Peluang-peluang Usaha Baru yang Mendatangkan Uang Saat Pandemi

peluang usaha baru

Dalam kurun waktu 6 bulan ini, kondisi finansial banyak orang lagi lesu-lesunya karena pandemi corona yang juga belum berakhir. Gak sedikit orang yang akhirnya kena PHK, bisnis jadi gak laku, sampai mengalami kerugian yang gak sedikit. Gak mungkin dong terus-terusan seperti ini, saatnya berpikir soal peluang usaha baru biar cuan tetap masuk ke rekening. 

Berhubung semuanya sekarang serba online, mulai dari kerja hingga meeting, kamu bisa menciptakan peluang usaha baru dengan bisnis online. Tentunya hal ini sangat menjanjikan, kamu gak perlu sewa tempat dan bisa mendapatkan uang dari gadgetmu saja. 

Bicara soal modal, di sini gak akan ngomongin modal bisnis yang nilainya sampai puluhan juta, kok. Justru, kita bakal membicarakan peluang usaha baru dengan modal yang sedikit, Rp 5 juta misalnya. Dengan modal Rp5 juta tentunya gak akan bikin bebanmu berat, bukan? Walaupun modalnya kecil, kalau kamu serius dan tekun pasti keuntungannya bisa lumayan banget. 

Penasaran sama peluang usaha baru apa saja yang bisa jadi ide untuk bisnis di rumah aja selama pandemi Corona? Simak selengkapnya di sini, ya!

Menjual makanan kekinian secara online

Bisnis makanan emang gak akan ada matinya, sebab makanan merupakan salah satu kebutuhan penting bagi manusia, benar kan? Nah, pintar-pintar kita saja untuk membuat resep makanan kekinian dan berbeda dengan yang lainnya. 

Sebagai contoh, banyak nih, seperti jualan salad buah dengan rasa yang sudah dimodifikasi. Misal kamu membuat salad buah dengan varian rasa oreo, susu, atau taro. 

Bisa juga ditambah dengan banyak varian topping, misalnya almond atau ekstra keju. Dijamin banyak teman atau kerabat yang tertarik, apalagi saat WFH kemungkinan untuk membeli jajanan atau makanan secara online akan meningkat karena gak bisa pergi ke mana-mana. 

Selain salad buah, kamu bisa coba makanan kekinian lain seperti macaroni schotel, korean garlic bread, mentai rice, hingga minuman enak seperti boba mungkin. Pasti banyak deh yang tertarik. 

Menjadi YouTuber dan membuat vlog harian selama pandemi corona

Mencari peluang usaha baru yang bisa mendapatkan banyak cuan gak cuma bisnis aja sih. Di zaman serba digital, membuat konten melalui platform sosial media juga pasti akan mendapatkan bayaran, salah satunya membuat youtube channel.

Selama pandemi corona, mungkin waktu luangmu akan lebih banyak, kamu bisa menyalurkan hobimu menjadi sebuah vlog yang berbeda dan unik. Seperti, video tutorial makeup #dirumahaja, atau video masak kekinian, hingga hobi lain yang berbeda misal cara menanam atau merawat tanaman indoor yang sekarang lagi hits banget. 

Seru kan pastinya. Hanya modal kamera saja dan media sosial, kamu bisa mendapatkan bayaran dari youtube.

Jualan tanaman hias

Saat WFH, tren tanaman hias juga lagi naik lagi, lho! Gak sedikit orang yang memposting soal tanamannya yang mulai tumbuh. Bahkan, para influencer seperti Ayudia Bing Slamet hingga Kadek Arini pun sering membagikan kegiatannya saat merawat tanaman hias.

Modal untuk bisnis tanaman hias sebenarnya gak gede-gede amat. Sebab, ada banyak tukang tanaman yang menjual bibit tanaman hias mulai dari Rp 10 ribu. 

Nah, kamu bisa membeli banyak dan mengembangbiakannya lagi. Kalau sudah tumbuh, kamu bisa menjualnya kembali dengan harga yang lebih mahal, misal Rp50 ribu-Rp100 ribu tentu dengan menawarkan paketan pot lucu.

Dalam sehari, tentu kamu akan mendapatkan banyak keuntungan dari berjualan tanaman hias. Tapi, kuncinya kamu harus sabar dan telaten, ya! Anggap saja tanaman hias yang kamu rawat adalah anakmu sendiri. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Usaha sebagai dropshipper

Selain beberapa usaha di atas, kamu juga bisa memulai usaha baru dengan menjadi seorang dropshipper. Cuma modal internet dan HP kamu bisa meraup banyak keuntungan, apalagi saat ada banyak sale, kamu bisa menjualnya dengan harga normal atau diskon sedikit.

Untuk menarik konsumen, sebaiknya memang mencari barang diskonan dan kamu menjualnya lebih murah dari harga asli seolah-olah kamu sedang memberi diskon, padahal barang tersebut memang sedang diskon. 

Menjadi content writer

Dengan memanfaatkan internet, kamu bisa mencari peluang usaha sebagai content writer atau penulis blog. Apalagi kalau kamu memang hobi menulis dan paham soal SEO sudah menjadii nilai plus tersendiri. 

Kamu bisa menawarkan atau memamerkan tulisanmu melalui media sosial kepada teman-teman dan followersmu. Semakin kamu rajin memamerkannya di media sosial, maka akan semakin banyak orang yang mengenalmu dan bisa saja langsung tertarik dengan tulisanmu.

Jasa pembuatan konten

Jika kamu termasuk orang yang kreatif dan menyukai tantangan baru, maka kamu wajib nih membuka peluang usaha baru berupa jasa pembuatan konten. Konten di tahun 2020 ini termasuk penting banget, apalagi buat masarin produk atau barang dagangan orang lain. Jelas banyak peminatnya. 

Jangan lupa juga untuk menunjukkan portofolio di akun sosial media milikmu, ya! Itu akan memudahkan orang mengenali jasa yang sedang kamu rintis. 

Les private

Les private juga merupakan salah satu jenis usaha baru yang wajib kamu perhitungkan, nih! Apalagi sekarang anak sekolah masih sekolah online di rumah, otomatis mereka pasti membutuhkan guru privat yang bisa membimbingnya dallam memecahkan berbagai soal. 

Kamu juga gak perlu khawatir akan menyebarkan virus atau apa karena hanya mengajar satu murid saja. Kamu paling hanya menyiapkan modal transportasi atau mungkin motor dan buku untuk mengajar. 

Kursus online

Kalau kamu masih ragu dan takut untuk bertatap muka, kamu bisa sih membuka kursus online melalui google meet atau zoom sesuai dengan keahlianmu. Sebelum memutuskan membuat kursus online, kamu juga harus mencari tahu nih soal interest seseorang ingin belajar apa dan tentunya harus disesuaikan dengan keahlianmu juga. 

Kamu juga bisa mengajak kolaborasi bersama temanmu yang ahli di bidang tertentu untuk membuka kelas inline secara bersama-sama.

Jasa pembayaran

Saat banyak orang yang WFH seperti ini, pasti gak sedikit yang ingin berlangganan online streaming seperti Netflix. Namun, karena gak semua orang punya credit card, kamu bisa nih menawarkan jasa pembayaran netflix dengan credit card.

Kamu bisa mengambil keuntungan berapa persen dari biaya aslinya tapi sebaiknya jangan terlalu mahal, ya! Yang wajar saja biar banyak konsumen yang tertarik untuk menyewa jasamu. 

Jangan lupa juga tawarkan di platform media sosial yang kamu miliki.

Jasa digital marketing

Beberapa tahun lalu, pekerjaan ini mungkin gak pernah kebayang bakal ada, namun sekarang jasa digital marketing ini cukup menjanjikan, lho! Sebab, jasa digital marketing ini cukup luas, mulai dari membuat website, jasa iklan digital, hingga perencanaan untuk strategi pemasaran di internet.

Selain itu, ada lagi jasa SEO yang masuk dalam digital marketing karena memang sangat penting untuk bisa meningkatkan peringkat situs website.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Cara memulai usaha baru saat pandemi corona

Dari 10 pilihan peluang usaha baru saat pandemi di atas, pasti sudah kepikiran untuk memulai salah satu bisnis di atas, kan? Tapi, sebelum memulainya, ada baiknya kamu memperhatikan hal ini sebelum memulainya.  Jangan gegabah, kamu wajib perhatikan hal ini:

Sesuaikan dengan kemampuan finansial dan minat

Saat pandemi corona yang entah kapan akan berakhir, kamu wajib untuk melakukan perencanaan finansial termasuk juga memperhitungkan pengeluaran yang akan kamu gunakan untuk berbisnis. Jangan sampai nanti malah uangmu habis untuk modal tapi gak ada hasilnya.

Kamu juga harus memilih bisnis barumu sesuai dengan minatmu. Misal kamu suka menulis, kamu bisa memilih untuk menjadi seorang freelance content writer atau blogger.

Pasarkan bisnismu ke semua platform

Mengingat kamu masih baru, kamu juga wajib buat memasarkan bisnismu ke semua lini platformu. Bila perlu, kamu bisa meminta bantuan temanmu untuk turut serta menyebarluaskan bisnismu pada banyak orang. 

Kalau kamu berjualan makanan, kamu bisa mengirim tester gratis dan meminta bantuan mereka untuk mereview makananmu.

Nah, itu dia 10 pilihan peluang usaha baru yang bisa kamu jadikan referensi untuk mendapatkan banyak cuan di tahun 2020. Selamat mencoba dan selamat mencari cuan-cuan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →