Pakai Dompet Digital? Begini Caranya agar Gak Boros dan Impulsif!

Pakai-Dompet-Digital-Begini-Caranya-agar-Gak-Boros-dan-Impulsif

Gaya hidup masyarakat kini mulai bergesar seiring perkembangan zaman dan teknologi. Uang konvensional perlahan kini mulai tergeser dengan keberadaan dompet digital, kamu salah satu penggunanya? 

Ya di era digital seperti sekarang ini siapa yang gak lepas dari genggaman smartphone atau ponsel pintar setiap harinya? Kamu mungkin salah satu orang yang gak pernah lepas dari smartphone. 

Fungsi smartphone kini juga gak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja, saat ini orang banyak menggunakan ponsel pintar ini juga sebagai alat pembayaran. Gimana gak, era digital merubah perlahan-lahan sistem pembayaran lantaran adanya dompet digital atau digital wallet

Kehadiran dompet digital saat ini memang sudah menyihir banyak orang di Ibu Kota seperti Jakarta maupun kota-kota besar lainnya. Aktivitas pembayaran dengan dompet digital pun kini juga dipoles dengan adanya banyak promo maupun potongan harga saat belanja atau sekedar ngopi bareng teman.  

Tapi hati-hati lho agar kamu gak terjebak dengan utang lantaran pemakaian digital wallet terlalu boros. Biar gak terjebak dengan boros, seperti dikutip dari detikFinance.com, Minggu, (12/1), berikut cara menggunakan digital wallet agar kamu gak boros dalam penggunaannya. 

Baca juga: Kota Ini Juara Pakai Dompet Digital di Indonesia, 5 E-Wallet Ini Teratas

Mengatur pengeluaran di awal bulan, wajib! 

dompet digital
Lakukan pengaturan uang bulanan terlebih dahulu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Jika kamu penggunan dompet digital ada baiknya nih melakukan peraturan yang udah banyak dilakukan oleh orang sejak zaman dulu. Kamu pengguna digital wallet atau gak, sebaiknya mulai disiplin dengan pengeluaran bulanan. 

Caranya dengan memisahkan ke beberapa pos saat baru gajian. Hal ini dilakukan buat menghindari pengeluaran-pengeluaran yang gak diperlukan dan persisnya ada di luar perencanaan keuangan mu. 

Baca juga: Aplikasi Dompet Digital Mulai Terapkan QR Code Bank Indonesia

Jangan lapar mata atau impulsif!

dompet digital
Jangan lapar mata saat menggunakan dompet digital, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ini nih yang sering banget terjadi dan dialami oleh kebanyakan orang. Saking tergiurnya melihat banyak potongan harga atau diskon, yang namanya lapar mata pasti datang. 

Padahal gak semua yang ada di depan mata harus dibeli dan dibutuhkan. Lantaran potongan harga menarik yang tadinya gak tertarik buat belanja malah impulsif di pusat perbelanjaan. 

Hal ini harus dihindarkan oleh kamu yang menggunakan dompet digital. Sebaiknya jangan pernah mudah lapar mata ya saat jalan-jalan ke mall dan melihat pesta diskon. 

Baca juga: Terus-Terusan Bakar Duit, OVO Bakal Merger Dengan DANA

Pantau terus saldo!

dompet digital
Cek saldo terus ya gak ada salahnya kok, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bagi pengguna dompet digital ada kalanya nih selalu pantau saldonya! Pastikan aplikasi yang kamu pakai memiliki fitur untuk melacak transaksi. Jika kamu sudah sematkan fitur pelacak transaksi, setidaknya ketika pengin mengevaluasi pengeluaranmu tidak kesulitan sama sekali. 

Saat mengevaluasi pengeluaranmu, kamu bakal mengetahui nih apa saja yang sudah dilakukan dengan digital wallet mu! Nantinya kamu bakal mudah nih buat mengatur pengeluaran setiap bulannya. 

Manfaatkan promo kalau kamu pemburu promo!

dompet digital
Manfaatkan promo dan diskon salah satu cara cara cerdas pakai dompet digital, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buat kamu yang pemburu promo pasti sangat menantikan aneka promo yang ada di dompet digital. Dengan memanfaatkan promo artinya kamu sudah melakukan penghematan berapa persen pengeluaran tergantung promo yang diberikan oleh merchant. 

Pilih promo yang menguntungkan dan bikin dompet kamu sehat. Jadi jangan lupa buat sering-sering cek promo yang ada ya! 

Nah itu dia cara gimana menggunakan dompet digital agar gak boros! Mulai sekarang kamu harus pintar-pintar ya mengeluarkan uang setiap bulannya. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →