Peluang Usaha Buat Anak Muda Terbuka Lebar di 10 Daerah Ini

Sekarang ini banyak banget usaha sukses yang dilakoni anak muda. Mereka berani menjajaki peluang usaha di bidang fashion, kuliner, hingga bisnis di bidang jasa.

Pangsa pasar bisnis anak muda ini biasanya adalah kalangan anak muda juga. Oleh karena itu, pemilihan lokasi bisnis pun jadi sangat penting untuk menentukan kesuksesan usaha. Pastinya, kamu harus pilih lokasi yang banyak anak mudanya dong.

Nah, berikut ini 10 daerah di Indonesia yang layak dilirik oleh anak muda karena punya peluang usaha yang menjanjikan. Daerah-daerah ini juga telah ditetapkan pemerintah sebagai kabupaten/kota layak pemuda. Yuk langsung simak aja.

1. Kota Bandung

Peluang usaha
Jangan ngaku anak gaul kalo belum pernah ke Bandung (sepulsa)

Siapa sih yang gak kenal Kota Bandung? Daerah yang disebut-sebut sebagai salah satu kota kreatif di Indonesia ini memiliki banyak pengusaha muda yang merintis bisnis.

Nah, kalau kamu berencana buka lahan bisnis di Kota Bandung, kayaknya cocok juga tuh. Soalnya pangsa pasar anak muda di kota ini bagus banget buat usaha. Mau buka lahan bisnis fesyen boleh. Kuliner apa lagi.

Tapi tetap bikin ide bisnis yang unik dan gak pasaran. Soalnya kalau buka usaha yang sama dengan yang lain, ya bakal percuma.

Dan jangan lupa cari lokasi yang strategis, misalnya di tengah kota atau di lokasi yang dekat kampus. Tahu sendiri kan Kota Bandung ini banyak banget kampusnya.

[Baca: 5 Usaha Sampingan Anak Muda Paling Populer di Indonesia dan Berapa Modal yang Dibutuhkan]

2. DKI Jakarta

Selain Kota Bandung, daerah yang layak dijadikan lahan bisnis adalah DKI Jakarta. Daerah ini termasuk salah satu tempat berkumpulnya para anak muda.

Coba deh cek sendiri, hampir setiap ruas jalan di Jakarta memiliki tempat nongkrong yang dipenuhi anak muda. Mulai dari kafe, restoran, mal, coffee shop, hingga ruang publik yang setiap harinya dipadati anak muda.

Proses perizinan usaha di Jakarta juga relatif mudah. Kamu bisa buat izin usaha mulai dari tingkat kelurahan hingga tingkat provinsi sekali pun. Bahkan Pemprov Jakarta sering banget bikin program perizinan di mal.

3. Kota Makassar

Emang sih Makassar dikenal sebagai kota dengan tingkat demo mahasiswa yang paling sering. Tapi ada sisi positifnya juga lho. Makassar juga masuk dalam daftar kota layak pemuda yang diberikan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Di Makassar juga banyak banget komunitas yang digerakkan anak muda. Selain itu banyak ruang publik yang sering dijadikan tempat tongkrongan anak muda.

Nah, ini peluang usaha buat kamu. Coba cari ide bisnis yang pangsa pasarnya adalah anak muda. Atau kamu bisa juga buka lahan bisnis fesyen dan kuliner di area-area wisata di Makassar.

4. Kota Padang

peluang usaha
Buka lahan bisnis di Padang gak harus masakan Padang juga kali (content.shopback)

Di Sumatera Barat, salah satu daerah termaju adalah Kota Padang. Kota ini pernah jadi tuan rumah penganugerahan daerah layak pemuda tahun 2017.

Padang menjadi salah satu kota penerima pengharagaan penganugerahan tersebut. Kota ini juga sering jadi incaran untuk ngebuka lahan bisnis, salah satunya adalah Dude Harlino. Artis sinetron ini ngebuka usaha Lapis Minang Nantigo di Kota Padang.

5. Kota Tangerang

Salah satu daerah yang fokus terhadap kegiatan anak muda adalah Kota Tangerang. Di kota ini kamu bakal sering banget menemukan kegiatan soal kepemudaan. Apalagi wali kotanya mendukung banget aktivitas yang digelar anak muda.

Nah, mumpung pemerintah kotanya mendukung, kamu manfaatin deh buat jadi peluang bisnis. Kamu coba cari ide usaha yang bisa dikembangkan di Kota Tangerang.

Baru-baru ini misalnya, Wali Kota Tangerang Arief Firmansyah membuka kegiatan Workshop Film dan Foto di kotanya. Nah, contoh peluang bisnis tersebut bisa kamu tangkap buat dijadiin usaha.

[Baca: Simak Nih 5 Usaha Sampingan Anak Muda yang Bisa Kamu Lirik]

6. Kota Ternate

Buat kamu yang berencana buka bisnis di Ternate, ada banyak peluang usaha yang bisa dikembangkan. Kamu bisa kembangkan bisnis butik, kuliner, tour dan travel, serta usaha lainnya.

Ternate adalah ibu kota Provinsi Maluku, dan lagi berkembang banget. Beragam penghargaan telah didapat oleh kota di kawasan timur ini.

Penghargaan yang diperoleh salah satunya adalah kota transparan dalam sistem pengelolaan keuangan dari UGM dan kota peduli HAM 2017. Terakhir, kota ini juga masuk daftar kota layak pemuda dari Kemenpora.

7. Kota Banda Aceh

Banda Aceh tercatat sebagai salah satu kota paling tua di Asia Tenggara. Daerah ini dinobatkan sebagai ibu kota Provinsi Aceh, dan secara otomatis jadi pusat ekonomi dan kegiatan di provinsi ini.

Peluang usaha di Banda Aceh cukup banyak. Kamu bisa buka usaha warung kopi misalnya. Di Aceh ini terkenal banget dengan produksi kopinya.

Kamu juga bisa buka bisnis jasa travel. Banda Aceh ini telah dinobatkan sebagai salah satu destinasi wisata halal. Jadi cocok juga tuh kalau kamu buka usaha travel syariah. Kebetulan kan Aceh terkenal sabagai daerah yang menerapkan sistem syariah di Indonesia.

8. Kota Pontianak

Kota ini sering banget menerima penghargaan. Mulai dari kota terbaik dalam hal pengelolaan ekonomi daerah, kota terbaik yang bersih dari korupsi, hingga kota terbaik dalam hal inovasi.

Ya, itulah Pontianak. Daerah yang menjadi ibu kota Kalimantan Barat ini dihuni oleh sekitar 655 ribu  penduduk. Tapi meskipun penduduknya relatif sedikit, kamu bisa memanfaatkan usaha di daerah ini.

Kamu bisa membuka usaha kuliner, fahion, atau jasa laundry misalnya. Sebab, Kota Pontianak ini disebut-sebut sebagai daerah yang sedang berkembang. Sehingga peningkatan penduduk di kota ini akan semakin ramai. Dan itu bisa kamu manfaatin buat buka bisnis.

9. Kota Tangerang Selatan

Kota lain yang layak dijadiin lahan bisnis anak muda adalah Tangerang Selatan. Kota ini terletak di Provinsi Banten. Sering banget event-event bisnis anak muda digelar di kota ini. Salah satunya adalah ajang Tangsel Youth Fest. Ajang ini digelar untuk mengasah bisnis anak muda.

Peluang usaha kuliner dan fashion layak dijajaki di Tangsel. Soalnya, pertumbuhan penduduk di kota ini lagi berkembang juga. Belum lagi banyak pembangunan perumahan. Siapa sih yang gak butuh makan atau gak suka baju bagus?

10. Kabupaten Bantaeng

peluang usaha
Kabupaten Bantaeng (portalikasmansabantaeng)

Satu-satunya kabupaten yang memeroleh penghargaan daerah layak pemuda adalah Kabupaten Bantaeng. Daerah ini terletak di Provinsi Sulawesi Selatan.

Mungkin banyak orang yang gak tahu atau baru dengar soal Kabupaten Bantaeng. Daerah yang dulu sering banjir ini sekarang sedang berkembang dan menjadi salah satu daerah yang diperhitungkan.

Percepatan pembangunan Kabupaten Banteng ini gak bisa lepas dari peran Bupati Nurdin Abdullah. Bupati yang sudah dua kali menjabat ini memberi banyak perubahan mulai dari ekonomi hingga masalah sosial di daerah tersebut.

Nah, kalau udah berkembang kayak gini, kamu bisa gali potensi bisnis di Kabupaten Bantaeng. Daerah ini dikenal sebagai kawasan industri dan wisata sejarah. Bisa tuh kamu buka usaha travel atau kuliner di sana.

Katanya, daerah ini lagi rajin-rajinnya buka investasi lho, karena bakal dijadiin kawasan industri di luar Jawa. Kalau ada industri baru pasti ada lapangan kerja baru. Itu peluang yang bisa kamu tangkap bukan.

Nah, itulah 10 daerah yang dinobatkan sebagai kota/kabupaten layak pemuda. Tentunya Kementerian Pemuda dan Olahraga punya alasan sendiri kalau 10 daerah tersebut diganjar penghargaan bergengsi ini.

Tapi yang pasti kesepuluh daerah yang diberi penghargaan layak pemuda tersebut memiliki indikator kebijakan, fasilitas, dan kemudahan akses untuk para pemuda beraktivitas, berwirausaha, serta mengembangkan bakat.

Yuk, segera jajaki peluang usaha di 10 daerah tersebut!

[Baca: 5 Anak Muda Indonesia yang Mendunia dengan Prestasi Tak Terkira]