Pengajuan KTA Mesti Dibarengi Komitmen Keuangan Jangka Panjang

ajukan pinjaman
Pengajuan KTA atau Kredit Tanpa Agunan bank menjadi satu dari sekian pilihan mendapatkan dana segar dalam tempo cepat. Entah itu untuk urusan yang mendesak seperti menggenapkan pembelian kendaraan, biaya anak sekolah, hajatan, dan lain sebagainya.
Bagi yang terbiasa berutang ke bank, KTA bukanlah hal yang asing. KTA bank sendiri adalah fasilitas pinjaman dana tunai dari bank dengan periode yang relatif pendek. Biasanya paling lama tiga sampai lima tahun tergantung dari kebijakan bank.
Memperoleh dana segar dengan mekanisme KTA begitu populer. Selain pengajuan KTA yang relatif mudah, prosesnya pun terbilang cepat. Lagi pula, seseorang bisa menentukan sendiri besaran dana yang dibutuhkan sekaligus tenor waktu cicilan. Meski begitu, satu hal yang mesti digarisbawahi jika memilih opsi ini adalah besaran bunga cicilan.

Besar Bunga Cicilan KTA

Ya, biasanya beban bunga KTA lebih tinggi. Selain itu, bank juga menyeleksi ketat mereka yang mengajukan. Pihak bank akan melihat latar belakang si calon dengan seksama. Hal ini bisa dimaklumi karena pengajuan KTA sangat berisiko tinggi bagi bank karena tak ada aset yang dijadikan jaminan.
Ketika memilih KTA sebagai jalan keluar mendapatkan dana segar, alangkah baiknya memantapkan dulu komitmen dalam pengaturan keuangan. Pastikan dulu kemampuan mencicil angsuran tiap bulan yang mesti dibayarkan.
Selain itu, kenali dan pahami dengan detail simulasi KTA sebagai gambaran beban angsuran yang mesti ditanggung selama jangka waktu yang ditetapkan. Di samping itu, tak ada salahnya pula membandingkan produk KTA antarbank. Langkah ini menjadi bijaksana agar mendapatkan KTA bunga rendah.

Jenis Bunga KTA

Berikutnya adalah mencermati jenis bunga KTA di mana ada yang mencantumkan suku bunga flat/bulan atau suku bunga efektif/bulan (*ref 1). Apa bedanya dua jenis suku bunga itu?
  1. Suku bunga flat KTA adalah sistem perhitungan bunga yang besarannya mengacu pada pokok utang awal. Sederhananya, bunga yang dibebankan jumlahnya akan relatif tetap dan sama sepanjang angsuran. Anggap saja berutang Rp 10 juta untuk masa pinjaman tiga tahun. Maka besaran bunganya tetap mengacu pada utang Rp 10 juta.
  2. Suku bunga efektif KTA adalah di mana beban bunga berdasarkan pokok sisa utang. Dengan begitu angsuran tiap bulan dihitung berdasarkan sisa utang sehingga besaran beban cicilan tiap bulan akan berubah terus. Sistem bunga efektif ini akan membuat awal-awal angsuran lebih besar dan lama-lama akan berkurang.
Di sinilah pentingnya memahami lebih detil plus minus meminjam lewat mekanisme pengajuan KTA. Satu hal yang pasti, bunga KTA biasanya lebih besar. Yakinkan lebih dulu kemampuan untuk menutup angsuran dan bunga KTA tiap bulannya. Bagaimana pun, begitu sudah meminjam lewat KTA itu sama artinya membangun komitmen keuangan jangka panjang. Be wise with your money with KreditAja.com.
*Ref 1: http://www.bi.go.id/id/iek/produk-jasa-perbankan/jenis/Contents/tab2.aspx
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →