Pengin Sukses di Dunia Kerja, Kamu Harus Punya 10 Hal Ini!

Semua orang di dunia ini pasti ingin sukses, baik dalam kehidupan sehari-hari hingga di dunia pekerjaan. Di dunia profesional, setiap karyawan di perusahaan mana pun akan melakukan apa saja untuk bisa sukses.

Apalagi, dengan persaingan dunia kerja yang semakin ketat, menjadi karyawan yang lebih menonjol dibanding staf lain akan membuat sukses bukan lagi impian.

Menjadi karyawan yang menonjol dengan lebih kreatif dan penuh inisiatif tentu disukai atasan dan rekan. Namun, tak semua orang bisa menjadi pribadi seperti itu.

Pasalnya, bekerja tak luput dari persaingan dengan banyak orang untuk mencapai sukses, serta menghadapi problematika dunia kerja. 

Nah, untuk kamu yang pengin sukses di dunia kerja bisa membuktikannya dengan memiliki beragam sifat baik ini, seperti dilansir dari Life Hack:

Akuntabilitas

wanita sedang bekerja
Akuntabilitas (Shutterstock)

Akuntabilitas adalah istilah yang menggambarkan tingkat pertanggungjawaban seseorang atau suatu lembaga tertentu yang berkaitan dengan sistem administrasi yang dimilikinya.

Memiliki akuntabilitas itu berarti seseorang bisa bertanggung jawab mengerjakan pekerjaannya sampai akhir. Untuk itu, perlu sebuah komitmen dan disiplin. 

Memiliki Jaringan

para pekerja berkumpul
Memiliki Jaringan (Shutterstock)

Menjalin relasi adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam kesuksesan karier seseorang. Networking memiliki peran penting dalam setiap tahap perkembangan karier setiap karyawan.

Jalinan relasi yang telah dibangun adalah investasi berharga yang gak lekang waktu. Dari situ kita bisa punya teman yang berkualitas, membuka peluang baru, menambah berbagai sudut pandang, dan lainnya. Semua hal tersebut gratis karena bisa didapatkan dari jaringan yang kita miliki.

Fokus

pekerja laki-laki fokus bekerja
Fokus (Shutterstock)

Fokus kerja adalah konsentrasi yang tinggi terhadap apa yang sedang kita kerjakan. Ketika konsentrasi kita tidak teralihkan dengan hal-hal lain yang tidak bersangkutan dengan pekerjaan, ini mengindikasikan bahwa kita telah memiliki fokus kerja yang baik.  

Dengan fokus kerja, kita bisa menyelesaikan banyak hal, terutama menyelesaikan tumpukan tugas-tugas kerja yang ada di atas meja kerja kita. Selain itu, fokus kerja akan membuat kita lebih bijak pada prioritas yang udah kamu bikin.

Kemampuan untuk fokus adalah keterampilan yang sangat berharga jika kita ingin mencapai tujuan hidup dan menjadi orang yang sukses.

Piawai Beradaptasi 

sejumlah pekerja mengepalkan tangan
Piawai Beradaptasi (Shutterstock)

Di dunia kerja, kamu mesti siap beradaptasi dengan banyak hal baru. Kamu mungkin akan merasa gak nyaman karena sudah punya kebiasaan tertentu. 

Namun, kalau ada hal yang bisa mengatasi masalah dengan cepat dan lebih baik, maka kamu harus dapat mengikutinya.

Inovatif

karyawan pria memegang tab
Inovatif (Shutterstock)

Ide kreatif dan inovatif yang dimiliki seseorang atau suatu kelompok seperti tim kerja akan membawa mereka ke dalam dunia baru yang berisi berbagai perubahan inovatif yang keren dan luar biasa! 

Mendorong ide-ide kreatif dan inovatif di dalam tim kerja itu penting karena setiap orang pasti memiliki gagasan dan kreativitas yang sangat berbeda. 

Jika semua gagasan dan ide kreativitas tersebut digabungkan dalam satu harmoni yang selaras, maka tim kerja akan mencapai kesuksesan mereka dengan mengembangkan hal-hal inovatif yang menakjubkan. 

Contoh ide kreatif dan inovatif dalam dunia kerja, kamu yang merupakan salah satu tim pemasar produk menghasilkan laptop yang tahan banting meski jatuh dari lantai lima. 

Dengan hasil ide kreatifmu, penjualan produk laptop meningkat hingga 100 persen. Maka kamu berhasil mendorong ide kreativitas yang bisa menimbulkan ide-ide lainnya. 

Percaya Diri

kumpulan karyawan berdiskusi
Percaya Diri (Shutterstock)

Dalam dunia yang penuh persaingan ini, rasa percaya diri dapat menjadi modal utama untuk mencapai sebuah kesuksesan.

Orang yang percaya diri dapat berkembang lebih baik daripada orang yang tidak percaya diri. Orang yang percaya diri terlihat lebih unggul daripada orang yang tidak percaya diri, padahal belum tentu kemampuan yang dimilikinya lebih baik.

Orang yang percaya diri dapat berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya dengan baik, dan dengan yakin akan kemampuannya, mereka dapat meyakinkan orang lain terhadap kemampuan yang dimilikinya untuk bekerja sama mencapai tujuan.

Mampu Bekerja Sama dalam Tim

sekelompok karyawan bekerja sama
Mampu Bekerja Sama dalam Tim (Shutterstock)

Mampu bekerja sama dalam tim selalu menjadi syarat yang sering diminta oleh perusahaan kalau kamu melamar kerja. 

Pasalnya, kalau kamu tidak bisa bekerja sama dan berkompromi dengan karyawan lain, maka kamu gak akan bisa kerja dalam grup besar.

Piawai Berkomunikasi

pegawai sedang mengobrol
Piawai Berkomunikasi (Shutterstock)

Komunikasi verbal maupun tertulis penting banget supaya kamu punya hubungan baik dengan rekan kerja dan atasan. 

Dengan komunikasi yang baik, tugas dan ekspektasi pun bisa tersampaikan dengan baik.

Mampu Mengatasi Masalah 

karyawan sedang berdiskusi
Mampu Mengatasi Masalah (Shutterstock)

Di dunia kerja, kamu harus jadi orang yang aktif menyelesaikan masalah. Kamu mesti bisa berpikir cepat di tengah tekanan dan mencari solusi masalah. 

Kalau kamu mampu menunjukkannya, dijamin kamu bakal menjadi kesayangan perusahaan.

Mendengarkan 

pekerja mendengarkan yang lain
Mendengarkan (Shutterstock)

Untuk dapat mengerjakan tugas secara maksimal, maka kamu harus menyimak dan mengerti tentang tugas yang diberikan. 

Nah, kalau merasa kurang jelas, kamu bisa menanyakan tentang detailnya kepada atasan. Semakin memahami tugas dan ekspektasi atasan, maka kamu akan bisa stand out di antara rekan lainnya.

Berempati

memberi empati
Berempati (Shutterstock)

Membangun hubungan dan menjaga hubungan tersebut sangat penting untuk kemajuan karier kamu. Di sinilah sifat empati berguna untuk menjaga hubungan itu. 

Mendengarkan keluhan, mendukung, sampai memberikan solusi bisa jadi jalan untuk melakukannya.

Itulah 10 keterampilan dan sifat baik yang bisa membantumu meraih sukses di dunia kerja.  Kalau kamu bisa menguasainya, maka kamu akan jadi karyawan yang siap dengan tantangan dan kondisi apapun.