Perbandingan Kekayaan Pengacara Kondang Indonesia, Siapa Paling Wah?

OC Kaligis, Ruhut Sitompul, dan Hotma Sitompul. (Tempo)

OC Kaligis, Ruhut Sitompul, dan Hotma Sitompul. (Tempo)

Bicara soal pengacara Indonesia yang kaya, pasti sebagian besar dari kita keinget sama Hotman Paris Hutapea. Yap! Pria Batak asal Laguboti, Sumatera Utara, tersebut emang terkenal nyentrik dan cukup sering memamerkan harta kekayaannya.

Tapi, bukan cuma bang Hotman aja pengacara kaya Indonesia. Ada lho pengacara-pengacara lain yang punya harta bejibun. Buat kamu yang penasaran gimana mewah gaya hidup dan harta kekayaan pengacara kondang Indonesia, berikut ini daftarnya!

Yuk, bandingkan siapa sebenarnya yang paling kaya dan hidup mewah. Apakah Hotman Paris atau ada sosok lainnya?

Berikut daftar pengacara Indonesia yang terkenal beserta harta kekayaan yang mereka miliki.

1. Hotman Paris Hutapea

Nama Hotman Paris Hutapea udah gak asing lagi deh buat masyarakat Indonesia. Gak cuma beragam kasus yang dia tangani tetapi juga gaya pria kelahiran 1959 ini yang nyentrik banget.

Salah satu kelakuan nyentrik yang dilakukan oleh pengacara lulusan S3 Hukum tersebut adalah kegemarannya memamerkan berbagai harta. Seperti deretan berlian yang melingkar di jari-jari tangannya, atau fesyen branded harga ratusan juta rupiah yang ia kenakan. Itu belum termasuk beberapa aset seperti mobil mewah dan vilanya yang megah banget.

Beberapa mobil mewah Hotman Paris, di antaranya adalah Bentley Mulsanne yang harganya Rp 5,4 miliar. Kemudian, ada Lamborghini Huracan yang dia beli dengan harga mencapai Rp 11 miliar.

Pajak deretan supercar itu aja bisa sampai ratusan juta per tahun. Belum lagi biaya perawatan yang pasti gak sedikit.

Jadi, bisa dibayangkan dong berapa penghasilan dan total harta kekayaan Hotman Paris. Konon, total kekayaan Hotman Paris mencapai Rp 4,5 triliun. Bayaran pengacara kondang nan nyentrik ini rata-rata mencapai Rp 1 miliar per kasus hukum lho!

2. Hotma Sitompul

https://www.instagram.com/p/zRh2ZHiWTE/?taken-by=bams_1606

Hotma Sitompul bisa dibilang sebagai salah satu saingan Hotman Paris Hutapea di dunia pengacara. Namun, sedikit berbeda dari Hotman Paris, pengacara yang juga berdarah Batak ini punya pembawaan yang lebih kalem.

Hotma sempat menuturkan, memamerkan kemewahan adalah salah satu strategi buat dikenal. Namun, lama-kelamaan metode tersebut dia tinggalkan. Sekarang, Hotma lebih berkonsentrasi buat menyisihkan bayarannya sebagai pengacara buat membesarkan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Mawar Sharon yang dia dirikan.

Meski gak se-nyentrik Hotman Paris, beberapa gaya hidup mewah Hotma Sitompul masih terlihat. Salah satunya adalah pada desain kantornya yang bergaya Eropa. Kemudian, dia pun beberapa kali tertangkap kamera menggunakan mobil mewah seperti Bentley, Porsche, dan Ferrari.

Gak heran sih, kalau Hotma punya banyak aset bernilai selangit. Pasalnya, pengacara yang satu ini punya banyak klien figur-figur ternama. Salah satunya adalah Raffi Ahmad, yang sebelumnya memakai jasa Hotman, namun beralih ke Hotma untuk mendapat bantuan hukum dalam sebuah kasus. Konon, saat itu Raffi membayar Hotma sampai Rp 15 miliar lho!

3. OC Kaligis

View this post on Instagram

Jovi Kaligis & Angelina's Wedding #lastnight #ockaligis

A post shared by Tasya (@anasstasyafakandi) on

Terlepas dari kasus yang menimpa Otto Kornelis Kaligis alias OC Kaligis, pengacara Indonesia satu ini termasuk salah satu yang paling disegani.

Cukup banyak pengacara kondang Indonesia yang ternyata lulusan dari firma hukum OC Kaligis, termasuk Hotman Paris Hutapea.

Asal tahu aja, dari informasi yang beredar, bayaran OC Kalligis dalam menangani kasus hukum bisa mencapai Rp 8 juta per jam. Bahkan, buat selesaikan satu kasus, pria yang kini mendekam di balik jeruji besi ini bisa dibayar Rp 4 miliar. Hingga kini, ratusan kasus udah ditangani oleh OC Kaligis.

OC Kaligis sendiri diketahui punya aset berupa rumah di beberapa daerah. Gak heran sih,  mengingat pengacara satu ini emang udah jadi “dedengkotnya” penasihat hukum di Indonesia.

4. Ruhut Sitompul

Kalau dengar nama Ruhut Sitompul, bisa jadi kamu langsung mengingat kiprahnya sebagai anggota Parpol dan anggota DPR, bahkan seorang mantan pemain Gerhana, sinetron jadul yang cukup tenar di era 90an. Akan tetapi, sepak terjang Ruhut sebagai pengacara juga amat dikenal.

Saudara kandung Hotma Sitompul ini pun pernah tertangkap kamera menggunakan mobil-mobil mewah. Bahkan, harga cerutu yang sering kali terlihat diselipkan di bibirnya dan jadi ciri khas Ruhut mencapai Rp 300 ribu per batang.

Kini, tarif Ruhut sebagai pengacara bisa mencapai miliaran rupiah.

5. Patrialis Akbar

Patrialis Akbar yang juga mendekam di penjara diketahui memiliki harta kekayaan mencapai Rp 149 miliar. Pengacara asal Padang tersebut memiliki sejumlah properti di berbagai daerah, baik di Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Bekasi, Jawa Barat sampai dengan Sumatera Barat.

Gak cuma itu, Patrialis Akbar pun memiliki deretan mobil yang harganya cukup mahal, mulai dari Nissan Juke, Toyota Alphard, sampai dengan Honda CRV.

Melihat penghasilan fantastis para pengacara Indonesia kondang di atas tentu membuat banyak orang tertarik untuk menekuni profesi ini. Gimana dengan kamu?

Berambisi jadi pengacara sukses sih sah-sah aja. Yang penting, sebisa mungkin hindari buat tersandung kasus seperti yang terjadi pada beberapa pengacara di atas ya.

Tags: , ,

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis