Pendapatan Per Kapita Indonesia: Target dan Cara Mencapainya

Menghitung figure

Salah satu cara untuk mengelompokkan sebuah negara termasuk kategori negara maju atau negara berkembang adalah dengan melihat angka pendapatan per kapita. 

Pendapatan per kapita menjadi ukuran warga negara tersebut dapat hidup secara layak. Semakin tinggi pendapatan per kapita sebuah negara, maka semakin sejahtera masyarakatnya. 

Simak ulasan Lifepal soal pendapatan per kapita Indonesia di bawah ini. 

Definisi Pendapatan Per Kapita Indonesia

Pendapatan per kapita diartikan sebagai besarnya pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara. Cara menghitungnya, didapatkan dari hasil membagi pendapatan nasional negara dengan jumlah penduduknya pada periode tertentu. 

Pendapatan per kapita kerap digunakan untuk mengukur pendapatan rata-rata suatu sektor dan membandingkan kekayaan populasi yang berbeda. Maka, pendapatan per kapita sering digunakan untuk mengukur standar hidup suatu negara. 

Umumnya, pendapatan per kapita sering disebut dengan Produk Domestik Bruto (PDP) per kapita.

PDP per kapita juga memiliki pengertian sebagai indikator penting dari kinerja ekonomi dan unit yang berguna untuk membuat perbandingan lintas-negara dari standar hidup rata-rata dan kesejahteraan ekonomi. Namun, PDB per kapita bukan merupakan ukuran pendapatan pribadi dan bukan digunakan sebagai perbandingan antarnegara. 

Manfaat Pendapatan Per Kapita Suatu Negara

Pria senang

Pada dasarnya digunakan untuk membandingkan kesejahteraan atau standar hidup suatu negara. Biasanya, pembandingnya dilakukan dari tahun ke tahun. 

Dengan melakukan perbandingan seperti itu, kita dapat mengamati apakah kesejahteraan masyarakat pada suatu negara secara rata-rata telah meningkat. Pendapatan per kapita yang meningkat, menandakan penduduk sebuah negara makin sejahtera. Sebaliknya, pendapatan per kapita yang kecil menandakan penduduk sebuah negara tersebut terbilang miskin.

Selain itu, berikut beberapa manfaat dari menentukan pendapatan per kapita. 

1. Tolak ukur keberhasilan pembangunan 

Pendapatan per kapita menjadi indikator, apakah pembangunan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah telah  berhasil. Tidak hanya sekadar berhasil, namun juga seberapa besar keberhasilan tersebut dan apa yang bisa ditimbulkan dari peningkatan tersebut.

2. Mengetahui kualitas hidup masyarakat

Perbedaan pendapatan mencerminkan perbedaan kualitas hidup sebuah bangsa. Negara kaya biasanya dicerminkan oleh pendapatan per kapita  yang tinggi. Yakni, memiliki kualitas hidup yang lebih baik tercermin dari angka harapan hidup, tingkat kesehatan, dan tingkat pendidikan dibandingkan dengan negara lain. 

3. Menghitung impor 

Pendapatan per kapita merupakan salah satu variabel yang memengaruhi impor. Pendapatan per kapita berpengaruh terhadap fluktuasi impor

Semakin stabil pendapatan per kapita, biasanya akan berbanding positif terhadap impor, hal ini menggambarkan semakin tinggi pula pendapatan masyarakat sehingga daya beli masyarakat terhadap barang-kebutuhan semakin meningkat. Terlebih terhadap barang-barang yang tidak dapat diproduksi sendiri, Indonesia harus mengimpor dari negara lain. 

Unsur-Unsur Pembentuk Pendapatan Per Kapita Indonesia

Mengerti asset

Sebagaimana pendapatan per kapita merupakan tolak ukur kemakmuran dan tingkat keberhasilan pembangunan sebuah negara, maka tentu ada sejumlah unsur yang memengaruhi angka pendapatan ini. 

1. Pertumbuhan penduduk 

Unsur pertama ini berkaitan erat dengan jumlah lapangan pekerjaan. Semakin banyaknya jumlah penduduk dan tersedianya lapangan pekerjaan, maka sebuah negara akan semakin sejahtera. 

Namun sebaliknya, apabila pertumbuhan penduduk tidak sebanding dengan penciptaan lapangan pekerjaan yang memadai. Maka, warga negara tidak akan mencapai kondisi kemakmuran yang ideal. Faktor jumlah penduduk turut menentukan tinggi dan rendahnya pendapatan per kapita. 

2. Akumulasi modal 

Akumulasi modal diartikan sebagai sebuah investasi baru. Wujudnya bisa tanah, pabrik, peralatan fisik, seperti mesin dan sumber daya manusia. Akumulasi modal akan terjadi jika ada sebagian dari pendapatan sekarang ditabung dan diinvestasikan untuk memperbesar pendapatan di masa mendatang.

3. Kemajuan teknologi 

Perekonomian suatu negara juga bergantung pada perkembangan teknologi. Umumnya, semakin tinggi perkembangan teknologi informasi, maka semakin tinggi pula pertumbuhan ekonomi negara tersebut. 

Hal ini disebabkan kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas industri dengan semakin canggihnya kualitas teknologi yang dimiliki akan mendorong investasi. 

Pendapatan Per Kapita Indonesia

Indonesia gdp per capita.

Belum lama ini, Presiden Joko Widodo menyatakan mimpinya bahwa Indonesia bisa keluar dari jebakan negara berpendapatan kelas menengah. Seperti dilansir dari Detik.com, dalam Visi Indonesia 2045 ditargetkan Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai US$7,3 triliun dan PDB per kapita sebesar US$25 ribu. 

Sayangnya, berdasarkan data dari Bank Dunia, PDB per kapita Indonesia pada 2018 nomor dua terendah di antara negara G20. Berdasarkan PDB keseimbangan kemampuan berbelanja per kapita sebesar US$13 ribu. 

Dalam data yang dihimpun dari Katadata.com, pendapatan per kapita Indonesia terbilang rendah. Berikut 10 negara G20 dengan pendapatan per kapita tertinggi di dunia. 

Negara Pendapatan Per Kapita (US$ dalam ribu) 
Amerika Serikat US$ 62,6 ribu 
Arab Saudi US$ 55,1 ribu 
Jerman US$ 53,7 ribu
Australia US$ 51,6 ribu 
Kanada  US$ 48,1 ribu 
Inggris  US$ 45,5 ribu 
Prancis US$ 45,3 ribu
Jepang  US$ 42,8 ribu
Italia US$ 41,6 ribu 
Korsel US$ 40,1 ribu

Upaya Mencapai Target Pendapatan Per Kapita Indonesia

menjelasi target pasar

Pemerintah telah menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2045 bisa menempati empat besar di dunia. Lewat proyeksi jumlah penduduk mencapai 309 juta orang, kemudian rata-rata pertumbuhan ekonomi berada pada rentang 5-6 persen. 

Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai kurang lebih Rp120 ribu triliun. Ada pun saat ini PDB Indonesia Rp13 ribu triliun. Maka, income per kapita mencapai US$29 ribu pada tahun 2045 dari posisi sekarang US$3.500. 

Dalam upaya mencapai target tersebut, pemerintah menentukan tahapan-tahapan yang dapat dilakukan. Berikut tahapan-tahapannya: 

Pembangunan infrastruktur 

Apabila sebuah infrastruktur di sebuah negeri lemah, berarti perekonomian negara itu tidak efisien. Sebab dampaknya, biaya logistik tinggi. Ujung-ujungnya, daya saing perusahaan jadi lemah. Pembangunan infrastruktur dan pengembangan ekonomi memiliki hubungan timbal balik. Pembangunan infrastruktur menimbulkan ekspansi ekonomi lewat efek multiplier. Alasan tersebut membuat pemerintah, menggenjot pemerintah. 

Pembangun industri pengolahan berbasis bahan mentah

Pertumbuhan industri di dalam negeri menjadi kunci utama untuk meningkatkan perekonomian. Maka, sangat penting pemerintah memacu industri yang menggunakan bahan lokal. Lewat cara tersebut, maka dapat menekan impor dan mencegah defisit neraca perdagangan. 

Pembangunan industri jasa

Industri jasa memiliki potensi besar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sektor ini dapat berkontribusi terhadap peningkatan PDB nasional, penciptaan lapangan kerja, dan pengurangan kemiskinan.

Sektor jasa mampu menjadi sumber utama pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui berbagai industri jasa, seperti pariwisata, logistik, kreatif, dan transportasi. 

Demikian informasi tentang pendapatan per kapita Indonesia. Semoga membantu kita untuk lebih memahami soal perekonomian bangsa. Tentu harapan kita, semoga bangsa ini makin sejahtera, ya
Apabila masih membutuhkan informasi lain tentang keuangan, ekonomi, karier dan bisnis, jangan ragu untuk menelusurinya di Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →