Pemakaiannya Bisa Diatur, Yuk! Beralih ke Listrik Token Milik PLN

listrik token

Apabila di rumahmu masih menggunakan listrik dengan metode pascabayar ada baiknya  mengganti segera dengan prabayar atau listrik token. Sudah ada yang tahu bagaimana menggantinya ke metode listrik token?  

Rekomendasi dari PLN, listrik token dirasa lebih efisien dan murah, karena penggunaanya bisa kita kendalikan. Seperti penggunaan pulsa dan kuota, kamu jadi tahu kapan harus bersiap membeli token banyak, kapan tahu kapan harus mengirit. 

Jika mau teratur soal pengeluaran listrik, kamu bisa menjatahkannya misalkan Rp100 ribu untuk 10 hari. Selama sebulan kamu bakal tahu berapa kebutuhan listrikmu, karena bisa saja sebelum 10 hari token listrik sudah bunyi, atau bahkan bisa saja Rp100 ribu sampai 10 hari lebih.

Dengan pengalaman ini banyak orang yang ingin berpindah menggunakan listrik token. Beberapa orang bahkan mengatakan bahwa selisih iuran bulanan listriknya berbeda antara prabayar dan pascabayar.

Namun petugas PLN tidak seperti penjual nasi goreng yang setiap hari lewat. Sehingga banyak pula masyarakat menanyakan bagaimana cara pasang baru PLN . Apa yang harus dilakukan dan berapa biaya yang diperlukan untuk memasang pasang baru PLN?

Untuk rumah-rumah baru di kawasan cluster atau lingkungan perumahaan pasti rata-rata sudah menggunakan listrik token. Untuk itu bagi kamu yang ingin memasang baru PLN.  Lifepal akan memberikan beberapa hal yang mesti kamu lakukan sebelumnya. 

Mulai dari cara memasang, apa saja yang dibutuhkan hingga berapa biaya yang disiapkan. Yuk baca selengkapnya di sini. 

Bagaimana cara mendaftar untuk penggunaan listrik token ini

Untuk memasang listrik baru, ada 3 cara yang bisa kamu lakukan. Bisa datang langsung ke kantor PLN buat yang penasaran dan mau nanya-nanya. Bisa juga lewat online hingga telepon.  Untuk pasang listrik baru, kamu harus menyiapkan beberapa dokumen mulai dari fotokopi identitas diri, bisa SIM atau KTP. Siapkan denah rumahmu untuk disurvei. Jika terpaksa diwakilkan orang lain, maka kamu harus gunakan surat kuasa.

Menghubungi PLN untuk dikirim petugas

Bawalah dokumen yang diperlukan untuk pemasangan listrik baru lalu serahkan ke kantor PLN. Selanjutnya, kamu akan menunggu petugas melakukan survey lokasi ke rumah. 

Mereka akan mengecek kabel, jarak antar rumah dan tiang listrik dan sebagainya. Jika sudah dilakukan pengecekan, kamu harus membayar administrasi ke kantor PLN. Siapkan juga uang untuk isi token, minimal sih Rp5 ribu tapi sebaiknya kamu isi Rp50 ribu agar listrik bisa digunakan seharian.

Sebagai tanda deal, kamu harus menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) yang disediakan pihak PLN. Baru deh petugas PLN akan memasang listrik pintar di rumahmu.

Menghubungi PLN 123

Kamu juga bisa minta tolong untuk dipasangkan listrik baru via telepon. Hubungi saja call center PLN di 123 dan sampaikan permohonan kamu untuk pemasangan listrik baru.

Kamu akan diminta untuk melengkapi dokumen persyaratan seperti KTP/SIM juga peta lokasi rumah kamu. Nantinya, petugas akan mendata KTP mu dan menanyakan denah rumah untuk selanjutnya melakukan survey langsung ke rumah. 

Untuk pembayaran, kamu akan diberikan arahan untuk membayar administrasi ke rekening bank yang sudah ditentukan. Sama seperti yang lain, kamu bakal diminta untuk menandatangani SPJBTL dan petugas akan memasang sambungan listrik baru di rumahmu.

Mengunjungi situs PLN di pln.co.id

Kamu bisa langsung saja kunjungi situs pln.co.id bisa melalui ponsel atau gadget kamu yang lain, kemudian klik Pasang Sambungan. Selanjutnya akan muncul halaman syarat dan ketentuan pasang baru dan klik setuju di bagian paling bawah. Kemudian kamu akan diminta buat mengisi formulir dengan kartu identitas kamu 

Setelah itu, kamu akan diminta mengisi data pemohon, atau klik pada kolom Copy Data Pelanggan agar data bisa terisi otomatis. Pembayarannya pun lebih praktis, kamu tinggal klik hitung biaya kemudian akan muncul besaran biaya yang perlu kamu bayarkan lewat ATM atau kantor PLN terdekat.

Biaya Pasang

Tadi disebutkan soal pembayaran biaya administrasi kan? Cuma belum dijelasin berapa nominalnya. Nah untuk pembiayaan tersebut, kamu harus mempersiapkan dana sebagai berikut, biaya penyambungan (BP), Uang Jaminan Langganan (UJL), biaya materai, kemudian juga untuk membeli stroom token minimal Rp 5 ribu.

Jika masih bingung, Lifepal coba kasih contoh kasus ya. Misal kamu mau pasang listrik 1300 watt untuk rumah tangga.

Kamu harus menyiapkan biaya penyambungan sebesar Rp. 1.218 ribu dan stroom token Rp. 20 ribu.

b1. Pajak Penerangan Jalan (3 % x b3) : Rp583

b2. PPn (0 % x b3) : Rp0

b3. Rupiah Token Dikonversi ke kWh (Token Perdana/(1+ %ppj + %ppn)) : Rp19.417

Materai : Rp6.000

Estimasi total biaya yang harus dibayar : Rp1.244.000. hasil ini mengacu pada ketentuan tarif tenaga listrik dan peraturan perpajakan terbaru (Juni 2020). Uang segitu juga tergantung jumlah stroom token yang kamu isi. Kalau bisa sih langsung buat seminggu, agar tidak bolak balik isi dan boros di biaya admin.

Itu tadi jika daya yang kamu inginkan 1300, yaitu daya yang paling sering digunakan rumah tangga.  Jika kamu kepo dengan biaya untuk daya yang lebih kecil dari itu berikut Lifepal kasih tahu besarannya di sini.

Daya yang Volt Ampere-nya gak dihitung

  •       Daya 400 biayanya Rp 40 ribu
  •       Daya 500 biayanya Rp 60 ribu
  •       Daya 1300 biayanya Rp 95 ribu
  •       Daya 2200 biayanya Rp110 ribu
  •       Daya 3500 biayanya Rp 105 ribu

Daya yang Volt Ampere-nya dihitung

  •       Daya 4400 per VA Rp30 biayanya Rp132 ribu
  •       Daya 5500 per VA Rp30 biayanya Rp 165 ribu
  •       Daya 6600 per VA Rp30 biayanya Rp 198 ribu
  •       Daya 7700 per VA Rp30 biayanya Rp231 ribu
  •       Daya 10600   per VA Rp 25 biayanya Rp265.000 dst

Nah itulah semua informasi tentang cara, syarat dan biaya yang harus kamu keluarkan untuk pasang PLN baru. Informasi gak cuma buat kamu yang mau ganti dari sekering konvensional ke sekering pintar, tapi bagi kamu yang mau tambah daya pun sama.

Mungkin yang tadinya rumah hanya untuk listrik sehari-hari, kini gara-gara pandemic tiba-tiba jadi buka usaha sampingan di rumah. Baik laundry, warung kopi atau sekadar rental komputer tentu membutuhkan tambah daya.

Ayo segera upgrade listrikmu, jangan sampai lagi asik nonton drakor tiba-tiba listrik jepret karena ada yang masak nasi atau gosok baju. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa menghubungi contact center-nya di 123. Jangan lupa untuk selalu siapkan bujet buat beli token listrik ya. Semoga bermanfaat!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →