Pengin Hemat Tapi Bisa Beli Baju Tiap Bulan? 7 Trik Ini Boleh Dicoba Lho!

Kamu pasti sering dengar atau membaca tips bahwa untuk berhemat kamu harus setop shopping, termasuk menahan godaan buat beli baju baru. Padahal, gak harus selalu gitu, lho!

Yang namanya lifestyle mah tetap harus ada dalam daftar pengeluaran bulanan kamu. Jadi, beli baju setiap bulan sebenarnya sah-sah aja.

Cuma aja, kalau bisa berbelanjalah secara bijak. Ini dia yang sering diabaikan oleh para penggila belanja.

Biar gak kebobolan di akhir bulan, coba deh tujuh trik jitu berikut ini. Tenang! Trik-trik berikut tetap membebaskan kamu buat belanja kok.

1. Beli saat diskon aja

Pengin beli baju namun pengin lebih hemat? Kenapa gak belanja saat diskon aja?

Jadi, saat kamu lihat salah satu pakaian yang menarik, coba deh tunggu sampai diskon. Pasalnya, sering lho sebagian besar pakaian yang udah terlanjur kamu beli ternyata bakal didiskon beberapa waktu kemudian.

Tapi kan bisa aja bajunya habis kalau emang laku banget? Ya, anggap aja itu risiko. Tenang, nanti pasti bakal ada baju yang lebih menarik buat kamu beli deh.

2. Pilih baju yang udah gak ngetren

Pakaian-pakaian yang emang lagi hits banget harganya tentu lebih mahal. Sebab, banyak yang cari. Nah, buat mengakalinya, tunggu deh sampai pakaian tersebut out-of-date.

Saat belanja di mal atau toko tertentu, kamu sebaiknya gak ke rak new arrival. Coba jelajahi rak-rak yang diisi oleh pakaian yang udah gak musimnya lagi. Baju yang cocok di tubuh kita kan gak harus yang lagi musim, betul gak?

3. Beli di pasar loak

Belanja di pasar loak bisa jadi alternatif buat melampiaskan hasrat belanja tanpa menghabiskan banyak uang. Pasalnya, di pasar loak, kamu bisa temukan beragam pakaian setengah harga bahkan di bawah itu.

Gak cuma itu aja, lho! Sering ada lho, pakaian branded yang harganya jauh di bawah harga normal dijual di pasar loak.

4. Belanja online

Lho kok belanja online? Ini cuma semacam sugesti sih namun cukup berhasil buat menekan jumlah belanjaan kamu.

Saat belanja online, kamu bisa cek keranjang belanja kamu dan otomatis lihat total nilai belanjaan kamu. Sementara saat belanja di tokonya langsung, kamu biasanya terbawa suasana dan malas menjumlahkan total belanjaan kamu.

Cara ini bakal bikin kamu mikir berkali-kali buat belanja. Sebab, kamu langsung diperlihatkan nominalnya.

5. Belanja di akhir bulan

Mungkin terdengar cukup asing. Soalnya saat akhir bulan biasanya kebanyakan pekerja sedang bokek.

Belanja di akhir bulan bertujuan buat menunjukkan bahwa belanja adalah prioritas terakhir. Kamu bisa membiasakan buat sisihkan gaji kamu di awal bulan buat kebutuhan paling penting dulu.

Contoh, kamu sisihkan 20 persen buat tabungan dan investasi, kemudian 40 persen buat kebutuhan hidup, 20 persen buat cicilan, dan sisanya buat have fun.

Kamu punya uang 20 persen lagi kan dari gaji? Uang inilah yang kamu maksimalkan buat memenuhi gaya hidup kamu, termasuk belanja. Jadi, kamu belanja berdasarkan sisa uang. Bukan sebaliknya, sisa gaji kamu yang dialokasikan buat investasi.

6. Belanja dengan uang tunai

Berbelanjalah pakai uang tunai dan lakukan aktivitas belanja fashion di akhir bulan. Dengan trik ini, secara gak langsung hasrat belanja bisa terbendung.

Cara ini bakal bikin kamu mikir berkali-kali buat beli pakaian yang sebenarnya kurang kamu butuhkan. Kamu jadi terdorong buat beli pakaian yang sesuai dengan bujet tersisa di akhir bulan.

Dengan pakai uang tunai, limit kartu kredit kamu pun gak berkurang. Kamu pun gak bakalan dapat tagihan kartu kredit yang bakal membebani kamu di kemudian hari.

7. Kurangi biaya lifestyle yang lain

Kalau kamu emang cinta banget shopping pakaian dan gak bisa menguranginya setiap bulan maka ada yang harus dikorbankan. Yap! Kurangi biaya lifestyle lain, seperti misalnya nongkrong di kedai kopi, jalan-jalan, dan sebagainya.

Win-win solution banget. Kamu tetap bisa belanja baju yang kamu taksir tetapi juga gak menghabiskan pos buat tabungan dan investasi.

Bisa gak?

Pasti bisalah! Belanjanya tetap jalan, kok. Namun, caranya yang perlu disesuaikan aja.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →