Tak Hanya Papa T Bob, 5 Pencipta Lagu Indonesia Ini Populer di Masanya!

Pencipta-lagu-blog

Kesuksesan seorang penyanyi tentu saja tak luput dari peran pencipta lagu. Berkat tangan dinginnya lah tercipta sebuah lagu yang membuat para penyanyi terkenal.

Lagipula, sebuah lagu selain enak didengar juga harus menyuguhkan sebuah pesan untuk para pendengarnya. Karena secara tak langsung, sebuah lagu bisa memengaruhi emosi seseorang.

Gak heran, banyak orang yang menangis tersedu-sedu atau tertawa gembira saat mendengar lagu-lagu tertentu yang sesuai suasana hati. Benar gak?

Pemaparan di atas merupakan tugas seorang pencipta lagu untuk menghasilkan sebuah karya musik yang berkualitas, dan dapat memberikan pesan-pesan pada setiap liriknya.

Entah sudah ada berapa pencipta lagu di Indonesia yang karyanya patut diacungi jempol. Ada yang menciptakan lagu, lalu dinyanyikan sendiri, namun ada juga yang lagu ciptaannya dinyanyikan penyanyi lain.

Siapa saja pencipta lagu ternama Indonesia yang pernah sangat populer pada masanya? Berikut, lima di antaranya:

1. Deddy Dores

Pencipta lagu
Deddy Dores (Instagram/@deddydoresfc)

Salah satu pencipta lagu Indonesia Deddy Dores banyak menciptakan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi Indonesia papan atas. Salah satunya, Nike Ardilla.

Di era 1990-an, nama Deddy Dores selain sebagai penyanyi juga merupakan seorang pencipta lagu cukup produktif yang mampu membuat lagu-lagu slow-rock terbaik. 

Bahkan, pemilik nama Dedi Suriadi itu sempat tergabung dalam grup musik rock legendaris, God Bless.

Baca juga: Bersinar di Era 90-an hingga Bangkrut, Ini Fakta Pencipta Lagu Papa T Bob!

2. Rinto Harahap

Pencipta lagu
Rinto Harahap (Instagram/@cindyclaudiaofficial)

Penyanyi sekaligus penulis lagu Rinto Harahap juga sangat populer dan terkenal di era 1980-an. 

Ayah penyanyi dan aktris Cindy Claudia Harahap ini juga disebut-sebut sebagai pencipta spesialis lagu melankolis.

Lagu-lagu ciptaannya sudah banyak sekali dinyanyikan oleh para penyanyi ternama. Dia bahkan sempat mendapat penghargaan internasional sebagai penulis lagu paling produktif.

3. Ahmad Dhani

Pencipta lagu
Ahmad Dhani bersama tiga putranya, Al. El dan Dul (Instagram/@ahmaddhaniprast)

Ahmad Dhani merupakan salah satu musisi yang paling disegani sebelum banyak kontroversi yang dilakukan. Gimana gak, setiap lagu ciptaannya selalu meledak di pasaran.

Bahkan, beberapa grup musik yang dibentuknya selalu berhasil mencuri perhatian masyarakat dan terkenal. 

Gak heran, mantan suami Maia Estianty ini menjadi salah satu pencipta lagu, penyanyi hingga produser rekaman paling tenar sepanjang dekade 1990 hingga 2000-an.

4. Melly Goeslaw

Pencipta lagu
Melly Goeslaw (Instagram/@melly_goeslaw)

Nama Melly Goeslaw juga keluar sebagai penyanyi sekaligus penulis lagu wanita yang paling sukses di industri musik Tanah Air.

Banyak sekali lagu-lagu ciptaannya yang populer dinyanyikan sendiri atau penyanyi lain. Bahkan, istri Anto Hoed ini juga sudah sering membuat lagu untuk soundtrack film ternama, salah satunya “Ada Apa dengan Cinta”.

Hingga kini, Melly masih aktif di dunia musik. Baik sebagai penyanyi maupun pencipta lagu.

5. Papa T Bob

Pencipta lagu
Papa T Bob (Instagram/@papatbob_official)

Siapa sih yang gak kenal dengan pencipta lagu anak-anak sangat populer di era 90-an, Papa T Bob. Papa T Bob memiliki pengaruh yang cukup besar untuk membuat para artis cilik terkenal.

Karena kesuksesannya, pemilik nama asli Erwanda ini disebut-sebut sebagai salah satu miliarder di Indonesia pada masa itu.

Sayangnya, seiring dengan semakin redupnya dunia musik anak-anak, nama Papa T Bob pun ikut tenggelam. Bahkan, kabarnya Papa T Bob sempat mengalami bangkrut hingga terlibat beberapa kasus.

Itulah lima pencipta lagu Indonesia yang sempat tenar dan populer pada masanya. Kalau kamu, mana yang kamu suka? (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →