Pengin Pindah Kerja Demi Karir dan Gaji Lebih Bagus? Coba Ke Job Fair Deh

pengin pindah kerja

Jenuh sama kerjaan yang sekarang? Pengin resign dan pindah ke perusahaan lain tapi males atau gak sempat kirim-kirim CV lewat situs pencarian kerja? Jangan sedih jangan galau dulu dong.

Tahu yang namanya Job Fair kan? Pameran beragam lowongan kerjaan yang makin sering diselenggarain ini bisa jadi salah satu jalan keluar kamu loh. Kok bisa?

Bayangin aja, ratusan perusahaan biasanya ikut ngeramein acara job fair. Apalagi job fair di kota-kota besar.

[Baca: Buat yang Lagi Getol Cari Kerja Baru Hati-hati dengan Lowongan Kerja Fiktif]

Daripada kamu ribet buka email satu-satu dan kirim email sana-sini, coba datengin deh event job fair. Gak usah khawatir kamu harus bolos ngantor untuk dateng ke job fair. Biasanya event pameran kerjaan ini diadakan hingga sabtu dan minggu.

Masih gak percaya kalau job fair punya beberapa kelebihan kalau dibandingkan sama kirim lamaran via online? Simak deh kelebihan dari job fair yang bisa kamu pertimbangkan buat kamu yang pengin pindah kerja demi karir dan gaji lebih baik:

1. Banyak pilihan

Dateng ke job fair pastinya bisa bikin kamu menyebar cv sebanyak mungkin. Gimana gak? Peserta job fair yang buka booth pastinya buanyak bingits. Tapi tetap harus selektif dan hati-hati ya. Pastikan dulu kalau perusahaan yang kamu tuju benar-benar berkualitas.

pengin pindah kerja
Duh banyak pilihan jadi bikin Hayati bingung hehehe

Kamu bisa memilih posisi yang ingin kamu tempati dan perusahaannya. Emang sih bakalan banyak saingan apalagi kalau itu job fair berskala besar.

2. Interview Langsung

Kelebihan lain dari job fair adalah kamu bisa langsung interview dengan masing-masing perwakilan perusahaan. Makanya usahakan kamu menggunakan pakaian yang rapih dan cukup representatif sesuai dengan posisi yang kamu incar.

Bukan gak mungkin bisa langsung dilanjut dengan proses penerimaan kerja loh. Enak kan gak harus bolak balik atau bolos ngantor demi memenuhi panggilan interview di hari kerja.

3. Ketemu Banyak Orang

Ingat ya, yang namanya job fair itu mirip pasar tradisional. Pasti ramai bahkan bisa jadi penuh sesak. Jadi jangan kaget. Justru manfaatkan kesempatan ketemu banyak orang dengan keahlian dan tujuan yang berbeda untuk memperluas networking kamu.

Jangan takut atau malu. Pasti bakalan ada kok yang dengan senang hati kenalan dan ngobrol. Biasanya sambil menunggu antrian di booth atau pas lagi jajan.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Kamu gak pernah tahu siapa yang bakal kamu temui, bisa jadi malah saling tukar informasi soal lowongan lain. Jadi jangan menutup kemungkinan ya.

pengin pindah kerja
Wah ini kerumunan orang apa semut, banyak ya!

[Baca: 9 Website Pencari Lowongan Kerja Paling Populer di Indonesia]

Tapi sebelum ikutan job fair ada beberapa hal yang harus kamu siapkan biar target kamu untuk dapet kerjaan yang lebih baik terwujud.

– Bagusin dulu cv kamu, gak perlu lebay yang penting update ya. Zaman kan serba digital nih, lebih bagus lagi kalau kamu siapin dua format cv, satu yang cetak dan soft copy-nya di dalam flashdisk.

– Siapin fisik dengan sarapan terlebih dahulu biar kuat berdiri dan jalan mondar-mandir. Job fair pasti gak pernah sepi, jadi kamu akan berjibaku dengan pencari kerja lainnya. Jadi fisik yang kuat dan sehat pasti bakal bikin kamu siap mencari perusahaan yang terbaik di pameran kerja ini.

– Sebisa mungkin survei dulu deh sebelum datang ke job fair. Jangan sampai kosong melompong gak punya informasi apapun. Informasi ini tentu saja menyangkut perusahaan apa aja yang bakal buka booth, lalu cek dulu tuh keberadaan perusahaannya. Kamu juga jadi udah tahu kan berapa perusahaan kira-kira yang bakal kamu coba untuk lamar di job fair nanti.

– Berpakaian yang rapi, representatif namun tetap nyaman. Karena suasana yang ramai bakalan bikin pendingin ruangan gak terasa. Jangan sampai kamu jadi gak konsen karena pakai baju yang sempit misalnya. Apalagi kalau perusahaan yang kamu targetkan gak suka dengan tampilan luar kamu, wah bisa buyar deh sasaran kamu.

– Siapin diri kamu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam sesi interview langsung.

pengin pindah kerja
Bukan cuma soal cari pasangan hidup, cari kerja juga musti persiapan dong!

Mendapatkan pekerjaan atau karir yang sesuai dengan keinginan hati atau passion emang gak mudah ya. Tapi, jangan putus asa ya, banyak jalan menuju Roma. Hari gini itu yang penting rajin dan gak malu bertanya.

Job fair bisa jadi salah satu cara buat kamu untuk mendapatkan pekerjaan maupun karir yang lebih baik. Gak ada hasil yang manis tanpa kerja keras ya. Bukan berarti datang ke job fair lalu kamu bisa otomatis mewujudkan angan.

[Baca: Cari Kerja Idaman Ini 5 Keuntungan Buat Kamu yang Bekerja Sesuai Passion]

Tetap ada pertimbangan dan usaha yang dibutuhkan. Jangan berperang tanpa amunisi dan jangan kalah sebelum berperang ya. Selamat berburu di job fair!

 

 

 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Image Credit:

  • http://unhas.ac.id/assets/userfiles/Fair-2.jpg
  • http://a.okezone.com/photos/2015/01/08/17962/111970_large.jpg
  • http://tango.image-static.hipwee.com/wp-content/uploads/2014/12/browsing.jpeg
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →