Pengin Rutinitas Belanja Bulanan Gak Bikin Kantong Kebobolan? Simak 6 Trik Belanja Bulanan Ini

trik belanja bulanan

Risa sedang bingung dan galau. Setelah direview, ternyata budget yang dihabiskan untuk belanja kebutuhan sehari-hari selalu over budget. Belanja bulanan memang sudah menjadi suatu rutinitas bagi semua orang.

 

Namun, di saat yang bersamaan, masih banyak orang yang mengalami ‘kebobolan’ saat belanja bulanan. Gak jarang belanja kebutuhan bulanan malah menghabiskan 60 persen dari total penghasilan. Duh, bisa-bisa budget untuk kebutuhan lain jadi berkurang bahkan terpakai dong!

 

[Baca: 4 Kartu Kredit Supermarket yang Bukan Sekadar Alat Pembayaran Belanja Bulananmu]

 

 

Kenyataannya, karena merasa uang di rekening masih banyak, hasrat membeli keinginan sering jadi masalah dan bikin budget belanja bulanan kebablasan deh! Jika hal ini jadi kebiasaan, bakal bisa merusak budget kebutuhan lain dong. Coba tata ulang strategi belanja bulanan kamu supaya kebutuhan lain gak terganggu.

 

Berikut 6 trik belanja bulanan yang bisa kamu coba agar kantong gak kebobolan:

 

1. Ubah waktu belanja

 

trik belanja bulanan

Belanja bulanan di awal bulan biasanya padat pengunjung, seringkali bikin mood belanja jadi jelek ya! 

 

 

Waktu favorit kebanyakan orang belanja bulanan terjadi di awal bulan, saat di mana sebagian besar karyawan sudah gajian. Kebiasaan ini gak hanya bikin jalanan lebih macet, tapi juga bikin supermarket jadi lebih padat pengunjung.

 

Kamu gak harus memaksakan belanja bulanan sekali saja di awal bulan kok! Karena seringkali troli belanjaan bakal penuh dengan barang-barang yang sebenarnya gak terlalu dibutuhkan. Bagi waktu belanja bulanan jadi sekali dalam 2 minggu atau seminggu sekali.  

 

[Baca: Malas Kejebak Macet Coba Belanja Bulanan di 8 Supermarket Online Ini]

 

 

2. Tentukan budget

 

Besar budget ideal yang bisa dialokasikan untuk belanja bulanan kamu adalah maksimal 30 persen dari total penghasilan setiap bulan. Kalau kamu ingin kondisi finansial gak terganggu ya harus disiplin dengan budget ini.

 

Pikirkan saja bahwa masih banyak kebutuhan lain yang juga sama pentingnya dengan belanja bulanan. Gak mau budget uang sekolah anak atau budget untuk bayar tagihan kartu kredit jadi ikut terpakai kan?

 

trik belanja bulanan

Menentukan budget belanja bulanan penting banget kalau gak mau kantong jebol

 

3. Pola belanja

 

Di awal sudah disebutkan tentang mengubah waktu belanja. Nah, perubahan waktu belanja semisal menjadi sekali dalam 2 minggu bukan berarti budget jadi lebih besar dari 30% ya. Ini artinya kamu membagi dua kebutuhan bulanan.

 

Contoh, dahulukan belanja barang-barang kebutuhan mandi, cuci baju, cairan pembersih lantai dan sejenisnya ditambah dengan bahan-bahan makanan kering atau kemasan yang tahan lama.

 

Untuk bahan-bahan makanan yang fresh dan gak tahan lama seperti sayur, buah, ikan, daging dan sejenisnya bisa saja dilakukan sewaktu-waktu saat akan digunakan. Berbelanja produk makanan segar di pasar-pasar tradisional juga opsi yang bagus. Selain harga lebih murah, kualitasnya juga bagus loh!

 

trik belanja bulanan

 

Ingat ya, utamakan barang-barang kebutuhan primer yang dibeli

 

4. Buat daftar belanja

 

Wajib hukumnya untuk membuat daftar barang-barang kebutuhan sebelum pergi berbelanja. Tanpa daftar belanja, pikiran dan imajinasi kamu bisa liar dan berakhir dengan satu troli penuh barang-barang yang hanya akan berakhir terbuang sia-sia di tempat sampah.  

 

Daftar belanja akan ‘memaksa’ kamu untuk disiplin dalam mengontrol budget belanja. Sekadar cuci mata saja sih gak apa-apa kok, tapi kalau mental kamu belum sekuat itu lebih baik fokus.

 

Jangan lupa juga untuk memasukkan daftar bahan makanan yang memang benar-benar biasa dan akan kamu konsumsi. Seleksi lagi deh mana yang biasanya hanya akan berakhir kadaluarsa di lemari penyimpanan. Jangan hanya lapar mata!

 

trik belanja bulanan

Satu lagi nih supaya disiplin dan mengontrol pengeluaran belanja bulanan, selalu buat daftar belanja!

 

 

5. Jangan berbelanja saat perut kosong

 

Salah satu cara agar kamu terhindar dari belanja boros adalah, jangan berbelanja dengan keadaan perut lapar. Memang kenapa? Saat kamu lapar, berada dalam supermarket yang penuh dengan produk makanan bakal bikin kamu lapar mata dan beli ini itu.

 

Selain itu, berbelanja adalah aktivitas yang cukup menguras energi. Jadi, saat kamu gak punya bahan bakar dalam tubuh, belanja bisa jadi gak fokus dan ingin cepat selesai. Mungkin terdengar sepele ya, tapi sebenarnya sangat krusial loh!

 

trik belanja bulanan

Sebelum pergi belanja, biasakan mengisi perut dulu supaya ada energi ya! 

 

 

6. Getol cari info promo

 

Gak salah kok rajin cari informasi tentang promo produk. Selain bisa menghemat pengeluaran, sebagai customer jadi bisa memaksimalkan hak. Apalagi kalau ternyata produk yang sedang promo itu adalah produk yang memang kita butuhkan.

 

Keuntungan lain dengan berbelanja produk promo adalah, kamu bisa beli dalam jumlah lebih banyak tanpa melampaui budget.

 

trik belanja bulanan

Di setiap supermarket pasti ada promo, harus jeli dong kalau mau menghemat budget!

 

 

Hal-hal kecil yang sering kita anggap sepele ternyata bisa memberi dampak yang cukup berpengaruh pada kondisi keuangan ya. Belanja bulanan memang wajib, tapi bukan berarti bebas dan over budget terus dong ya!

 

[Baca: 3 Trik yang Bikin Belanja Bulanan di Supermarket Lebih Menguntungkan]

 

 

Mulai sekarang coba lebih disiplin dan teratur deh dalam merencanakan belanja bulanan. Intinya, gak perlu ikut-ikutan gaya berbelanja orang lain. Karena masing-masing keluarga punya kebutuhan yang berbeda.

 

So, tentukan deh pola gaya belanja bulanan mu sendiri. Pastinya yang bikin kamu dan keluarga happy tanpa bikin kantong kebobolan!

 

 

 

Image Credit:

  • http://www.pikiran-rakyat.com/sites/files/public/styles/medium/public/image/2015/07/lebaran.jpg?itok=OT1ieNYZ
  • http://3.bp.blogspot.com/-WcqnQcIfIXU/VSZVAyyCCFI/AAAAAAAAEWM/4Mp8damYBQs/s1600/money-budget.jpg
  • http://cdn.tmpo.co/data/2015/06/03/id_405363/405363_620.jpg
  • http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/24199/big/daftar-belanja-130916b.jpg
  • http://static.republika.co.id/uploads/images/inpicture_slide/wanita-asia-sedang-makan-nasi-_140702094431-655.jpg
  • http://harga-promo.net/wp-content/uploads/2015/07/promo-koran-minggu-ini-jsm-alfamart-3-5-juli-2015.jpg
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →