Mandiri Sekuritas – Cara Daftar, Biaya Transaksi, dan Kelebihannya

Mandiri Sekuritas

Mandiri Sekuritas adalah salah satu perusahaan sekuritas yang telah mendapat izin sebagai pialang saham sejak 1992 dan telah terdaftar dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dulunya perusahaan sekuritas ini bernama PT Merincorp Securities Indonesia yang didirikan pada 2 Desember 1991. Perusahaan tersebut kemudian menjadi Mandiri Sekuritas yang merupakan gabungan usaha dari PT Bumi Daya Sekuritas (BDS), PT Exim Sekuritas (ES), dan PT Merincorp Securities Indonesia (MSI).

Seperti yang ditampilkan di website-nya, Mandiri Sekuritas atau Mansek menyatakan dirinya sebagai salah satu investment bank terkemuka dan lokal terbaik yang menjadi bagian dari Bank Mandiri. 

Bank Mandiri sendiri dikenal sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia dengan banyak anak perusahaan, yaitu:

  • PT Bank Syariah Mandiri (99,99% kepemilikan)
  • PT Mandiri Sekuritas (99,99% kepemilikan)
  • PT Mandiri Tunas Finance (51,00% kepemilikan)
  • PT AXA Mandiri Financial Services (51,00% kepemilikan)
  • PT Bank Mandiri Taspen (51,08% kepemilikan
  • Mandiri International Remittance Sdn. Bhd. (100,00% kepemilikan)
  • Bank Mandiri (Europe) Limited (100,00% kepemilikan)
  • PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (80,00% kepemilikan)
  • PT Mandiri Utama Finance (51,00% kepemilikan)
  • PT Mandiri Capital Indonesia (99,99% kepemilikan)
  • PT Mandiri AXA General Insurance (20,00% kepemilikan)

Ada beberapa kelebihan yang mesti kamu tahu tentang Mansek. Apa aja kelebihan-kelebihan tersebut? Cari tahu yuk dalam ulasan berikut ini.

Kelebihan Mandiri Sekuritas

Berkat kecanggihan smartphone, investasi saham sekarang jadi lebih mudah. Sebab kegiatan investasi bisa dilakukan secara online.

Begitu pun berinvestasi dengan terdaftar di perusahaan sekuritas. Kamu bisa melakukan investasi online kalau menggunakan layanan MOST milik perusahaan sekuritas ini.

Apa itu MOST? Dikutip dari website-nya, MOST adalah layanan transaksi efek secara online yang dihadirkan buat memudahkan investor bertransaksi di mana pun dan kapan pun.

Ada beberapa kelebihan yang dihadirkan dalam aplikasi online ini:

  • Aman karena menggunakan metode enkripsi SSL.
  • Bisa diakses lewat browser dan aplikasi yang terpasang di PC/laptop ataupun smartphone.
  • Memberi informasi secara real time.
  • Dapat daily trading ideas gratis dari pakar.
  • Dapat training gratis pasar modal buat pemula dan nasabah.
  • Gratis biaya bulanan dan administrasi.

Cara daftar Mandiri Sekuritas secara online di aplikasi MOST

Pembukaan rekening dana nasabah sekaligus pendaftaran akun Mandiri Sekuritas kini bisa dilakukan secara online lewat aplikasi MOST. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Buka halaman www.most.co.id.
  2. Pilih Daftar Sekarang atau buka halaman join.most.co.id.
  3. Pilih Register Now.
  4. Baca persyaratannya lalu pilih Selanjutnya.
  5. Isi formulir dengan data-data yang diminta.
  6. Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor handphone yang telah didaftarkan.
  7. Lakukan verifikasi email.
  8. Upload KTP dan foto selfie dengan KTP.
  9. Pilih nama yang sesuai dengan KTP.
  10. Isi formulir dengan data-data, seperti status pernikahan, NPWP, nomor rekening Bank Mandiri, NPWP, dan tanda tangan digital.
  11. Isi formulir dengan data pekerjaan.
  12. Konfirmasi pernyataan tambahan dengan memberi centang. Kalau tidak ada yang sesuai, bisa dilewatkan dengan klik selanjutnya.
  13.  Pembukaan rekening efek pun selesai.

Produk investasi di MOST

Jika kamu memilih berinvestasi online melalui aplikasi MOST, berikut pilihan instrumen investasi yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Saham

Saham adalah bukti kepemilikan bagian atas perusahaan terbuka yang telah terdaftar di BEI. Untuk memiliki saham emiten melalui MOST, kamu perlu mengunduh aplikasinya terlebih dulu.

Setelah itu, lakukan pendaftaran, login, dan kamu sudah bisa mulai bertransaksi saham. Fitur aplikasi MOST terbilang mudah dan user friendly.

2. Reksadana

Reksadana adalah wadah menghimpun dana pemodal yang diinvestasikan oleh manajer investasi. Di MOST tersedia berbagai pilihan reksadana termasuk reksadana saham, reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, dan reksadana campuran.

3. MOST Syariah

Bagi nasabah muslim, penting untuk mengetahui tren investasi syariah yang saat ini sedang marak diperbincangkan oleh kalangan investor. Untuk itu, Mandiri Sekuritas menghadirkan MOST Syariah yang menerapkan sistem syariah yang sesuai dengan ketentuan Islam. Saham syariah adalah efek berbentuk saham yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal.

Adapun beberapa kriteria dari Saham Syariah yang diluncurkan oleh Mandiri Sekuritas adalah:

  • Kegiatan yang dijalankan perusahaan tidak bertentangan dengan prinsip syariah
  • Maksimal total uang adalah 45% dari total aset
  • Maksimal total pendapatan non halal adalah 10% dari pendapatan usaha
  • Saham sudah terdaftar di Daftar Efek Syariah (DES)

4. Obligasi

Aplikasi Mandiri Sekuritas ini juga menawarkan investasi obligasi atau surat utang. Obligasi adalah pernyataan utang dari penerbit obligasi (perusahaan) kepada pemegang obligasi (investor) beserta janji untuk membayar kupon atau bunga secara periodik.

Selain perusahaan, penerbit obligasi juga bisa pemerintah melalui Kementerian Keuangan. Obligasi yang diterbitkan antara lain SUN dan SBSN.

Syarat buka rekening efek di Mandiri Sekuritas

Untuk bisa melakukan pembukaan rekening efek, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan dokumen. Berikut ini dokumen-dokumen yang diperlukan buat buka rekening efek di Mandiri Sekuritas.

  • Foto e-KTP dan selfie bersama e-KTP.
  • Foto NPWP.
  • Rekening tabungan Bank Mandiri.

Semua dokumen itu disiapkan dalam bentuk digital jika kamu ingin mengajukan via online. Kamu bisa memfotonya agar bisa di-upload nantinya. Setelah semuanya siap, kamu tinggal lakukan pendaftaran.

Setoran awal Mandiri Sekuritas

Setelah rekening efek siap, ada satu tahapan lagi yang harus dilakukan nasabah agar bisa bertransaksi di pasar modal dengan menggunakan rekening efek dari Mandiri Sekuritas, yaitu melakukan setoran awal ke rekening efek minimal Rp10 juta untuk umum dan Rp 5 juta untuk mahasiswa.

Biaya transaksi atau fee Mandiri Sekuritas

Dalam kegiatan jual beli saham, perusahaan sekuritas mengenakan biaya atau fee jual beli saham. Di Mandiri Sekuritas kamu bakal dikenakan biaya jual beli saham:

  • Beli atau Buy: 0,18 persen
  • Jual atau Sell: 0,28 persen

Biaya-biaya ini sewaktu-waktu bisa berubah nantinya, tergantung kebijakan perusahaan sekuritas. Karena itu, kamu harus terus pantau informasinya ya.

Cara jual beli saham melalui Mandiri Sekuritas

Setelah rekening efek berhasil dibuka dan kamu telah melakukan deposit awal, kamu sudah bisa menengok pasar modal dan mulai membelinya. 

Untuk nasabah Mansek, kegiatan jual beli ini bisa dilakukan di aplikasi layanan online trading MOST. MOST bisa dioperasikan di perangkat browser komputer atau di aplikasi ponsel pintar. 

1. Beli saham

Lalu, seperti apa langkahnya untuk bisa beli saham dengan MOST? 

  1. Install aplikasi MOST di perangkat komputer atau ponsel pintar kamu. 
  2. Setelah terinstall, buka dan login dengan userID dan password yang diberikan. 
  3. Lalu akan muncul layar perdagangan dengan deretan kode emiten dan harga per lembarnya. 
  4. Untuk melakukan pembelian kamu bisa mengklik pilihan ‘COMP’ yang terdapat di menu bar atas layar. 
  5. Nanti akan muncul kembali deretan kode emiten dan harga pergerakan harganya di layar. 
  6. Selanjutnya bisa pilih menu ‘BUY ORDER’, tapi sebelumnya kamu akan diminta untuk memasukkan kode PIN rekening efek. 
  7. Setelah itu, masukkan kode emiten yang ingin dibeli, penawaran harga yang kamu inginkan, dan jumlah lot yang diinginkan, klik ‘BUY SUBMIT’.
  8. Jika proses pembelian berhasil, saham tersebut akan langsung masuk ke portofolio. 

2. Jual saham

  1. Login ke MOST dengan userID dan password. 
  2. Klik pilihan ‘COMP’.
  3. Pilih menu ‘Sell Order’.
  4. Masukkan emiten atau saham milikmu yang ingin dijual beserta jumlah lot dan harga yang kamu inginkan. 
  5. Apabila telah selesai terjual, jumlah saham di portofoliomu akan berkurang dan uang penjualan akan masuk ke kas. 

Itulah informasi mengenai Mandiri Sekuritas, jika kamu masih bingung ingin investasi di instrumen apa, gunakan Kalkulator Profil Risiko untuk mengetahui instrumen investasi yang cocok buat kamu.

Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang sekuritas ataupun asuransi? Lihat pertanyaan populer seputar topik tersebut di Tanya Lifepal.

Tanya jawab seputar Mandiri Sekuritas (Mansek)

Apa itu Mandiri Sekuritas?

Mandiri Sekuritas adalah perusahaan sekuritas di bawah grup Mandiri yang telah mendapat izin sebagai pialang saham sejak 1992. Perusahaan ini juga telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Mansek juga melebarkan sayap di pasar modal Singapura dengan nama Mandiri Securities Pte Ltd pada tahun 2017.

Mandiri Sekuritas memiliki layanan aplikasi transaksi efek secara online yang diberi nama MOST. MOST memiliki kelebihan bisa diakses di perangkat komputer dan ponsel pintar. Kelebihan itu memungkinkan nasabah bertransaksi dengan cepat, nyaman, dan di mana aja.

Proses pembukaan rekening efek memerlukan waktu selama 4-7 hari kerja yang tahapannya dimulai dengan mendaftarkan diri di aplikasi MOST. Cari tahu langkah-langkah pendaftaran selengkapnya.

Apa itu asuransi jiwa murni dan asuransi jiwa ROP?

Asuransi jiwa murni adalah produk yang memberikan perlindungan jiwa pada waktu tertentu saja, misalnya selama 5, 10, 15, atau 20 tahun. Dana asuransi jiwa murni tidak bisa dicairkan.

Namun lain halnya dengan produk asuransi jiwa ROP yang dilengkapi dengan manfaat pengembalian premi. Produk yang ini menawarkan pencairan karena adanya manfaat nilai tunai. Contoh produk asuransi jiwa yang menawarkan manfaat nilai tunai adalah asuransi unit link, asuransi whole life, dan asuransi term life yang manfaatnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan tiap nasabah dan bisa dicairkan pada akhir masa asuransi.

Dapatkan Promo