Gak Usah Beli, Begini Cara Buat Pengharum Ruangan Sendiri dan Biaya yang Dikeluarkan!

pengharum ruangan

pengharum ruangan

Meletakkan atau menyemprotkan pengharum ruangan memang menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengusir bau tak sedap tak di rumah. Adanya pengharum ruangan di rumah kamu juga menambah rasa nyaman dan rileks, benar gak sih? 

Pasalnya, tak bisa dipungkiri kalau berbagai aroma yang terhirup di dalam rumah bakal memberikan efek tersendiri. Seperti sehabis masak hingga tempat sampah yang biasanya terletak di beberapa sudut ruangan kadang memberikan aroma gak sedap. 

Selain itu berada di dalam ruangan yang harum secara tak langsung memang dapat membuat seseorang merasa nyaman, apalagi kalau ruangan tersebut harumnya sesuai dengan aroma kesukaan kamu.

Gak heran kalau setiap rumah pasti memiliki pengharum ruangan, baik yang semprot hingga menggunakan uap. Sayangnya, harganya pun terbilang cukup mahal dan menguras kantong.

Seperti yang dijual di salah satu situs jual beli ternama di Indonesia, harga untuk pengharum ruangan semprot dibanderol dengan harga mulai dari Rp 17 ribu hingga Rp 58 ribu. Sementara harga pengharum ruangan menggunakan uap bahkan bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Karena itu gak ada salahnya kok kalau kamu membuat pengharum ruangan sendiri. Selain lebih hemat, kamu juga bisa memilih aroma yang sesuai dengan kesukaanmu. Biaya yang dikeluarkan juga murah meriah.

Pengin tahu bagaimana cara membuat pengharum di rumah kamu? Berikut step by step membuat pengharum ruangan sendiri serta bujet yang harus disiapkan.

Baca juga: Seharga Rp 2 Triliun, Begini Rumah Mewah dan Termahal di Amerika Serikat

1. Kayu manis dan lilin perpaduan bahan yang bisa digunakan buat pengharum ruangan

pengharum ruangan
Lilin dan kayu manis bisa kamu gunakan sebagai pengharum alami lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sesuai dengan namanya, kayu manis memang dapat memberikan aroma manis yang menenangkan. Kandungan pada kayu manis bahkan bisa meningkatkan fungsi otak yang membuat kamu lebih mudah berkonsentrasi.

Buat para pecinta kayu manis, kini kamu bisa membuat pengharum ruangan berbahan dasar kayu manis sendiri lho.

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan, yakni:

  • Kamu bisa menempelkan beberapa kayu manis mengelilingi lilin. Saat kamu menyalakan lilin, hawa panas dari api akan membuat kayu manis mengeluarkan aromanya yang sangat harum.
  • Kamu juga mencampurkan beberapa potong kayu manis dengan jenis bunga aromatik ke dalam sebuah wadah bening. Kamu akan menikmati sensasi wangi spa di dalam ruangan.

Biaya yang harus kamu keluarkan juga gak terlalu besar kok, untuk harga satu lilin kisaran Rp 2.500 hingga Rp 5.000 tergantung dari bentuk lilinnya. Sementara kayu manis dibanderol dengan harga mulai dari Rp 45 ribu hingga Rp 80 ribu per kilogramnya.

Baca juga: 10 Peralatan Rumah Tangga Ini, Ternyata Gak Bisa Dipakai Seumur Hidup

2. Kopi

pengharum ruangan
Kopi juga bisa kamu gunakan sebagai pengharum nih di ruangan, gak mahal dan mudah bikinnya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tak hanya lezat untuk dinikmati di pagi dan sore hari, kopi ternyata juga menjadi salah satu jenis tanaman yang aromanya digemari banyak orang. Gak heran tuh kalau pengharum ruangan kopi selalu laris manis di pasaran.

Nah, ketimbang kamu mengeluarkan uang besar untuk membeli pengharum ruangan kopi, mending bikin sendiri yuk. Selain kekuatan aromanya bisa disesuaikan sendiri, biayanya juga tentu lebih murah.

Caranya juga gampang banget kok, kamu bisa memasukkan beberapa biji kopi ke dalam kain jala yang halus agar aroma kopi dapat keluar dengan mudah. Setelah itu letakkan di beberapa sudut ruangan. Kamu juga meletakkannya di dalam lemari pakaian agar baju-baju kamu terbebas dari bau apek.

Harga kain jalan per meternya di situs jual beli dijual sekitar Rp 25 ribu. Sedangkan biji kopi dibanderol mulai harga Rp 20 ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Baca juga: 4 Kesalahan yang Bikin Kamu Merasa Bakar Duit Saat di Mall

3. Lemon, vanili dan rosemary

pengharum ruangan
Terbuat dari lemon, vanili dan rosemary juga bisa dijadikan pengharum buat setiap sudut ruangan rumahmu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buat kamu yang pengin menikmati sensasi aroma ruangan yang segar tapi juga menenangkan, kamu bisa membuat pengharum ruangan berbahan dasar lemon, vanili dan juga daun rosemary.

Sebelumnya siapkan dahulu beberapa bahannya, seperti 2 buah lemon segar, 2 batang rosemary dan 1 sendok teh vanili. Kemudian panaskan air sebanyak 2 liter dan masukkan semua bahan-bahan ke dalam panci tersebut.

Tunggu hingga air mendidih dan mengeluarkan aroma segar. Setelah itu angkat dan pindahkan ke dalam sebuah botol kaca. Pengharum ruangan beraroma ala-ala musim semi pun sudah bisa kamu nikmati.

Tenang, bujet yang keluar juga gak gede kok. Harga untuk satu buah lemon sekitar Rp 4.500, batang rosemary per 200 gram dibanderol sebesar Rp 25 ribu, sedangkan vanili dijual dengan harga Rp 5.000 per 20 gram.

Nah, itu dia tiga cara membuat pengharum ruangan sendiri dengan harga yang sangat murah meriah. Gimana, sudah tertarik membuat pengharum ruangan sendiri? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis