Begini Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Internet

Penghasilan Tambahan

Saat ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satunya yang termudah adalah dari internet.

Kegiatan apa saja yang berpotensi menghasilkan uang tambahan dari internet. Untuk lebih lengkapnya, simak inspirasinya berikut ini.

Inspirasi Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Internet

Inspirasi Dapat Penghasilan Tambahan dari Internet

Di zaman yang sudah serba canggih ini, segala aktivitas rasanya menjadi lebih mudah berkat adanya teknologi internet. Termasuk untuk mencari penghasilan tambahan. Nah, begini cara mendapatkan penghasilan tambahan dari internet yang bisa kita coba.

1. Membuat blog

Banyak orang yang memanfaatkan blog sebagai platform untuk mengekspresikan pendapat lewat tulisan atau memuat karya seni dan kreativitas mereka.

Namun ternyata, ada juga sebagian orang yang mengubah blog menjadi media untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet.

Dengan memanfaatkan blog dan membuat konten yang berkualitas, kita berpeluang mendapatkan penghasilan dari internet melalui iklan Google Adsense yang dipasang di blog, sponsored content, menjual produk afiliasi, dan lain sebagainya.

2. Membuat website afiliasi

Cara mendapatkan penghasilan tambahan dari internet selanjutnya adalah membuat situs web yang menjual produk afiliasi. Mempromosikan produk afiliasi adalah salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan dari internet.

Situs web afiliasi dibuat untuk merekomendasikan atau mengulas produk-produk tertentu. Jika ada pengunjung website yang membeli produk melalui link afiliasi yang dipasang di situs web kita, maka kita akan mendapatkan komisi.

Mulailah membuat situs web afiliasi dan dapatkan penghasilan dengan merekomendasikan dan mengulas berbagai produk. Beberapa hal yang perlu kita lakukan adalah dengan membuat postingan yang membuat ulasan atau review tentang suatu produk dan menyertakan tautan afiliasi setiap kali produk tersebut dibahas

3. Membuat channel Youtube

Kita juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari channel Youtube, lho. Dengan membuat konten atau video yang menarik, kita bisa mendapatkan banyak subscribers dan bisa saja ada brand yang melirik channel Youtube kita untuk menawarkan endorse atau sponsored content

Jangan lupa, tidak hanya blog, kita juga bisa memasang iklan Google Adsense pada channel Youtube kita. Dengan disertai komitmen dan semangat dalam membuat konten-konten baru, bisa saja seorang Youtuber berpenghasilan hingga jutaan rupiah per bulan.

4. Menjual foto secara online

Memiliki hobi fotografi dan bisa menghasilkan foto atau gambar-gambar yang bagus? Manfaatkan saja hobi tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sebab, ada yang bersedia membayar untuk foto berkualitas yang terpasang di internet.

Kalau berminat memuat foto untuk dijual, kita bisa memanfaatkan beberapa situs penyedia foto berbayar, mulai dari Shutterstock.com, Gettyimages.com, Stockfresh.com, dan lain sebagainya.

Uang yang kita dapat adalah dari persentase komisi yang ditetapkan oleh platform penyedia foto berbayar berdasarkan jumlah foto kita yang diunduh oleh orang lain.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

5. Menawarkan jasa desain

Kita juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjual hasil karya-karya desain yang kita buat, lho. Kita bisa memulainya dari menawarkan jasa desain kaos, stiker, jaket, dan lain sebagainya. Kalau tidak mempunyai platform sendiri, kita bisa menjual hasil karya desain kita melalui situs Tees.co.id.

6. Membuat podcast

Suka berbicara dan mengeluarkan pendapat? Atau mungkin, suka mewawancarai seseorang? Hobi tersebut juga bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet, lho. Misalnya saja dengan membuat podcast.

Belakangan ini, pasar podcast sedang naik-naiknya dan itu adalah kabar baik bagi kita yang mulai menggemari kegiatan tersebut. Banyak orang yang suka mendengarkan podcast karena tentunya akan lebih nyaman jika mendengar podcast daripada membaca koran, buku, majalah, atau teks online lainnya.

Agar berhasil mendapatkan uang tambahan melalui podcast, kita harus membuat sesuatu yang berkualitas. Tak hanya audio, tapi konten pun harus berkualitas.

Beberapa tips agar podcast kita mendatangkan keuntungan adalah dengan melakukan penjualan produk dan layanan yang kita bicarakan di podcast, tawarkan sponsorship yang sebaiknya kita sampaikan pada saat podcast berlangsung, dan lain sebagainya.

7. Mencari pekerjaan freelance secara online

Mencari penghasilan dengan menjadi seorang freelancer memang berbeda dengan menjadi karyawan full time. Tetapi, akan sangat terasa hasilnya jika kita mengerjakan banyak proyek. Contohnya adalah seorang freelance writer atau freelance designer.

Jika sudah memiliki pengalaman menjadi seorang freelancer dengan berbagai macam klien, maka akan memudahkan kita dalam mendapatkan proyek selanjutnya. Kita bisa menemukan berbagai lowongan freelancer Indonesia pada situs web seperti Projects.co.id, Sribulancer.com, atau Freelancer.com.

Nah, itulah beberapa ide dan inspirasi untuk mendapatkan penghasilan tambahan secara online melalui internet. Tertarik untuk menekuni salah satunya? Tentu harus didorong dan disesuaikan dengan passion dan hobi kita juga, ya. Dapatkan inspirasi lainnya seputar bisnis, karier, atau finansial hanya di Lifepal.

Selain itu, Lifepal turut menyediakan referensi produk asuransi terbaik untuk kita dan keluarga juga, nih! Buktikan sendiri dengan mengunjungi Lifepal sekarang, yuk!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →