Kaya Raya Berkat Saham Google, Ini 5 Orang yang Jadi Pemegang Terbesar

saham google

Punya saham Google pastilah sangat menguntungkan. Sejak tahun 2004 hingga saat ini, harga sahamnya cenderung naik. Kalau harganya pada 20 Agustus 2004 sekitar Rp 757 ribuan per lembar, kini harganya telah mencapai US$ 1.130 atau sekitar Rp 15,79 jutaan.

Kebayang kan kalau pada tahun 2004 kamu telah memiliki saham Google dalam jumlah banyak, udah kaya banget seandainya dijual sekarang. Di bursa NASDAQ, ada kelas saham Google yang diperdagangkan, yaitu kelas A berkode GOOGL dan kelas C berkode GOOG.

Saham Google sendiri di bursa tercatat dengan nama Alphabet Inc. Class A Common Stock dan Alphabet Inc. Class C Capital Stock. Kedua saham tersebut memiliki harga yang beda-beda tipis atau punya selisih yang sangat kecil.

Dari banyaknya investor atau trader yang memegang saham Google, ada beberapa orang yang diketahui memilikinya dalam jumlah besar. Penasaran, siapa aja orang-orang tersebut? Berikut ini nama-namanya seperti yang dikutip dari Investopedia.

1. Larry Page

saham google
Larry Page (Shutterstock)

Udah pasti, yang namanya pendiri memiliki saham perusahaannya sendiri. Begitu juga dengan Larry Page yang gak lain adalah salah satu pendiri Google sekaligus CEO Alphabet Inc., induk perusahaan Google. Sementara itu, posisi CEO Google diserahkan ke Sundar Pichai.

Larry Page, menurut data yang diperoleh Investopedia, memegang saham Google sebanyak 20 juta saham kelas C. Itu berarti dengan harga kelas C yang berada di angka US$ 1.138, kepemilikan Page mencapai US$ 22,76 miliar atau sekitar Rp 318,14 triliun. Nilai kepemilikan yang sangat fantastis, bukan?

Gak heran kalau Larry Page masuk daftar orang paling kaya di dunia versi Forbes. Nilai kekayaan Page diketahui mencapai US$ 52,5 miliar atau Rp 733,89 triliun.

2. Sergey Brin

saham google
Sergey Brin (Shutterstock)

Bersama-sama dengan Larry Page membangun Google pada 1998, Sergey Brin juga memiliki saham Google dalam jumlah banyak. Di Alphabet Inc., Sergey Brin menempati posisi sebagai Presiden. 

Kesuksesannya dalam membangun Google membawanya menjadi orang yang paling kaya di dunia. Kekayaan Sergey Brin dilaporkan mencapai US$ 51,4 miliar atau sekitar Rp 718,59 triliun.

Salah satu sumber kekayaan Brin adalah kepemilikannya atas saham Google. Brin diketahui punya saham kelas C sebanyak 19,3 juta lembar dan kelas A sebanyak 35.300 lembar.

Pastikan masa depan anak terjamin hingga sarjana nanti dengan memiliki proteksi jiwa yang memberi benefit uang pertanggungan hingga Rp1,5 miliar, mulai dari Rp120 ribuan

3. Eric Schmidt

saham google
Eric Schmidt (Shutterstock)

Walaupun sekarang udah gak lagi bekerja buat Google, Eric Schmidt diketahui masih memegang saham Google dalam jumlah yang banyak. 

Selama di Google, Schmidt mengemban posisi sebagai CEO dari 2001 – 2011. Lalu menjadi Executive Chairman di Google dari 2011 – 2015 dan menjadi Executive Chairman di Alphabet Inc. dari 2015 – 2017.

Setelah gak lagi di Google, Schmidt menempati posisi di Gedung Putih sebagai Ketua Dewan Penasihat Inovasi Pertahanan dan kini menjadi penasihat teknis buat dewan.

Saham Google yang dipegang Schmidt mencapai 2,82 juta lembar kelas C dan 51.917 lembar kelas A. Kekayaan Eric Schmidt menurut laporan Forbes mencapai US$ 13,2 miliar atau sekitar Rp 184,5 triliun.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

4. Sundar Pichai

saham google
Sundar Pichai (Instagram/@sundarpichai)

Menjadi CEO Google sejak Oktober 2015, Sundar Pichai tercatat memegang saham Google. Padahal, Pichai sebelumnya bekerja buat Applied Materials dan McKinsey & Company. 

Bekerja di Google dengan tanggung jawab yang besar, Sundar Pichai disebut-sebut menjadi CEO dengan bayaran tertinggi. Pada 2016, Pichai dilaporkan mendapat gaji sebesar US$ 199,7 juta atau sekitar Rp 2,79 triliun.

Pichai memegang saham Google kelas C dan kelas A. Kepemilikan saham kelas C mencapai 89.727 lembar ditambah dengan 85.415 lembar saham kelas C lagi. Ia juga memiliki saham kelas A sebanyak 6.317 lembar.

5. John Doerr

Sosok yang satu ini merupakan ketua perusahaan modal ventura Kleiner Perkins. Ia berperan sebagai investor Google pada tahun 1999. Perusahaannya menyuntikan dana ke Google sebesar US$ 12,5 juta atau sekitar Rp 174,65 miliar.

Gak cuma ke Google, John Doerr juga berperan dalam pengembangan Intel, Amazon, AOL, Compaq, Electronic Arts, Netscape, dan Twitter. Kekayaannya dilaporkan mencapai US$ 7,9 miliar atau sekitar Rp 110,39 triliun.

Doerr tercatat memiliki saham Google secara langsung sebanyak 3.485 lembar saham kelas A dan 5.143 lembar kelas C. Ia juga secara gak langsung memiliki saham kelas C sebanyak 791.195 lembar dan 118.653 lembar saham kelas A melalui Vallejo Ventures Trust dan The Benificus Foundation.

Punya masalah keuangan yang belum tahu solusinya? Silakan konsultasikan masalahmu kepada pakarnya di Tanya Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →