8 Tips Pengembangan Diri untuk Menjadi Pribadi Sukses

Tips2 self improvement

Pengembangan diri untuk menjadi figur yang sukses dapat dilakukan dengan berbagai cara. Cara-cara tersebut bisa dilakukan tanpa batasan tertentu, baik secara formal atau informal. 

Meski begitu, hasil yang didaptkan tidak bisa dirasakan secara instan, melainkan akan membutuhkan waktu. Berikut cara pengembangan diri secara praktis yang dapat kita lakukan dalam mencapai kesuksesan.

1. Membangun Motivasi

Untuk membangun motivasi, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui apa yang diri sendiri inginkan dalam hidup, serta tujuan dan cara mencapai hal tersebut. Setelah mengetahuinya, mulailah dengan berusaha membuatnya menjadi kenyataan. 

Jika memang ada, jangan biarkan pengalaman buruk atau tidak menyenangkan di masa lalu, mengganggu motivasi kita dalam mencapai kesuksesan di masa depan. Ingat, hidup berjalan ke depan, bukan ke belakang. Hal yang lalu, biarlah berlalu. Jadikan hal ini sebagai titik awal pengembangan diri kita.

2. Mengidentifikasi Kekuatan dan Kelemahan

Salah satu cara pengembangan diri yang penting dilakukan adalah mengidentifikasi apa saja kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan upayakan untuk melakukannya secara realistis. Maksudnya, jangan segan mengakui kelemahan yang kita miliki atau hindari terlalu berlebihan menilai kekuatan. 

Buat daftar kekuatan dan kelemahan diri sendiri dalam halaman khusus. Kita bisa menulis di buku catatan ataupun ponsel. Jika perlu, kita dapat bertanya pada orang-orang di sekitar, misalnya keluarga, teman-teman, atau rekan kerja untuk menemukan pendapat yang objektif. 

Mengenali kekuatan dapat menambah rasa percaya diri terhadap kemampuan pribadi, sementara memahami kelemahan akan membantu menciptakan perubahan yang diperlukan untuk mencapai sukses.

3. Fokus pada Pekerjaan atau Kegiatan yang Diminati

Pengembangan diri dapat dimulai dengan fokus pada pekerjaan atau kegiatan tertentu. Seiring kita bisa semakin fokus, niscaya akan semakin banyak hal yang dipahami, bahkan mungkin membawa hal-hal yang membantu pengembangan skill dan meningkatkan motivasi kerja di bidang yang digeluti. 

Jika selama ini kita berkarier di bidang pemasaran, fokuslah di bidang tersebut sambil mempelajari perkembangannya, misalnya pemasaran digital. Demikian pula apabila kita seorang penulis, cobalah untuk mengembangkan kemampuan menulis pada bidang-bidang yang berbeda, mungkin divariasikan dengan penggunaan bahasa asing atau menulis untuk naskah film atau buku.

4. Meningkatkan Kemampuan Pribadi

Pengembangan diri dapat dilakukan dengan meningkatkan kemampuan, melalui pelatihan, seminar ataupun workshop yang sesuai dengan karier atau profesi yang dijalani saat ini. Selain itu, kita dapat menghadiri kelas atau pelatihan yang sesuai minat atau hobi, meski tidak sesuai dengan karier. 

Beragam kegiatan di atas dapat membuka berbagai potensi, baik di dalam diri ataupun dari orang-orang dan lingkungan yang baru. Bisa jadi, hobi yang kita tekuni selama ini ternyata berpotensi menjadi profesi baru dengan tingkat kesuksesan yang lebih baik, bukan?

5. Mencatat dan Meninjau Ulang Setiap Perkembangan

Salah satu cara untuk mengetahui apakah pengembangan diri yang telah dilakukan membuahkan hasil adalah mencatat dan melakukan peninjauan ulang. Melalui catatan, kita dapat mengetahui hal-hal apa yang benar-benar sudah dilakukan dan perkembangan yang sudah tercapai.  

Tidak ada salahnya untuk menentukan waktu tertentu dalam mencatat dan meninjau ulang hal-hal yang telah dilakukan sebelumnya, misalnya setiap malam hari atau setiap akhir pekan saat waktu lebih luang. 

6. Menata Pola Hidup

Menata pola hidup untuk pengembangan diri dapat dilakukan dengan mempraktikkan pola hidup sehat. Jika selama ini kita sering terlambat masuk kantor karena kebiasaan begadang serta mengonsumsi makanan tidak sehat, wajar jika kenaikan gaji yang diinginkan tidak kunjung tiba.

Sebagai langkah awal untuk pola hidup yang sehat, kita dapat mencoba bangun tidur lebih awal, minum air putih sebanyak 8 gelas per hari, berolahraga sekitar 20 menit sebanyak tiga kali setiap minggu, dan menghindari 1-2 makanan yang dapat mengganggu kesehatan, seperti junk food atau minuman soda yang berlebihan. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Mungkin terkesan sepele atau bahkan berat, tapi ketahuilah bahwa seiring waktu, kebiasaan-kebiasaan baru ini akan membuat kondisi fisik kita lebih prima saat bekerja dan beraktivitas di keseharian. 

7. Mengubah penampilan

Penampilan bukan segalanya dan sebaiknya tidak dijadikan patokan untuk pengembangan diri. Meski demikian, penampilan yang baik dan sesuai dengan tempat tentunya dapat menunjang kesuksesan. Saat kita tampil rapi, tentu akan menyenangkan untuk dipandang orang lain.

Tidak perlu tiba-tiba bernafsu membeli baju bermerek dengan harga mahal yang justru menguras tabungan. Kita dapat membaca berbagai referensi berpakaian secara online lalu berupaya memadu-padan pakaian yang sudah dimiliki. Sebagai tambahan, kita  juga dapat membeli pakaian dengan harga lebih murah, misalnya saat ada sale atau cuci gudang.  

8. Menjaga hubungan baik

Berusaha menjaga hubungan baik dengan keluarga, teman, rekan kantor atau relasi menjadi hal yang penting untuk pengembangan diri kita. Berinteraksi dengan orang-orang yang peduli dan memiliki visi yang sama nyatanya dapat memberikan efek positif dan membuka pintu sukses lebih lebar.

Saat kita memiliki hubungan baik dengan banyak orang, berarti akan semakin banyak informasi yang dapat diperoleh. Mulai dari peluang kerja, informasi untuk mendapat beasiswa, ataupun investor yang mungkin sudah ditunggu-tunggu selama ini. Jangan biarkan kesempatan terlewat begitu saja. 

Pengembangan dimulai oleh diri sendiri hingga kemudian akan berdampak positif pada cara kita memandang atau memperlakukan orang-orang di sekitar. Pada akhirnya, upaya yang dilakukan secara konsisten akan membawa kita pada tingkat kesuksesan yang ditargetkan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →