Deretan Sumber Cuan Bambang Pamungkas Selepas Pensiun dari Sepakbola

bambang pamungkas

bambang pamungkas

Pesepakbola ternama yang membela klub Persija Bambang Pamungkas telah pensiun. Pertandingan melawan Persebaya, Selasa (17/12) kemarin menjadi laga terakhirnya. 

Penyerang yang akrab disapa BP ini sudah mengenal dunia sepakbola sejak usia 8 tahun. Kemampuan mengolah kulit bundar mulai ia asah di Sekolah Sepakbola Hobby Sepakbola Getas. 

Ia sempat juga berpindah ke Sekolah Sepak Bola Ungaran dan bermain untuk klub-klub lokal di Semarang dan Salatiga. Saat menginjak masa remaja, klub profesional banyak yang meliriknya. 

Pada tahun 1999, saat usianya 19 tahun, ia akhirnya dikontrak oleh klub raksasa Persija Jakarta. Di musim pertamanya, musim 1999-2000 BP berhasil menorehkan performa yang gemilang. Dari 30 pertandingan yang dilakoninya, ia sukses menyarangkan 24 gol ke gawang lawan. 

Masa pensiunnya pun dia lakoni di Persija, dengan total perolehan dua piala Liga 1 tahun 2001 dan 2018 silam. 

Selain di Persija, BP juga diketahui pernah membela klub-klub lain, seperti NHC Norad, Belanda, Selangor FC Malaysia, dan Pelita Bandung Raya. 

Pria kelahiran tahun 1980 itu termasuk menjadi pemain tersukses di Indonesia, nilai kontraknya bersama Macan Kemayoran mencapai 1,3 miliar per tahun. 

Tahun 2016, namanya masuk ke daftar 10 besar atlet terkaya di Indonesia, tepatnya di urutan ke-6 dengan kekayaan mencapai Rp 72 miliaran. 

Penyerang paling produktif yang pernah dimiliki Persija dan Timnas Indonesia itu kini telah resmi gantung sepatu. Namun, Bambang Pamungkas tetap diprediksi menjadi jajaran atlet terkaya, karena sumber pendapatannya tidak hanya dari gaji pesepakbola saja.

Baca juga: Prestasi Shin Tae-yong, Calon Pelatih Timnas yang Dipersiapkan Bawa Indonesia Juara Piala Dunia

1. Iklan dan brand ambassador 

bambang pamungkas
Bepe jadi ambassador brand. (Instagram/@bepe20)

Bambang Pamungkas gak cuma dikenal sebagai pesepakbola yang piawai, tetapi ia juga dikenal sering membintangi sejumlah iklan di televisi. Produknya pun beragam, mulai dari minuman berenergi, perawatan tubuh, produk olah raga, sampai susu balita. 

Selain iklan, BP juga dipercaya menjadi brand ambassador sejumlah produk. Pemain bernomor punggung 20 itu pernah menjadi brand ambassador Kuku Bima Ener-G, perusahaan asuransi AIA, Nivea, sampai Brodo. 

Baca juga: Sempat Ditolak Timnas, Begini Karier Cucu Habibie yang Jadi Pemain Bola

2. Jadi pembicara 

bambang pamungkas
Jadi pembicara di sebuah acara. (Instagram/@bepe20)

Bambang Pamungkas sering diundang ke berbagai forum sebagai pembicara. Pengalamannya menoreh prestasi sampai jatuh bangunnya di dunia sepakbola pada khususnya tentu sangat layak dijadikan motivasi bagi anak-anak muda. 

Baca juga: 5 Klub Sepak Bola Dunia Ini Harga Sahamnya Paling Mahal, Ada Tim Favorit Kamu?

3. Coaching clinic 

bambang pamungkas
Di sebuah acara coaching clinic. (Instagram/@bepe20)

Meski gak lagi bermain, BP kayaknya bakal lebih banyak mengisi materi di sekolah-sekolah sepakbola atau event olahraga deh. Hal ini karena ia merupakan salah satu pemain andal dan berpengaruh di dunia sepakbola Indonesia.

Kepiawaiannya gak hanya dibutuhkan oleh tim yang dibelanya saja, melainkan juga dibutuhkan anak-anak muda berbakat lainnya. 

4. Jadi Youtuber 

bambang pamungkas
Jadi YouTuber kuliner. (Instagram/@thenekatchef)

Jelang pensiun, pria yang telah berusia 39 tahun ini aktif banget di Youtube, dengan channel BEPE20 Channel. Jumlah subscribernya sudah mencapai 28 ribu lebih, dengan program andalannya The Nekat Chef. 

The Nekat Chef memiliki konten wisata kulineran ke berbagai daerah bahkan luar negeri. VIdeonya memperlihatkan Bambang Pamungkas yang tengah mencicipi makanan di gerai kuliner yang disambanginya. 

5. Jualan baju 

bambang pamungkas
Bisnis apparel. (Instagram/@tetaps3)

Sosok Bambang Pamungkas gak cuma melegenda di Jakarta saja, tetapi juga di seluruh Indonesia. Kemanapun ia pergi pasti jadi bulan-bulanan para penggemar yang minta foto bareng. 

Nah untuk memenuhi hasrat penggemar agar lebih dekat dengannya, ia meluncurkan produk official merchandise miliknya sendiri yang diberi nama TS3 atau Tetap Semangat Sukses Selalu. 

TS3 ini memiliki banyak produk, mulai dari kaos, hoodie, sweater, dan masih banyak lagi. 

Itulah lima sumber pendapatan Bambang Pamungkas kalau sudah tidak lagi menjadi pesepakbola. Sebenarnya dulu BP juga pernah mencoba peruntungan di dunia media olahraga, tapi sayang tahun 2017 silam sudah ditutup. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis