ide jual online mana yang cocok untuk Kamu. Saat ini pun Kamu bisa mulai merintisnya. Tidak perlu khawatir jika Kamu kekurangan modal. Kamu dapat mengajukan pinjaman bisnis online di Modalku. Dengan pinjaman ini, Kamu bisa mengembangkan bisnis online lebih cepat. Segera klik di sini untuk ajukan pinjaman bisnis online!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →