Pengertian dan 5 Peluang Bisnis Online Syariah yang Menguntungkan

Bisnis online syariah kini tengah marak di kalangan masyarakat (Shutterstock).

Bisnis online syariah kini mulai marak, hal ini karena kesadaran masyarakat muslim khususnya, untuk berbisnis sesuai dengan ajaran-ajaran Islam. 

Di dalam Islam, berbisnis juga memiliki etika yang harus dipatuhi para pemeluknya. Ada batasan-batasan mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan. 

Konsekuensinya apabila melanggar maupun mengamalkannya adalah berupa pahala dan dosa. Sama halnya dengan agama-agama lainnya yang memiliki konsep pahala dan dosa untuk mengatur tindak tanduk pemeluknya. 

Terjun ke bisnis online syariah di Indonesia sendiri sangat menggiurkan, indikatornya pendukungnya sangat jelas, karena masyarakat mayoritas memeluk agama Islam. Sebanyak 80 persen masyarakat Indonesia bisa menjadi pangsa pasar yang menguntungkan. 

Bisnis syariah adalah 

bisnis online syariah
Pebisnis wanita (Shutterstock).

Bisnis syariah terdiri dari dua kata yang memiliki makna masing-masing. Untuk membedah apa maksudnya, kamu harus mengetahui dulu pengertian bisnis dan apa arti dari syariah. 

Dikutip dari KBBI, dijelaskan kalau pengertian dari bisnis adalah usaha komersial di dunia perdagangan, melibatkan aktivitas pasar yaitu jual beli sehingga terjadi pertukaran komoditas. Simpelnya bisnis itu sama dengan berdagang, karena tujuannya adalah mencari keuntungan. 

Sedangkan syariah, hukum agama Islam yang berisi tentang peraturan hidup manusia, hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia dan alam, dan semuanya terkandung di dalam Kitab Suci Alquran. 

Artinya, syariah sangat menjunjung tinggi aturan-aturan yang tertulis di Alquran, apapun itu aktivitasnya. Aturan tersebut bisa berupa anjuran dan juga larangan. Kalau anjuran maka diharuskan untuk mengikutinya, sementara larangan wajib dihindarkan. 

Kalau digabungkan, bisnis syariah adalah, kegiatan jual beli atau berdagang yang berpedoman dan selaras dengan peraturan-peraturan di Alquran. 

Nah seiring berkembangnya zaman yang semakin canggih, muncullah bisnis syariah yang memanfaatkan teknologi sebagai wadah berjual belinya atau online. 

Kegiatan-kegiatan ekonomi yang dilarang dalam bisnis online syariah 

bisnis online syariah
Bisnis syariah (Ilustrasi by Shutterstock).

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bisnis syariah harus dijalankan dengan berpedoman berdasarkan Alquran. Itu sebabnya, kamu gak bisa sembarangan melakukan kegiatan jual-beli hanya karena pengin dapat untung. 

Semua proses bisnis, entah itu produksi, distribusi, hingga konsumsi perlu dipastikan tidak melanggar aturan yang tertulis di Alquran. 

Lantas, sejauh apa sih batasan dan larangan-larangan yang berlaku untuk bisnis online syariah? 

  1. Bisnis tidak boleh melibatkan sesuatu hal yang bersifat perjudian. 
  2. Bisnis tersebut tidak boleh menerapkan riba. Riba adalah bunga tambahan dari harga pokok 
  3. Menimbun barang dan menjualnya saat harga melonjak
  4. Berbisnis dengan melakukan penipuan. Contoh menggembar-gemborkan akan memberikan hadiah, padahal hadiahnya tidak ada
  5. Tidak boleh mematok harga yang tidak seimbang dengan kualitasnya. Misalnya harganya tinggi sekali, padahal kualitasnya produknya murahan
  6. Menyembunyikan kekurangan produk dari calon pembeli
  7. Memperjualkan barang-barang yang halal sesuai ajaran Islam

Itulah enam larangan yang terdapat di bisnis online syariah, namun selain itu, masih banyak lagi larangan-larangan yang harus diperhatikan. Untuk mengetahuinya, kamu bisa belajar ke ahli agama, atau membacanya secara langsung di Kitab Suci maupun hadis. 

Bagaimana peluang bisnis syariah di Indonesia? 

bisnis online syariah
Masyarakat muslim di Indonesia (Shutterstock).

Berbicara tentang peluangnya, bisnis online syariah di Indonesia memiliki peluang yang besar untuk meraup keuntungan. Hal ini bisa dilihat dari karakteristik demografi sosial di Indonesia. 

Mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama Islam, bahkan porsinya lebih dari 80 persen atau sekitar 237 jutaan. Itulah kenapa Indonesia menjadi negara muslim terbesar di dunia. 

Dan keuntungan lainnya, bisnis syariah itu gak cuma bisa dinikmati oleh mereka yang beragama Islam saja kok. Semua kalangan dari agama apapun juga bisa menikmatinya. Artinya pangsa pasarnya bertambah lebih luas lagi. 

Contoh bisnis syariah yang menguntungkan dan bisa dilakukan secara online

bisnis online syariah
Ilustrasi bisnis online syariah (Shutterstock).

Setelah kamu mengetahui mengenai apa yang boleh dan tidak dalam berbisnis syariah, berikut ini beberapa contoh peluang bisnis online halal yang bisa kamu jadikan sumber usaha. 

1. Bisnis foto pernikahan 

Foto prewedding dinilai tidak tepat bagi kaum muslim, karena keduanya masih belum memiliki ikatan yang sah. Sehingga, banyak ulama berpendapat kalau mempertontonkan adegan kemesraan sebelum ijab adalah hal yang salah. 

Oleh sebabnya, kamu bisa memilih bisnis foto postwedding atau pada saat pernikahan sedang berlangsung. Pamerkan karya-karya terbaikmu lewat Instagram atau media sosial lainnya. 

Bisnis ini juga bisa dijalankan dengan modal yang minim kok. Cukup sediakan kamera beserta lensa-lensanya, dan juga tata pencahayaan yang pas. 

Selain modal alat, kamu juga harus memiliki modal keahlian fotografi dan juga editing. Kalau kamu gak punya skill itu, jangan harap orang mau menggunakan jasamu. 

2. Bisnis online tanpa riba dengan berjualan baju muslim 

Bisnis online syariah berikutnya adalah berjualan baju muslim lewat Instagram. Baju muslim pun memiliki beragam macam, ada sarung, mukenah, hijab, baju koko, sampai peci. 

Kalau kamu memiliki bakat mendesain, kamu bisa merancang sendiri baju jualanmu, agar memiliki identitas tersendiri dibandingkan produk-produk lainnya. Tapi kamu juga bisa memulainya dengan cara kulakan.

Kulakan adalah proses bisnis dengan cara membeli barang dengan jumlah yang besar, untuk kemudian dijual kembali. Cari supplier yang menawarkan harga paling murah, lalu jual dengan mengambil keuntungan sedikit dari pasaran. 

Tapi ingat, jangan berikan harga diskon dengan niat untuk menarik lebih banyak pembeli. Beberapa ulama berpendapat kalau diskon termasuk perbuatan riba. 

3. Bisnis makanan halal 

Zaman secanggih ini, jualan makanan gak harus punya warung dulu. Jual lewat Instagram atau ojek online juga bisa. Bisnis makanan termasuk yang paling menggiurkan untuk meraup untung, mengingat semua orang butuh makan. 

Tapi, pastikan makanan tersebut dari proses produksi sampai pengemasannya terjamin kehalalannya. Selain itu, pastikan juga kualitas cita rasanya. Namanya makanan yang dijual adalah cita rasanya, bukan penampilan kemasannya. 

Makanan yang lezat otomatis bakal menarik lebih banyak pembeli yang loyal. Dagangan jadi laris manis deh. 

4. Bisnis online syariah tanpa modal, menjadi desain grafis lepas 

Sebagai seorang desain grafis, media sosial seperti Instagram bisa dijadikan sebagai portofolio untuk memamerkan karya terbaikmu. Selain itu, Instagram bisa dijadikan sebagai ladang untuk meraup keuntungan yang besar. Bagaimana bisa? 

Gunakan setiap hashtag yang berhubungan dengan jasa desain grafis di setiap postingan karyamu. Lambat laun karyamu bakal dilirik oleh calon pembeli. Biasanya yang melirik mulai dari pengusaha industri kreatif sampai perusahaan-perusahaan besar yang minta dibuatkan gambar untuk kepentingan bisnisnya.

5. Berjualan obat-obatan herbal dan tradisional bisa jadi peluang bisnis halal dan berkah

Di Islam kita pernah mendengar metode-metode pengobatan herbal dan tradisional ala Nabi. Sampai saat ini, metode pengobatan tersebut masih diyakini ampuh mengobati berbagai macam penyakit.

Seperti misalnya jintan hitam atau disebut habbatussauda. Obat yang berasal dari biji-bijian hitam khas Timur Tengah ini sudah diyakini khasiatnya sejak ribuan tahun lalu. Kini jinten hitam ini bisa kamu temukan dengan mudah di internet-internet. 

Selain itu ada madu murni, disebutkan dalam Alquran dan hadis bahwa madu bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Nabi Muhammad juga meminum madu setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuhnya. 

Mengingat banyak khasiatnya dan banyak pangsa pasarnya, kamu bisa menjadikan obat-obatan tersebut sebagai komoditas bisnis online syariah. 

Sekian penjelasan mengenai bisnis online syariah dan berbagai produk yang bisa kamu jajakan di internet. Intinya bagi pemeluk Islam, berbisnis secara syariah tidak semata-mata untuk mencari cuan saja, tetapi juga berorientasi untuk mendapatkan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →