Pengin Badan Kurus Tapi Dompet Tak Tergerus, Ini Trik Hemat Diet Keto

Kamu pasti udah gak asing deh sama yang namanya diet ketogenik alias diet keto. Yap! Diet yang mulai populer sekitar tahun 2017 silam mulai diidolakan oleh mereka yang sedang berjuang turunkan berat badan.

Sebenarnya diet keto ini udah ditemukan sejak lama. Ditemukan sejak tahun 1920-an, diet tersebut awalnya diterapkan buat anak-anak penderita epilepsi.

Popularitas diet ketogenik semakin meningkat karena metodenya yang cukup mudah. Sebab, diet ini menganjurkan seseorang untuk meningkatkan konsumsi lemak tinggi, kemudian diikuti oleh protein, dan rendah karbohidrat. Bahkan, konsumsi karbohidrat yang dianjurkan cuma dua sampai lima persen aja. Terkecuali karbohidrat alami dari buah dan sayur ya.

Namanya orang Indonesia pasti agak sulit buat lepas dari nasi kan ya? Pasalnya, harga beras apalagi beras putih cukup murah. Kamu bisa beli sekitar Rp 10 ribuan dan buat sendiri sekitar tiga sampai lima kilogram cukuplah.

Nah, buat ganti cadangan energi dari karbohidrat nasi tersebut, tentu kamu harus beli lebih banyak daging kan. Harga daging cukup mahal pula.

Jadi, gimana dong biar bisa diet ketogenik tetapi dompet gak tergerus? Yuk, simak trik hemat diet keto berikut ini.

1. Masak sendiri

Masak (Ilustrasi by Pixabay).

Kalau pengin diet kamu berhasil maka masak sendiri. Dengan begitu, kamu bisa memantau asupan bahan apa aja yang masuk dalam masakan kamu. Nah, selain bikin diet kamu berhasil, masak sendiri bisa menghemat pengeluaran.

2. Belanja di pasar tradisional

Pasar tradisional (ilustrasi by Pixabay).

Yang pasti, udah rahasia umum kalau belanja di pasar tradisional bakal jauh lebih murah daripada supermarket. Coba bandingkan aja harga dada ayam dua potong bisa mencapai Rp 30 ribuan. Sementara itu, kamu bisa beli seekor ayam dengan harga hampir sama. Tinggal nambah dikit aja.

Gak cuma itu aja, harga seperti sayuran dan buah biasanya jauh lebih murah di pasar tradisional.

3. Beli daging dalam jumlah besar

Daging Sapi (Ilustrasi).

Karena energi kamu buat beraktivitas diambil dari cadangan lemak maka daging pasti jadi bahan wajib ada. Nah, agar mengurangi pengeluaran, kamu bisa beli daging dalam jumlah besar aja.

Hal ini pula yang jadi alasan kenapa kamu mestinya belanja di pasar. Sebab, kamu bisa dapat daging dalam jumlah besar dengan harga lebih terjangkau. Bahkan, kamu bisa tawar-menawar dengan pedagang karena kamu belinya dalam jumlah banyak.

4. Selalu stok telur saat melakukan diet ketogenik

Telur ayam (Ilustrasi by Pixabay).

Sedang lapar tetapi kamu gak mau boros dengan beli makan di luar? Selalu stok telur di rumah atau kantor kamu. Dengan begitu, kamu tetap bisa melakukan diet tanpa mengeluarkan banyak uang.

Telur sangat mudah untuk diolah. Kamu hanya perlu merebusnya. Kalau pengin lebih kreatif, ada banyak menu telur lain yang gampang banget buat dibikin. Mulai dari telur dadar, telur sambal, dan sebagainya.

Semua olahan tersebut gak mahal, kok.

5. Diet ketogenik membeli tahu atau tempe

makanan-sehat
Tempe goreng (ilustrasi).

Beruntunglah sebagai orang Indonesia, kamu kenal dengan yang namanya tempe dan tahu. Tempe dan tahu kaya akan protein yang otomatis cocok banget buat kamu penganut diet ketogenik.

Harga tempe dan tahu pun sangat murah. Dengan uang Rp 5 ribu aja, kamu udah bisa dapat tempe berukuran 30 sentimeter. Jumlah segitu bisa kamu konsumsi buat seharian atau makan dua hari.

6. Masak yang simpel

Masak daging (Ilustrasi by Pixabay).

Biar makin hemat saat diet keto, ada baiknya masak dengan cara yang sederhana. Selain gak menghabiskan waktu, kamu juga bisa berhemat buat beli pelbagai bahan dan bumbu.

Jadi, siapa bilang diet keto itu mahal?

Yang penting, kamu tahu trik buat menghemat belanjaan, diet keto bakal bikin badan langsing tanpa pusing karena dompet jebol. (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →