Kenapa Orang Berbondong-bondong Ikut Pendaftaran CPNS? Alasannya…

Pendaftaran CPNS

Pendaftaran CPNS

Pendaftaran CPNS kembali dibuka. Website sscn.bkn.go.id udah bisa diakses sejak 19 September 2018. Nantinya siapa aja yang pengin mengikuti seleksi CPNS bisa mendaftarkan diri di website tersebut.

Meski udah bisa diakses, website tersebut belum bisa digunakan buat melakukan registrasi. Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang bertanggung jawab atas pelaksanaan pendaftaran CPNS mengatakan, registrasi baru bisa dilakukan paling cepat 26 September 2018.

Mengenai keputusan tersebut, gak sedikit yang menyayangkan mundurnya pendaftaran CPNS. Di website mereka cuma bisa melihat daftar formasi CPNS yang dibuka.

Seperti yang diberitakan Liputan 6, pemerintah membuka 51.271 posisi yang bakal ditempatkan di pusat, dan 186.744 posisi untuk ditempatkan di instansi daerah.

Melihat antusiasme orang melakukan pendaftaran CPNS, bikin penasaran gak sih kira-kira apa yang membuat banyak orang tertarik jadi PNS? Bahkan, sempat ramai diberitakan ada yang bayar ratusan juta supaya bisa jadi PNS.

Kalau mengikuti obrolan tentang CPNS, katanya menjadi PNS itu kesejahteraan udah pasti dijamin. Pantas aja peminatnya tinggi banget!

Emangnya kesejahteraan yang kayak gimana yang cuma bisa dinikmati PNS? Daripada bertanya-tanya, cari tahu yuk jawabannya dalam ulasan berikut:

1. Gaji pokok kecil, tapi tunjangannya…

 

View this post on Instagram

 

A post shared by #ASNKiniBeda (@bkngoidofficial) on

Gaji pokok PNS itu sebenarnya gak besar-besar banget. Gaji pokok minimal Rp 1.486.500 buat Golongan I A, dan paling maksimal Rp 3.422.100 buat Golongan IV E.

Sekadar diketahui, kalau kamu baru lulus dengan ijazah S-1, begitu diterima menjadi PNS, kamu masuk ke golongan III A. Menurut PP Nomor 30 Tahun 2015, gaji pokok yang kamu terima sebesar Rp 2.456.700.

Emang kecil sih. Bahkan, lebih kecil dari upah minimum regional (UMR) Jakarta. Namun, fakta tersebut gak menyurutkan animo orang mengikuti pendaftaran CPNS.

Pasalnya, sejumlah tunjangan yang didapat PNS bisa bikin mereka membawa take home pay hingga dua digit atau di atas Rp 10 jutaan.

Sejumlah tunjangan yang diperoleh PNS itu meliputi THR, gaji ke-13, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, tunjangan umum, tunjangan kinerja, tunjangan fungsional, tunjangan anak istri, hingga tunjangan-tunjangan lain tergantung posisi dan institusinya.

2. Pensiun masih dihidupi negara

 

View this post on Instagram

 

A post shared by #ASNKiniBeda (@bkngoidofficial) on

Kalau pegawai swasta merasa kekurangan meski telah menerima uang pensiun, lain halnya dengan pensiunan PNS yang masih dihidupi negara. Setiap bulannya, pensiunan PNS bakal terima gaji pokok hingga si pensiunan dan istrinya wafat.

Kurang enak apa tuh jadi PNS? Selama masih ada umur, uang terus mengalir ke rekening. Beda banget dengan pegawai swasta yang begitu terima uang pensiun, urusannya dengan perusahaan di mana ia bekerja selesai. Jadi, gak usah heran kalau pendaftaran CPNS selalu ramai.

Apalagi, pemerintah berencana bakal memberikan take home pay (THP) bukan lagi gaji pokok ke pensiunan PNS, begitu seperti diberitakan Kontan. Dijamin bakal riang banget deh buat mereka yang dapat THP dua digit kalau rencana ini terwujud!

3. Gak ada PHK

 

View this post on Instagram

 

A post shared by #ASNKiniBeda (@bkngoidofficial) on

Pemutusan hubungan kerja alias PHK jadi momok yang menakutkan bagi setiap karyawan, terutama mereka yang bekerja di perusahaan swasta. Namun, PHK gak berlaku untuk para PNS.

Begitu menjadi PNS, gak ada cerita kamu di-PHK karena institusi atau lembaga tempatmu bekerja bangkrut.

Status PNS bisa dicabut seandainya kamu mengajukan pengunduran diri, terkena kebijakan perampingan yang biasanya berlaku untuk usia 50 tahun dengan masa kerja 10 tahun, dan melakukan pelanggaran tingkat berat.

4. Bisa ambil pinjaman bermodalkan SK PNS

 

View this post on Instagram

 

A post shared by #ASNKiniBeda (@bkngoidofficial) on

Enaknya jadi PNS, surat keputusan (SK) yang diterima bisa dijadikan agunan buat ambil pinjaman. Jadi, saat kamu butuh uang untuk keperluan mendesak, jaminkan aja SK yang kamu punya. Dana pinjaman dijamin cepat cair.

Gak sedikit yang bertanya-tanya kenapa SK PNS itu sampai begitu berharganya. Sekadar diketahui, SK PNS punya dua manfaat penting yang nantinya memengaruhi masa depan si PNS.

Apa aja kegunaannya? Selain jadi barang bukti kalau si bersangkutan benar-benar PNS, SK PNS itu bisa membantu naik golongan dan menikmati fasilitas pensiun.

Lantaran SK itu penting banget, gak heran kalau bank gak ragu mengucurkan pinjaman ke PNS.

Beberapa keuntungan tersebut menjadi alasan mengapa banyak orang ikut pendaftaran CPNS. Begitu tingginya animo masyarakat memperebutkan posisi CPNS, membuat kamu yang berniat mengikutinya bakal bersaing dengan jutaan orang.

Kalau pun gagal, kamu gak usah bersedih hati. Masih banyak kok pekerjaan yang menawarkan keuntungan menggiurkan, bahkan gajinya tembus dua digit.

Untuk lengkapnya, baca di sini: Paling diminati jobseeker! Ini 5 BUMN yang tawarkan gaji besarSelamat mencoba!

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis