Pengin Jadi Anggota BIN, Kamu Wajib Lewati Tahapan Seleksi Ini, Salah Satunya Tes Mental

Badan Intelijen Negara (BIN) merupakan lembaga pemerintah nonkementerian Indonesia yang selalu diminati pada saat pembukaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). BIN bertugas melaksanakan tugas pemerintah di bidang intelijen. Tugas dan tantangan yang dihadapi dari tahun ke tahun pun semakin berat.

Banyak dari CPNS yang melamar di instansi ini, tetapi jumlah formasi yang dibuka terbatas dari tahun ke tahunnya. Sebut saja pada tahun 2017 lalu BIN membuka 199 formasi lowongan tetapi di 2018 ini hanya membuka 86 lowongan.

Dalam kualifikasinya, BIN hampir membuka banyak kesempatan buat semua jurusan. Jadi kalau kamu lulusan sastra Inggris atau bahasa lain, jangan khawatir, tetap bisa melamar di instansi ini kok.

Untuk jabatan yang dibutuhkan pun beragam. Mulai dari analisis bahan keterangan, analisis intelijen, analisis diklat, analisis laporan hasil pengawasan, analis litbang, pengolah data intelijen dan masih banyak lagi yang lain.

Setelah kamu melalui tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dilakukan serentak, juga setelah itu kamu harus melalui Tes Kompetensi Bidang (SKB).

Apa aja sih tes kompetensi tersebut? Yuk disimak supaya kamu nanti gak gugup saat melewatinya.

1. Tes psikologi

Pada tes ini, kamu akan dihadapi pada soal bagaimana cara bersikap dalam dunia pekerjaan. Serta disini kepribadian kamu dipertanyakan lho. Kalau kamu hanya bisa mengumpulkan skor di bawah angka 40, saat itu juga kamu digugurkan.

2. Tes kesehatan jiwa

Nah, kali ini kamu akan melewati tes tertulis dan wawancara. Kamu juga akan diuji secara psikologis guna mengetahui bagaimana kemampuan inter dan intra personal. Dalam tes ini, kamu akan dilihat, apakah kira-kira mampu dan siap serta memiliki mental kuat untuk menjadi seorang mata-mata negara.

3. Tes kesehatan

Ini umum dilakukan di setiap instansi setiap kali melamar pekerjaan. Di BIN, kamu akan di tes secara fisik luar dalam secara lengkap. Jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu, jangan harap tes ini bisa menyembunyikannya. Karena akan di tes secara lengkap.

4. Tes mental ideologi

Ini yang membuat BIN berbeda dari instansi lain. Kesetiaan terhadap bangsa negara akan diuji disini. Jadi kalau kamu memiliki sikap pengkhianat, jangan masuk instansi ini deh.

Pasalnya, yang akan kamu bocorkan ini rahasia negara, dimana tempat kamu tinggal saat ini. BIN hanya memerlukan kandidat yang loyal terhadap bangsa dan negara ini.

5. Tes kesamaptaan

Disini kamu akan diminta untuk berlari selama 12 menit. Selain itu, kamu juga bakal diminta untuk melakukan olahraga lain seperti push up, sit up, pull up, dan shuttle run. Kriteria tes ini mengikuti standar kesegaran jasmani TNI. Nah, lebih baik kamu latihan fisik dari sekarang supaya gan kelelahan saat menghadapi tes ini kelak.

6. Pantukhir

Penentuan tahap akhir, merupakan tahapan seleksi yang dilakukan petinggi BIN mengacu pada hasil Seleksi Kompetisi Bidang.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →