10 Aplikasi Pembayaran Online Terpopuler di Indonesia

pembayaran online

Di zaman yang serba digital ini hampir segala aktivitas bisa dilakukan secara online, termasuk ketika kita melakukan berbagai jenis pembayaran.

Tidak perlu lagi iuh yang namanya membawa uang banyak ke mana-mana. Cukup bermodalkan aplikasi pembayaran online yang telah kita instal pada ponsel maka kita sudah bisa bertransaksi tanpa ribet.

Kini sudah banyak aplikasi pembayaran online yang bisa kita unduh, setiap aplikasi tentunya memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbeda-beda. Nah, berikut ini adalah 10 aplikasi pembayaran yang memiliki jumlah unduh terbanyak di Playstore. Apa saja daftarnya? Yuk, simak dari daftar yang paling sedikit diunduh hingga paling banyak.

1. Bebas Bayar

Bebas Bayar adalah sebuah aplikasi pembayaran online untuk berbagai tagihan rutin seperti PDAM, PLN, telepon, pulsa, dan sebagainnya. 

Untuk menggunakan aplikasi ini, kita tidak perlu menyiapkan biaya registrasi atau initial fee apa pun. Dengan kemudahan tersebut, tidak heran jika aplikasi ini sudah berhasil diunduh sebanyak 500 ribu kali dan mendapatkan rating 4,3 bintang di Playstore.

2. Sakuku

sakuku

Sakuku adalah sebuah aplikasi pembayaran online yang dikeluarkan oleh BCA guna mempermudah penggunanya bertransaksi secara digital dengan merchant-merchant rekanan.

Aplikasi ini tidak hanya menyediakan kemudahan dalam bertransaksi, namun juga berbagai promo dan fitur menarik lainnya. Tidak heran jika Sakuku sudah diunduh lebih dari 500 ribu di Playstore dan mendapatkan rating sebanyak 4,7 dari 5.

3. Doku

Doku adalah sebuah layanan pembayaran online yang dikeluarkan oleh PT. Nusa Satu Inti Artha . Melalui aplikasi ini kita bisa melakukan berbagai transaksi meskipun kita tidak memiliki rekening bank maupun kartu kredit. Selain itu, kita juga bisa melakukan setor maupun tarik tunai dari gerai yang telah bekerja sama.

Kemudahan tersebut tentunya membuat siapapun yang mengetahuinya tergiur untuk mencoba, hingga akhirnya aplikasi ini telah diunduh lebih dari 1 juta kali dengan perolehan rating 3,2 dari 5 di Playstore.

4. Kudo

Kios Dagang untuk Online atau yang biasa dikenal dengan KUDO adalah sebuah platform yang memberikan kemudahan kepada para pengusaha dagang untuk menjual dagangannya mulai dari alat rumah tangga, kosmetik, hingga gadget.

Di aplikasi ini, kita juga bisa membayarkan tagihan sehari-hari secara online, seperti pembayaran air, tagihan listrik, telepon, BPJS, asuransi, cicilan motor, hingga pulsa.

Sejak awal tahun 2017, KUDO telah diakuisisi oleh Grab, sehingga kini platform tersebut sudah terintegrasi secara penuh ke dalam pembayaran milik Grab, yaitu OVO.

Hingga kini Kudo telah diunduh lebih dari 1 juta kali dengan perolehan rating 4,3 dari 5.

5. BluePay

bluepay

Sebagian dari kita mungkin mengenal BluePay dari vending machine BlueMart yang tersebar luas di Indonesia. BluePay adalah sebuah aplikasi besutan PT BluePay Digital Internasional yang berfokus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam melakukan pembayaran yang mudah, aman, dan cepat.

Di aplikasi tersebut kita tidak hanya bisa membeli camilan dari  vending machine saja, melainkan juga pembayaran listrik, telepon, voucher game, dan masih banyak lagi.

Hingga kini BluePay telah berhasil mencapai 1 juta unduhan dengan rating sebesar 4,4 bintang.

6. iSaku

isaku

Mau belanja di Indomaret dengan harga yang lebih murah dan sistem pembayaran yang lebih mudah? Coba gumanak iSaku.

iSaku adalah layanan pembayaran digital yang menungkinkan kita melakukan pembayaran dengan lebih mudah. Pada aplikasi ini kita bisa menukarkan poin yang didapat dari hasil transaksi dengan berbagai hadiah menarik.

Kini iSaku telah diunduh sebanyak 1 juta kali dengan perolehan rating di Playstore sebesar 4,4 bintang.

7. LinkAja

Mandiri E-Cash

Sebelumnya dikenal dengan sebutan Mandiri e-cash, LinkAja adalah produk financial technology (fintech) yang dibentuk oleh Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), Telkomsel, dan Pertamina, dan Asuransi Jiwasraya

Produk pembayaran online ini dibuat untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan masyarakat saat melakukan transaksi keuangan, seperti pembayaran listrik, PDAM, BPJS, dan internet. Salah satu fitur layanannya adalah terdapat beberapa jenis akun pengguna, yakni layanan Basic Service dan Full Service.

Saat ini LinkAja sudah mencapai lebih dari 10 juta kali unduh dengan rating rata-rata 3,8 bintang.

8. OVO

cara top up ovo

OVO adalah sebuah aplikasi dompet digital yang bisa memberikan kita banyak kemudahan dalam bertransaksi di berbagai merchant rekanan. Selain kemudahan dalam bertransaksi, kita juga bisa mendapatkan banyak promo cashback menarik, mulai dari 10 persen hingga 70 persen. 

Banyaknya promo dan  kemudahan yang diberikan, tidak heran OVO telah diunduh sebanyak lebih dari 10 juta kali di Playstore dengan perolehan rating mencapai 4,3 bintang.

9. Dana

dana

Dana merupakan aplikasi pembayaran online yang memiliki jumlah unduh mencapai 10 juta dengan perolehan rating sebesar 4,6 bintang. Tingginya perolehan rating tersebut tentunya diakibatkan oleh beberapa faktor mulai dari banyaknya promo yang diberikan, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran untuk BPJS, Listrik, PDAM dan cicilan.

10. Gopay

cara top up gopay

Aplikasi pembayaran online terakhir, sekaligus menjadi aplikasi dengan perolehan unduhan tertinggi di Playstore, yaitu Gopay dengan 50 juta kali unduhan dan perolehan rating  mencapai 4,5 bintang.

GoPay adalah dompet virtual yang bisa digunakan untuk membayar berbagai transaksi yang berkaitan dengan layanan di aplikasi Gojek, mulai dari GoRide, GoCar, GoFood, hingga pembayaran belanja di toko-toko bertanda khusus.

Aplikasi e-money ini juga memberikan banyak sekali program menarik, seperti cashback atau uang kembali sebesar 20 sampai 75 persen khusus transaksi dengan Go Pay.

Itulah 10 aplikasi pembayaran online dengan jumlah unduhan tertinggi pada saat ini. Tiap aplikasi memang menawarkan berbagai kemudahan dalam bertransaksi dan juga promo menarik, seperti cashback.

Meskipun memudahkan, namun bukan berarti kita terlena dengan segala layanannya, sampai membuat kita boros untuk terus berbelanja.

Tetap bijak dan tentukan prioritas pembayaran agar kondisi keuangan tetap stabil dan perencanaan di masa depan yang kita inginkan dapat berjalan sesuai rencana.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →