Pengin Nonton Olimpiade Tokyo? Segini Rincian Bujet dan Tips Hematnya

Olimpiade Tokyo

Sebentar lagi, perhelatan olahraga terbesar tingkat dunia Olimpiade Tokyo bakal digelar. Ajang olahraga musim panas empat tahunan ini berlangsung dari 24 Juli sampai 9 Agustus 2020. 

Lebih dari 100 negara bakal ikut berpartisipasi dalam ajang ini, termasuk Indonesia. Diperkirakan Indonesia bakal mengirimkan sekitar 40 atletnya untuk berlaga di sana. 

Sebuah kebanggaan tersendiri bisa menyaksikan secara langsung para penggawa berbagai cabang olahraga beraksi.

Nah, buat yang pengin menonton dan mendukung aksi mereka, bisa mempersiapkannya dari sekarang. Mulai dari tiket, penginapan, dan tips murah berkelana di Tokyo. 

Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan dan bagaimana caranya bisa menonton Olimpiade Tokyo dengan tetap berhemat? 

Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk nonton Olimpiade di Tokyo

Hal-hal yang perlu dipersiapkan

1. Persiapkan tiket ke Jepang 

Pertama, tentunya kamu harus mempersiapkan tiket penerbangan ke Negeri Sakura. Masing-masing maskapai tentu menawarkan beragam harga tiket yang berbeda, tergantung dari kelas yang dipilih juga. Berikut ini pilihannya, untuk penerbangan tanggal 23 Juli 2020,

Jakarta  Tokyo  Maskapai  Harga tiket ke Jepang
Cengkareng Haneda  Air Asia  Rp 1, 9 jutaan 
Cengkareng Narita  Air Asia  Rp 2,5 jutaan
Cengkareng Narita  Thai Lion Rp 2,9 jutaan
Cengkareng Narita Thai Airways Rp 3,4 jutaan
Cengkareng Narita Garuda Indonesia  Rp 5,1 jutaan

Ingat, harga bisa berubah sewaktu-waktu. Tapi pastikan kamu memilih penerbangan yang termurah, demi menghemat pengeluaranmu. 

2. Persiapkan Visa

Kemudian, pastikan kamu sudah memiliki visa turis ke Jepang. Visa Jepang tersedia untuk single entry dengan masa berkunjung 15 hari, dan multiple entry yang mengizinkanmu untuk tinggal di Jepang selama 30 hari. 

Keistimewaan lainnya, bagi pemegang e-paspor, kamu bisa mendaftarkan visa waiver dengan gratis dan gak pakai ribet. Meski visa waiver ini memiliki masa kunjungan 15 hari sekali kunjungan, tapi masa berlaku selama tiga tahun. 

Sementara pemegang paspor non-elektronik kamu harus mengajukan visa secara langsung ke Kedutaan Besar Jepang atau perwakilan lembaga otoritas dan membayar sebesar Rp 300 ribuan, untuk visa single entry, dan Rp 700 ribuan untuk multiple entry

Visa Jepang  Biaya 
Single Entry  Rp 370 ribu
Visa Multiple Entry  Rp 740 ribu
Visa Transit  Rp 90 ribu 

Pasalnya, perhelatan Olimpiade Tokyo juga cuma 15 hari saja, maka lebih baik kamu mengajukan permohonan Single Entry yang harganya cuma Rp 370 ribu. Bahkan, bagi pemegang paspor elektronik, malah lebih murah lagi! 

3. Mencari penginapan termurah

Hal yang penting lainnya adalah penginapan. Kalau kamu berencana untuk menonton full Olimpiade sampai kelar, berarti kamu harus booking hotel setidaknya untuk 14 malam. 

Di Tokyo banyak penginapan murah yang bisa kamu pilih di berbagai situs seperti Traveloka, Agoda, Booking.com, dan lainnya. 

Carilah penginapan yang terdekat dari stadion olimpiade, National Stadium. Letak National Stadium berada di pusat keramaian di kawasan Shinjuku dan bersebelahan dengan Kuil Meji, jadi banyak penginapan murah yang bisa kamu pilih. 

Kalau kamu mau yang lebih murah, coba pilih penginapan di daerah Shibuya. Dan pilihlah hostel jangan hotel. Kalau kamu menginap di hotel yang harga per malam Rp 1 jutaan akan sia-sia, karena kamu bakal lebih banyak menghabiskan aktivitas di luar. 

Namun, jangan kaget kalau harga penginapan di tanggal segitu sedikit melonjak, karena bertepatan dengan Olimpiade. Tapi, selama kamu menginap ramai-ramai bersama keluarga harganya bakalan semakin terjangkau. 

Dilansir dari Budget Your Trip, untuk penginapan satu malam di hostel-hostel di Tokyo sekitar Rp 313 ribuan. 

4. Beli tiket pertandingan 

Harga tiket Olimpiade pun beragam, ada beberapa paket yang bisa kamu pilih. Ada yang tiket menonton pertandingan saja atau paket yang sama hotel dan tur.

Untuk paket hotel dan tur harga yang termurah ada di Bronze Packages, atau jika kamu ingin pergi bersama keluarga ada Familiy Packages. Dalam paket ini, fasilitas yang didapatkan sudah beragam. 

Fasilitas di Bronze Packages, Rp 29 jutaan 

  • Akomodasi hotel bintang 3
  • Tur tempat wisata menarik 
  • Tour guide yang siap menemani selama tur 
  • Beberapa tiket pertandingan untuk 4-7 hari 

Harga paling yang paling murah mulai dari US$ 2.154 atau Rp 29 jutaan sampai yang termahal US$ 7.707 atau Rp 106 jutaan. 

Fasilitas di Family Packages, Rp 150 jutaan

Kalau kamu pergi bersama keluarga, ada juga paket Family Packages. Satu paket ini bisa untuk 3-5 orang. Harganya mulai dari US$ 11.454 atau Rp 150 jutaan. Fasilitasnya pun tidak jauh berbeda dari yang Bronze Packages

  • Hotel selama 7 malam bintang 3
  • Tiket 4 pertandingan 
  • Tour guide dari bandara, hotel, sampai agenda tur lainnya
  • Bisa request tempat wisata selama tur. 

Harga tiket per pertandingannya, Hospitality Bundles, Rp 8,3 jutaan

Kalau keduanya masih mahal, kamu bisa beli tiket bundel pertandingan yang lebih murah, namanya Hospitality Bundles. Harganya berkisar US$ 608 atau Rp 8,3 juta sudah dapat dua tiket pertandingan. 

Jika kamu berangkat sendirian atau mau yang lebih murah, lebih baik memilih paket yang Hospitality Bundles. Pilihan pertandingan cabang olahraganya pun ada banyak, mulai dari basket, sepak bola, sampai bulutangkis. 

Untuk lebih jelasnya kamu bisa kunjungi situs Kingdom Sport Group

5. Persiapkan biaya makanan dan transportasi per hari

Biaya hidup dan makanan di Tokyo lebih mahal bila dibandingkan dengan kota-kota besar di Indonesia. Selain makanan, bujet yang perlu diperhatikan juga biaya transportasi. 

Dilansir dari Budget Your Trip, rata-rata biaya makanan di Tokyo sehari sekitar Rp 171 ribuan. Sementara transportasi sekitar Rp 66 ribuan. Angka tersebut didapat dari pola perilaku turis-turis sebelumnya yang telah berkunjung ke sana, tapi dengan bujet yang paling minim

Dengan harga itu, kamu bisa makan di restoran cepat saji dan berkeliling Tokyo dengan menggunakan kereta. 

6. Tiket pulang ke Jakarta 

Waktu terbaik untuk pulang ke Jakarta adalah sebelum perhelatan Olimpiade selesai. Karena pasti kebanyakan orang bakal menunggu sampai acara penutupan, yang artinya rata-rata tiket pesawat sudah mulai penuh. 

Pilihan terbaiknya biar kamu tetap bisa nonton Olimpiade dan kembali ke Jakarta dengan tenang, kamu bisa pulang lebih awal di tanggal 31 Juli. 

Tanya Lifepal - Untuk Pertanyaan Keuanganmu
Bagaimana cara mengelola uang pesangon untuk korban PHK karena Covid-19?Dijawab : Eko Endarto, CFP, RFA

Berikut ini daftar harga tiket pesawat dari Tokyo ke Jakarta tanggal 31 Juli.

Tokyo   Jakarta  Maskapai  Harga tiket balik ke Jakarta
Narita Cengkareng Thai Lion Rp 3,4 jutaan
Narita  Cengkareng China Airlines  Rp 3,9 jutaan
Haneda Cengkareng Air Asia Rp 3 jutaan 

Harga di atas masih bisa berubah sewaktu-waktu. Bisa lebih mahal jika ketersediaan menipis, dan bisa lebih murah bila ada promo menarik. 

Perkiraan biaya yang hemat untuk nonton Olimpiade Tokyo 

Perkiraan biaya yang hemat

Setelah mendapatkan perincian di atas, kamu tentu penasaran kira-kira berapa bujet yang harus dikeluarkan untuk merasakan sensasi nonton Olimpiade di Negeri Sakura. Karena ini versi hematnya, jadi kamu kudu mengepres seluruh pengeluarannya. 

Caranya, dengan memilih semua opsi termurah, tiket pesawat termurah, penginapan termurah, tiket nonton Olimpiade termurah, dan tidak perlu waktu berlama-lama.

Skenario terbaiknya, kamu berada di Tokyo selama 6 malam, tiba di Tokyo 24 Juli dan Pulang tanggal 31 Juli, dan hanya menonton dua pertandingan bulu tangkis saja. 

Pengeluaran Biaya
Tiket Pesawat PP  +/- Rp 5.000.000
Visa  Rp 370.000
Penginapan 6 malam @ Rp 313.000 Rp 1.878.000
Makanan sehari-hari @ Rp 171.000 Rp 1.026.000
Transport sehari-hari @ Rp 66.000 Rp 396.000
Harga tiket Hospitality Bundles termurah Rp 8.300.000
Total  Rp 16.970.000

Itulah estimasi biaya termurah yang kamu butuhkan untuk bisa menonton pertandingan Olimipiade Tokyo Juli mendatang. 

Lantas, apakah tabunganmu mencukupi? Jika masih kurang sedikit kamu bisa mulai menabung dari sekarang, masih ada waktu lima bulan lagi untuk mengumpulkannya 

Cara berhemat biar bisa bantu-bantu biaya liburan ke Jepang 

 

Cara berhemat biar bisa bantu-bantu biaya liburan ke Jepang

Untuk kamu yang gajinya Rp 10 hingga Rp 15 juta mampu membiayai liburan ke Jepang seharga Rp 16 jutaan. Tapi itupun kalau tabungan kamu cukup, kalau tidak cukup, kamu harus mengencangkan ikat pinggang di sisa waktu empat bulan ini. 

Berikut ini tips dan cara yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang. 

1. Bawa bekal dari rumah 

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menekan biaya pengeluaran sehari-hari, dengan membawa bekal makan siang dari rumah. Biasanya, sekali makan siang itu menguras waktu Rp 20.000 hingga Rp 50.000. 

Coba bayangkan selama sebulan kamu bisa irit sekitar Rp 400.000 sampai Rp 1 juta, lima bulan berarti kamu bisa hemat Rp 2 juta sampai Rp 5 juta.

2. Bawa botol minum sendiri

Langkah kecil lainnya adalah membawa botol minum sendiri, jadi kamu gak perlu deh beli botol minuman sendiri. 

3. Kurangi nongkrong

Kalau biasanya kamu nongkrong setiap weekend atau sebulan empat kali, coba dikurangi menjadi sebulan sekali atau sebulan dua kali. Misalnya, satu kali nongkrong kamu keluar Rp 100.000 kan bisa lumayan hemat. 

4. Tahan godaan untuk shopping

Biar impian kamu nonton Olimpiade Tokyo segera terealisasi, cobalah untuk menahan belanja-belanja baju, kemeja, dan barang-barang lainnya. Menahan diri untuk berhemat selama lima bulan sih kayaknya kecil deh

5. Alihkan uang THR untuk anggaran ke Tokyo 

Berhubung Olimpiade Tokyo berlangsung bulan Juli yang tidak begitu jauh dengan momen Lebaran, kamu bisa memanfaatkan THR dari kantor untuk menambah biaya ke Tokyo. 

Lumayan banget kan, misalnya gaji kamu Rp 10 hingga Rp 15 juta, biaya setengahnya lebih sudah ketutup. 

Hemat mulai dari sekarang biar rencana tersebut terealisasi 

Hemat mulai dari sekarang

Sekarang kamu sudah mengetahui berapa bujet yang dibutuhkan untuk menyaksikan langsung euforia Olimpiade Tokyo, plus, kamu juga sudah mengetahui tips hemat yang bisa dilakukan. Mulailah berhemat dari sekarang, biar rencanamu itu terealisasi anti-wacana! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →