Intip Perjalanan Sukses Pendiri Instagram, Kevin Systrom

fakta pendiri instagram

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi Instagram. Memiliki begitu banyak fitur menarik seperti Instagram story, filter wajah, boomerang, GIF, dan masih banyak lagi, tidak heran jika aplikasi ini berhasil mencuri hati banyak orang. 

Instagram adalah aplikasi berbagi foto dan video ke berbagai layanan jejaring sosial. Namun, tahukah kesuksesan aplikasi media sosial ini berawal dari ide sederhana Kevin Systrom selaku pendiri Instagram. Yuk, intip perjalanan dan rahasia bisnis Kevin Systrom dalam mendirikan perusahaan senilai US$1,5 juta ini. 

Latar Belakang Kevin Systrom 

pendiri instagram kevin systrom
Sumber gambar: Bgr.com

Kevin Systrom adalah warga negara Amerika Serikat kelahiran 30 Desember 1983 yang menyelesaikan pendidikannya di Universitas Stanford tahun 2006 di bidang management science and engineering. Selama kuliah, Kevin bekerja paruh waktu dan mengikuti program magang di Odeo – kini berubah nama menjadi Twitter. 

Pendiri Instagram ini memang dikenal sebagai pria cerdas sedari kuliah. Itu sebabnya, tidaklah mengherankan jika Kevin Systrom mampu meraih kesuksesan di usianya yang masih terbilang cukup muda. 

Menjadi Manajer di Perusahaan Google 

contoh budaya organisasi di google

Setelah lulus dari Universitas Stanford, Kevin bergabung dengan perusahaan ternama dunia, Google. Jabatan yang ia dapatkan pun cukup mengagumkan, yaitu sebagai manajer pemasaran produk, di mana Kevon diberi tanggung jawab untuk mengatur beberapa produk Google, seperti Gmail, Google Calendar, Docs, dan Spreadsheets.

Tidak lama setelah bekerja di Google, Kevin memutuskan untuk mengundurkan diri dan bergabung dengan Nextstop, yaitu sebuah start-up yang didirikan oleh beberapa mantan karyawan Google. 

Di Nextstop, Kevin tetap fokus menggeluti karier di bidang pemasaran. Meski begitu, ia tidak ragu untuk mengutarakan ide-ide cemerlang yang berkaitan dengan pemrograman. 

Menciptakan Aplikasi Burbn, Cikal Bakal Instagram

kisah pendiri instagram

Setelah memiliki cukup pengalaman bekerja di Google dan Nextstop, Kevin Systrom bersama dengan rekannya, Mike Krieger, membangun Burbn yang kemudian menjadi cikal bakal Instagram. 

Burbn adalah aplikasi yang memiliki berbagai macam fitur, seperti share location, perencanaan, unggah foto, dan sebagainya. Namun, dengan begitu banyak fitur, Kevin dan Mike memutuskan untuk tidak langsung merilis aplikasi Burbn. Mereka khawatir fitur kompleks ini dapat membuat penggunanya bingung. 

Itu sebabnya, Kevin memutuskan untuk melakukan survei langsung ke masyarakat terlebih dahulu. Ternyata, hasil survei menunjukkan kebanyakan orang suka dengan fitur yang mampu membagikan foto kepada teman-temannya. Dari situ, Kevin dan Mike akhirnya sepakat untuk fokus pada fitur berbagi foto. Hingga pada akhirnya lahirlah Instagram. 

Instagram Diakuisisi Oleh Facebook

pendiri instagram facebook

Kesuksesan yang diraih oleh Instagram terbilang berjalan dengan sangat cepat. Bayangkan saja, sebulan sejak peluncuran Instagram di Oktober 2010, pengguna aplikasi ini langsung menyentuh angka satu juta pengguna dan hanya jelang setahun mampu mencapai 30 juta pengguna. Bahkan, di akhir tahun 2017, pengguna aktif Instagram terhitung mencapai 800 juta orang. 

Di tahun 2012, Instagram berhasil mencuri perhatian Mark Zuckerberg yang tidak lain adalah pendiri Facebook. Hingga akhirnya Kevin dan Mike memutuskan melepas Instagram kepada Facebook seharga US$1 miliar. Akuisisi ini menjadi pembelian terbesar dalam sejarah keuangan Facebook hingga saat ini. 

Namun, pembelian tersebut tidaklah sia-sia karena nilai saham Facebook langsung meningkat hingga 500 persen. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Pengunduran Diri Kevin Systrom dan Mike Kriege

pendiri instagram kevin dan mike
Sumber gambar: Hollywoodreporter.com

Pada tahun 2018, Kevin Systrom dan Mike Kriege menyampaikan pengunduran dirinya dari pimpinan induk perusahaan Instagram, yaitu Facebook. Dalam pernyataannya tersebut, kedua pendiri Instagram ini mengaku ingin mengambil waktu istirahat sejenak setelah mundur dari Instagram. 

Kevin menyampaikan ia berencana meluangkan waktu untuk mengeksploarasi rasa ingin tahu dan kreativitasnya. Menanggapi berita pengunduran diri Kevin dan Mike, Mark Zuckerberg mengaku sangat mengapresiasi keputusan mereka dan tidak sabar untuk melihat perusahaan selanjutnya yang akan didirikan Kevin dan Mike.

Setelah resmi mengundurkan diri, Kevin Systrom sekarang fokus dengan keluarga dan mencari ide untuk proyek besar selanjutnya. Kira-kira proyek baru seperti apa yang akan diciptakannya, ya? 

Pelajaran Bisnis yang Bisa Dipetik dari Pendiri Instagram

diversifikasi investasi

Sangat inspiratif bukan kisah sukses dari pendiri Instagram ini. Untuk itu, berikut kami rangkum beberapa pelajaran bisnis yang bisa kita petik dari Kevin Systrom. 

1. Mampu mengenal pasar dengan cepat 

Jika melihat perjalanan bisnis di atas, Instagram mampu mencapai kesuksesan dengan kurun waktu yang terbilang singkat. Hal ini dikarenakan pendiri Instagram ini mampu mengidentifikasi target pasar dengan cepat. 

2. Selalu mengasah kemampuan 

Meski berhasil mencapai kesuksesan dengan sangat cepat, hal ini tidak membuat Kevin dan rekannya berhenti untuk mengasah kemampuan yang dimilikinya. Ini terbukti dengan munculnya inovasi fitur menarik yang ada dalam Instagram.

3. Berani keluar dari zona nyaman

Memutuskan melepas Instagram untuk diakuisisi oleh Facebook tentu bukanlah suatu keputusan yang mudah. Dibutuhkan pertimbangan panjang dan keberanian untuk keluar dari zona nyaman. Dua karakter berbisnis ini bisa menjadi acuan kita untuk mencapai suatu kesuksesan. 

Demikian perjalanan bisnis para pendiri Instagram hingga akhirnya mencapai kesuksesan. Perlu dipahami bahwa kesuksesan yang diraih tidaklah didapat secara instan. Semua dilakukan dari nihil, yaitu dengan bergabung dan banyak belajar di perusahaan ternama yang sesuai dengan bidangnya. Semoga berhasil, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →